More

    Tips Manajemen Keuangan Bagi Mahasiswa Kost

    Sebagai anak kos yang sering kali masih bergantung kepada kiriman orang tua, kita harus pandai dalam mengelolanya. Penting sekali dilakukan manajemen keuangan yang baik agar uang tidak habis sebelum jadwal kiriman bulan selanjutnya. Masih sadar diri karena kita anak kos (bukan anak sultan) yang suka segen minta tambahan uang jajan. Berikut tips manajemen keuangan bagi mahasiswa kost agar keuangan pas dengan kebutuhan.

    1. Pisahkan Uang Berdasarkan Kebutuhan

    manajemen keuangan
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Tips manajemen keuangan yang pertama ini cocok digunakan saat Sobat Lomba sedang menerima uang dalam jumlah besar, misalnya saat mendapatkan uang saku bulanan segera sisihkan untuk setiap kebutuhannya. Kamu bisa memisahkannya secara tunai menggunakan dompet yang mempunyai banyak saku dan amplop, maupun e-wallet dan bank yang memiliki opsi multi rekening. Pisahkan uang untuk keperluan kuliah, kos, makan, buku, dan lainnya. Cara ini memudahkan kamu dalam menggunakan uang tanpa mengganggu bagian lainnya.

    1. Membuat Daftar Belanja

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Sebelum pergi untuk berbelanja, biasakan diri untuk membuat daftar belanja terlebih dahulu. Dengan begitu Sobat Lomba bisa memastikan barang-barang apa saja yang memang diperlukan dan sudah melakukan perkiraan harga terlebih dahulu. Setelah memperkirakan harga usahakan membawa uang secukupnya yang tidak terlalujauh dari perkiraan. Metode manajemen keuangan yang satu ini membantu kamu agar tidak berbelanja secara berlebihan.

    1. Catat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Sebagai bentuk pertanggung jawaban kamu terhadap uang yang digunakan, coba catat setiap pemasukan dan pengeluaran. Sobat Lomba bisa mencatatnya secara manual didalam jurnal keuangan maupun melalui aplikasi smartphone. Metode manajemen keuangan yang satu ini membantu kamu dalam melihat kebutuhan bersamaan dengan nominalnya sehingga bisa mencari cara untuk berhemat di bulan selanjutnya.

    1. Siapkan Dana Darurat

    manajemen keuangan
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, siapkan dana darurat untuk kejadian yang tidak terduga. Dalam manajemen keuangan yang baik, Idealnya dana darurat yang memiliki besaran 3x pengeluaran bulanan. Contohnya jika pengeluaran bulanan kamu sebesar Rp. 1.000.000 maka siapkan dana darurat sebesar Rp. 3.000.000.

    1. Menabung dan Investasi

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Tips manajemen keuangan terakhir adalah menabung dan investasi. Usahakan kamu menabung diawal bulan ketika uang saku bulanan baru saja masuk. Uang tabungan ini bisa digunakan untuk kebutuhan sekunder mu seperti liburan, mengganti gadget atau kesenangan lainnya. Selain menambung kamu juga bisa mencoba investasi, agar tetap terjadi perputaran uang. Seperti emas, saham, reksadana, dan lain-lain.

    Itu dia tips manajemen keuangan bagi mahasiswa kost. Semoga membantu ya, Sobat Lomba!

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles