More

    Tidak Perlu Membaca Buku Tetap Bisa Cerdas dan Berwawasan Luas

    Membaca buku, kecerdasan dan berwawasan luas sering kali disangkut-pautkan menjadi hal yang berhubungan sangat erat. Sampai-sampai pepatah mengatakan “Buku adalah jendela dunia”.  Jadi, seseorang yang ingin menjadi cerdas dan berwawasan luas haruslah rajin membaca buku.

    Padahal, kecerdasan adalah bagaimana cara kita melakukan penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari, dan ini bisa dilatih secara terus-menerus. Sedangkan wawasan adalah   pandangan seseorang terhadap sesuatu berdasarkan apa yang diketahuinya. Wawasan setiap orang berbeda dengan wawasan orang lain. Karena hal itu berdasarkan pandangannya sendiri. Wawasan dapat diperoleh dari orang lain, buku, film, dan pengalaman.

    Beruntungnya saat ini teknologi sudah berkembang lebih pesat, sehingga kegiatan membaca yang dahulu digadang-gadang menjadi satu-satunya cara agar seseorang menjadi cerdas dan berwawasan luas dapat digantikan dengan cara lain.

    Cara Membaca Buku Tanpa Membuka Buku

    Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya tidak perlu membaca buku tetapi tetap menjadi orang yang cerdas dan berwawasan luas:

    #1 Menonton Film Dokumenter

    Film documenter merupakan uangkapan kejujuran tentang peristiwa, kejadian, ataupun perjuangan disajikan dalam sudut pandang yang jauh lebih luas dari kejadian disekitar kehidupan kita. Sehingga, dengan menonton film documenter akan benar-benar membuka sisi lain dari kehidupan di sekitra kita.

    #2 Mendengarkan Podcast

    Saat ini ada begitu banyak tema-tema dari penyajian podcast mulai dari percintaan, kecantikan, keuangan, politik hingga bisnis yang pastinya akan mnegedukasi para pendengarnya. Menariknya podcast bisa didengarkan dimana dan kapan saja. Tidak hanya menghibur mendengarkan podcast bisa menambah wawasan kita.

    #3 Mendengarkan Audio Book

    Kalau kamu begitu tertarik dengan sebuah buku tapi tidak kuat membaca buku. Maka, mendengarkan Audio Book adalah solusi jitu buat kamu. Ada banyak platform penyedia audio book yang bisa kamu download daroi playstore ataupun appstore.

    #4 Mendengarkan Ceramah atau Presentasi

    Selain mendengarkan podcast ataupun audio book. Mendengarkan ceramah/presentasi juga sangat penting untuk mngembangkan wawasan berpikir dan kecerdasan kamu. Pasalnya dengan mendengarkan ceramah dapat mengingatkan diri sendiri untuk beribadah dan berbuat amalserta kebajikan serta meningkatkan iman dan takwa.

    #5 Perbanyak Diskusi

    Dengan memperbanyak diskusi maka secara otomatis kita akan banyak bertukar pikiran dengan orang lain. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi kita karena akan membuka wawasan kita serta belajar untuk menerima perbedaan.

    #6 Menghadiri Seminar

    Saat ini menghadiri seminar menjadi semakin mudah, terlebih ketika pandemic menyapa. Ada begitu banyak seminar online yang berisi pembicaraluas biasa. Dari menghadiri seminar kita biasanya akan disusguhi pembicara yang out of the box sehingga akan benar-benar memotivasi kita.

    #7 Mengunjungi Museum

    Biasanya membaca buku sejarah adalah hal yang paling membosankan. Padahal menurut Bung Karno “Bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa pahlawannya”. Untuk itu, akan sangat bagus buat kamu yang malas membaca buku untuk datang ke museum-museum. Pasalnya belajar sejarah di museum akan jauh menyenangkan dari sekedar membaca bukunya karena akan langsung melihat benda-benda bersejarah yang dahulu pernah ada.

    #8 Banyak Bertanya

    Pernah dengar pepatah “Malu bertanya, Sesat Dijalan”? yups.. pepatah ini sangat cocok untuk orang yang malas membaca, kamu harus banyak bertanya dengan orang lain apa yang kamu belum tahu. Karena searching dari google pun kita tetep harus membaca. 😀

    #9 Traveling

    Nah, yang terkahir adalah traveling. Dengan traveling kamu akan menyaksikan langsung perbedaan budaya, bahasa serta adat istiadat dari satu daerah dan daerah lainnya. Hal ini, juga secara otomatis meningkatkan wawasan serta pengalaman kamu.

    Jadi, buat kamu yang tidak suka/hobi membaca semoga beberapa cara di atas dapat membantu kamu untuk tetap bertumbuh serta menjadi pribadi yang cerdas dan berwawasan luas.

    Baca Juga : Perhitungan Zakat Sesuai Jenisnya

    Latest articles

    Related articles