Articles

Tujuh Keunikan Generasi Z: Ada yang Berkah, Ada yang Petaka!

Berapa usia kamu saat ini? 23 tahun? 19 tahun? Atau 12 tahun? Jika iya maka kamu termasuk ke dalam generasi Z atau biasa disebut Gen Z. Iyaps, Gen Z adalah mereka yang lahir pada tahun 1995-2012.  Tahukah kamu? Bahwa sebelum Gen Z, mereka yang lahir di tahun sebelumnya disebut dengan generasi millenial. Ternyata usut punya usut setiap generasi ini mempunyai keunikannya tersendiri loh!  Termasuk generasi Z, generasi yang lahir di era modern dan sangat akrab dengan gadget. Apa aja sih keunikan yang umum terjadi pada generasi Z? Yuk, simak 7 keunikan generasi Z berikut ini!

Figital

Nah keunikan yang pertama yaitu figital. Maksud dari figital adalah aktif di dua dunia yaitu dunia nyata dan dunia virtual.  Jika di dunia nyata generasi Z bisa berperan sebagai murid, anak, teman ataupun karyawan, tapi di media sosial generasi Z bisa membentuk kepribadian yang berbeda dengan di kehidupan nyata loh! Contohnya, seorang anak yang pemalu di sekolah bisa saja menjadi seorang gamer yang jago dan memiliki jutaan pengikut di media sosial.

Hiper Kustomisasi

Keunikan generasi Z yang kedua yaitu hiper kustomisasi yaitu kegiatan yang suka melakukan customisation pada barang-barang yang ia kenakan. Contohnya memberi stiker pada laptop, memodifikasi motor atau komputer. Kustomisasi itu dilakukan untuk membentuk ciri identitas diri dari Gen Z. Bagi Gen Z kegiatan kustomisasi ini masuk ke ranah yang lebih luas lagi karena mereka lebih bebas melakukan kustomisasi baik di dunia nyata maupun di dunia virtual.

Realistis

Yang ketiga keunikan dari Gen Z adalah lebih realistis. Jika dibandingkan dengan generasi millenial, Gen Z masih jauh lebih berani bermimpi tinggi dan memiliki cita-cita besar untuk dirinya sendiri tapi jauh lebih sadar akan keterbatasan diri, ancaman dan tantangan yang ada di dunia luar. Jadi kalau millenial terkenal dengan optimisme yang sangat tinggi maka Gen Z cenderung lebih realistis.

Fomo

Keunikan Gen Z yang keempat adalah fomo. Fomo adalah kependekan dari fear of missing out yang artinya takut melewatkan sesuatu. Kebiasaan ini terlihat dari aktifitas gen Z sehari-hari yaitu susah lepas dari gadget dan selalu me-refresh new spit social media. Gen Z sangat identik dengan sifat fomo sampai-sampai ada penelitian yang mengatakan bahwa Gen Z telah melewatkan jam makan dan tidurnya untuk lebih menjaga eksistensinya di media sosial.

Cari Tahu: FOMO vs JOMO, Kamu Termasuk yang Mana?

Weconomist

Yang kelima adalah weconomist yaitu adalah gaya hidup yang timbul dari fenomena ekonomi berbagi atau sharing economy.  Gen Z sangat akab dengan konsep yang satu ini, karena Gen Z tumbuh di tengah ekonomi yang cukup sulit di mana harga tempat tinggal dan alat transportasi semakin sulit terjangkau. Akhirnya Gen Z terbiasa untuk memanfaatkan teknologi ekonomi berbagi. Contohnya adalah Gojek, Uber, Grab yang sangat akrab dengan keseharian Gen Z. Gen Z terbiasa pergi kemana-mana tanpa punya kendaraan sendiri.

DIY (Do-it-yourself)

Yang keenam yaitu do it yourself atau lakukan sendiri adalah sebuah istilah yang sangat akrab dengan Gen Z. Oleh sebab itu, Gen Z tidak perlu sekolah khusus untuk mendapatkan banyak ilmu untuk membantu kehidupan mereka sehari-hari karena Gen Z punya Google dan YouTube. Kini, semua hal bisa diakses melalui Google maupun YouTube mulai dari resep makanan, cara memperbaiki komputer bahkan sampai cara memotong rambut juga ada.

Terpacu

Keunikan Gen Z yang terakhir adalah terpacu. Sebuah penelitian di Amerika menunjukkan bahwa 72% Gen Z merasa kompetitif terhadap orang yang melakukan pekerjaan yang sama. Ini menunjukkan betapa Gen Z merupakan generasi yang terpacu untuk maju dan jadi yang terbaik.

Nah, itu dia 7 keunikan Gen Z. Bagaimana menurut kamu? Jika kamu adalah generasi Z itu sendiri, apakah sesuai dengan kamu?

Mainkan Quiz: What You Did in 2020 Checklist?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker