More

    Tips dan Trik Menghadapi Olimpiade

    Haloo Sobat Juara!!!

    Gimana kabarnya? Semoga dalam keadaaan sehat yaa… Di pagi hari yang super cerah ini MIni bakalan bagi-bagi tips and trik nih buat sobat lomba supaya bisa menghadapai olimpiade. Mulai dari Olimpiade Sains Nasional, Olimpiade Penelitian Siswa Nasional, Olimpiade Liga Pelajar Indonesia atau Olimpiade apapun itu.

    Tips dan trik olimpiade

    Simak beberapa tips dan trik dibawah ini ya agar sobat lomba bisa meraih hasil maksimal dari olimpiade yang sobat lomba ikuti:

    Mempersiapkan Diri

    Bagi sobat lomba yang akan mengikuti olimpiade sebaiknya mempersiapkan diri lebih awal mulai dari belajar dan latihan soal-soal. Dengan persiapan yang matang tentunya akan menjadi  sedikit gambaran dari hasil yang akan kita terima. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin bahkan dari jauh-jauh hari.

    Datanglah Lebih Awal

    Ketika hari pelaksanaan olimpiade dilaksanakan datanglah lebih awal, setidaknya 1 jam sebelum acara dimulai.  Jika olimpiadenya dilaksanakan secara online, hal ini juga berlaku. Persiapkan segala keperluan, mulai dari jaringan internet, kesiapan diri, alat tulis dan jangan lupa untuk sarapan agar otak kamu bisa berpikir.  Beberapa hal ini akan sangat membantu kamu mengatasi demam olimpiade (alias deg-deg-an).

    Baca Juga : Liga Pelajar Indonesia Pre-Season bagi Pelajar SMA/MA 2022

    Kerjakanlah Soal yang Paling Mudah

    Tips dan trik yang ketiga yaitu mengerjakan soal yang paling mudah. Jadi dalam soal-soal olimpiade itu biasanya terbagi menjadi 3 kategori, 50% soal mudah, 30% soal menengah dan 20% soal sulit. Tapi, dari ketiga kategori soal ini semuanya diacak secara random. Jadi sobat lomba bisa membaca soalnya terlebih dahulu, jika mudah kerjakan-jika sulit tinggalkan. Nanti jika masih ada waktu mengerjakan barulah sobat lomba bisa ulang kembali soal yang belum dijawab.

    Perhatikan Mekanisme Penilaian

    Kemudian yang perlu diperhatikan adalah mekanisme penilaian dari olimpiade yang sedang berlangsung. MIni kasih bocoran nih, biasanya dalam olimpiade sistem penilainya memakai sistem yang berbeda-beda di tiap event-nya. Beberapa olimpiade memakai sistem plus-minus dan beberapa olimpiade yang lain bahkan tidak memberlakukan sistem ini.

    Sebagai gambaran buat sobat lomba jika mengikuti olimpiade setidaknya jawablah 50% dari semua soal yang diberikan, setidaknya ini akan memberikan hasil yang cukup memuaskan untuk sobat lomba.

    Tawakal dan Berdoa

    Tips dan trik menghadapi olimpiade yang terakhir dan paling penting adalah harus bertawakal (berserah diri kepada Tuhan) dan berdoa. MIni ingetin lagi bahwa manusia itu kewajibannya adalah berusaha sedangkan hasil itu haknya Tuhan. Jadi banyak-banyak berdoa dan berserah diri, agar dibarikan hasil yang terbaik oleh yang Maha Kuasa.

    Jika sudah melakukan tips dan trik diatas semoga sobat lomba yang saat ini tengah berjuang mengikuti olimpiade bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Semangat buat kamu!!

    Latest articles

    Related articles