More

    Tips melawan Rasa Malas Mengikuti Lomba

    Sebagai pelajar dan mahasiswa sering muncul di pikiran kita untuk menjadi manusia produktif yang berprestasi dan membanggakan orangtua. Salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan ialah dengan mengikuti lomba. Karena dengan mengikuti lomba kita akan lebih aktif dalam menambah wawasan serta dituntut untuk terus berfikir. Namun tak jarang pula keinginan itu hanya menjadi angan-angan belaka. Kaum-kaum rebahan ini semangat diawal namun tenggelam dalam nyamannya kasur sambil scroll media sosial.

    Melawan rasa malas adalah kuncinya, maka dari itu kita mau meyediakan tips melawan rasa malas mengikuti lomba supaya keinginan kamu gak jadi angan-angan semata.

    1. Menetapkan Lomba yang Ingin Diikuti

    (Foto/Ilustrasi/Instagram)

    Dengan menetapkan lomba yang ingin diikuti membuat kita lebih paham dengan apa yang akan kita lakukan. Penetapan lomba ini perlu di pertimbangkan sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki. Dan jangan lupa untuk banyak mencari informasi seputar lomba, seperti apa yang perlu dipersiapkan, kapan masa pendaftaran, tema dari kegiatan tersebut, serta syarat yang harus dipenuhi. Untuk info-info perlombaan kamu bisa cek akun instagram lombalombacom.

    2. Jangan Takut Memulai

    (Foto/Ilustrasi/Freepik)

    Sering kali seseorang punya keinginan tapi terlalu takut berbuat salah, takut kalah, bahkan ragu karena tidak berpengalaman. Padahal pengalaman itu didapat karena kita sudah mau memulai. Dengan langsung terjun mengikuti step by step perlombaan membuat kita paham akan apa yang kurang dan perlu diperbaiki selanjutnya atau bahkan yang harus dipertahankan.

    3. Susun Rencana Kegiatan

    melawan rasa malas
    (Foto/Ilustasi/Freepik)

    Menyusun rencana kegiatan secara sistematis sangat di perlukan agar tidak terjadi kekosongan yang membuat semangat menghilang. Hal ini juga membuat kita lebih fokus denga napa yang kita kerjakan. Kita bisa menyusunnya mulai dari kapan waktu kita untuk belajar, waktu untuk istirahat, dan waktu untuk menyusun keperluan lomba.

    4. Makes Goals

     

    Ketika kamu mulai merasa kurang motivasi dan ingin melawan rasa malas, coba untuk ingat kembali apa alasan kamu ingin melakukan kegiatan tersebut. Apa hal baik yang akan kamu dapatkan jika menyelesaikan hal tersebut. Misalnya dengan mengikuti lomba ini akan lebih memudahkan kita dalam mendapatkan beasiswa, maupun hal lain yang dapat memotivasi kamu untuk melakukannya. Ingat selalu alasan mengapa kamu perlu mengikuti lomba agar selalu fokus dan termotivasi.

    5. Minta Bantuan Orang Lain

    (Foto/Ilustrasi/Freepik)

    Secara tidak langsung kehadiran orang lain juga berdampak kepada semangat kamu dalam melakukan sebuah hal. Jangan ragu untuk minta bantuan dan kepada orang-orang yang sudah pernah mengikuti lomba itu sebelumnya. Kebanyakan orang sangat suka berbagi cerita dan pengalaman dengan orang lain jadi kamu tidak perlu sungkan dengan itu.

    6. Hargai Setiap Prosesnya

    melawan rasa malas
    (Foto/Ilustrasi/Freepik)

    Dalam mengikuti perlombaan, kemenangan selalu menjadi target utama. Namun perlu diingat dalam kompetisi pasti ada kalanya kita menang dan ada kalanya kita kalah. Jangan jadikan kekalahan sebagai gambaran terburuk, namun nikmati dan hargai setiap proses kita untuk mencapai kemenangan itu. Karena dari prosesnya kita bisa jadi mendapatkan lebih banyak benefit seperti catatan perbaikan, pengalaman, kedekatan dengan orang lain, relasi, bahkan perasaan bangga karena sudah berani lebih dulu melawan rasa takut dan malas dalam memulai sesuatu.

    Jadi begitulah tips melawan rasa malas mengikuti lomba yang bisa kamu terapkan supaya keinginan kamu gak jadi angan-angan semata.

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles