More

    Tips Mental Gak Breakdance Karena Omongan Orang

    Sebagai mahasiswa kita diharuskan berinteraksi dengan banyak orang setiap harinya. Mulai dari dosen, teman kelas, teman organisasi, senior, junior, maupun staf kampus kalau perlu. Banyaknya interaksi ini akan membuat kita tidak lepas dengan omongan orang, baik secara langsung maupun dibelakang kita. Dan tidak jarang omongan yang di lontarkan ini membuat kita overthinking bahkan down.

    (Foto/Ilustrasi/Freepik)

    Mental Breakdance yang mimin lomba maksud ini bukan breakdance beneran yah, sobat lomba! Ini istilah yang menggambarkan kamu ketika mental nya down karena kepikiran omongan orang yang sebenarnya tidak selalu harus kamu pikirkan. Maka dari itu, berikut tips mental gak breakdance karena omongan orang.

    1. Biasakan Berfikir Positif

    Hal pertama yang bisa kamu lakukan dimulai dari diri sendiri yaitu biasakan berfikir positif. Pikiran positif membuat kamu lebih enjoy dan bisa mengurangi ke-overthingking-an kamu, hal ini juga membuat kamu tidak terlalu lelag menanggapi omongan orang lain.

    Ingat saja pepatah, anjing menggonggong kafilah berlalu. Namanya manusia pasti ada saja kelakuannya, salah satunya ya mengurusi kehidupan orang. Padahal kehidupannya sendiri belum tentu lebih baik dari orang yang dicibirnya.

    2. Memupuk Rasa Percaya Diri

    Yang kedua adalah memupuk rasa percaya diri, kalau kamu merasa tidak ada yang salah dengan ucapan dan tindakan kamu, tidak perlu merasa minder. Rasa percaya diri ini akan membuat kamu tidak mudah goyah diterpa omongan orang.

    3. Memberikan Respon Terhadap Omongan Orang, bukan diam

    Saat kamu merasa tidak setuju, coba utarakan agar semuanya menjadi jelas dan tidak terjadi kesalahpahaman. Tidak ada salahnya saling memberikan pendapat dan diskusi. Lain halnya jika omongan itu beredar dibelakang kamu, tunjukkan bahwa kamu tahu omongan buruk apa yang tengah beredar. Perbaiki reputasimu. Kalau perlu beritahu orang-orang belum tahu agar mereka berpihak padamu.

    4. Tunjukkan Emosi Positif Berlawanan Dengan Keingingan Pelaku

    Seringkali, orang yang bergosip atau berkata buruk hanya ingin membuatmu sedih, marah, dan kesal. Pahami maksud dari omongan orang tersebut dan berikan respon positif yang berbeda dari perkiraan pelaku. Coba dekati dan bicarakan dengan baik.

    5. Cuek dengan Omongan Orang

    Kita tidak bisa mengontrol seseorang dalam mengeluarkan kata-kata, sesekali pasti pernah membuatmu goyah dan akhirnya emosi sendiri. Akibatnya banyak kewajiban dan tugasmu yang terbengkalai karena perubahan mood-mu kala itu. Adakalanya, kamu perlu sesekali bersikap cuek dan masa bodoh dengan apa yang mereka ucapkan. Toh, masih banyak hal-hal lain yang lebih menyenangkan untuk diperhatikan dan dikerjakan.

    6. Ubah Mindset Omongan Orang Sebagai Motivasi

    Nah, boleh jadi terkadang yang disampaikan oleh orang lain itu benar adanya, hanya saja penyampaian yang digunakan kurang tepat dan malah terkesan menjatuhkan kamu. Jadikan saja itu sebagai catatan pengembangan diri agar kamu bisa menjadi orang yang lebih baik. Ubah saja omongan orang lain menjadi motivasi-motivasi yang meningkatkan semangat kamu.

    7. Senyumin Aja

    Bukan hal yang jarang ditemui, kebanyakan orang hanya ingin percaya dengan apa yang mereka percayai. Selagi kamu sudah mencoba untuk menunjukkan kalau kamu tidak seperti yang mereka pikirkan, senyumin aja. Hal yang gak benar anggaplah hanyalah guyonan yang akan berlalu. Dengan begitu orang-orang akan menganggap hal serupa dan tidak menganggapnya serius.

    Itulah tips mental gak breakdance karena omongan orang, semoga membantu!

    Artikel lainnya:

    Latest articles

    Related articles