More

    Tidak Hanya Korsel 7 Negara ini Juga Terapkan Wajib Militer

    Wajib militer atau yang sering kita kenal dengan wamil adalah kewajiban bagi warga negara terutama pria yang biasanya berumur antara 18-27 tahun. Program ini diadakan untuk meningkatkan kedisiplinan, keberanian, ketangguhan, dan kemandirian seseorang. Bagi beberapa negara yang mewajibkannya wamil merupakan kewajiban warga negra untuk menyumbang tenaganya dalam angkatan perang.

    Meski tidak wajib di Indonesia, wamil sudah cukup terkenal dan identik dengan Korea Selatan, apalagi ditambahnya tren kpop dan kdrama di Indonesia. Namun ternyata ada beberapa negara lain yang juga menerapkan sistem wamil ini. Berikut 7 Negara yang juga menerapkan wajib militer.

    1. Mesir

    Pemerintahan negara Mesir mewajibkan warga negaranya untuk mengikuti program wajib militer. Hal ini berlaku pada warga negara laki-laki yang sudah berusia antara 18 sampai dengan 30 tahun. Durasi yang telah ditetapkan oleh negara yang terletak di benua Afrika bagian utara ini adalah 12 hingga 30 bulan.

    2. Singapura

    Berlanjut pada negara tetangga kita, ternyata Singapura juga menerapkan program wajib militer kepada warga negaranya. Negara ini menyebutnya sebagai national service dimana warga negara berjenis kelamin laki-laki diwajibkan untuk mengikuti program wamil pada usia 18 tahun. Biasanya, program wamil ini berlangsung dalam rentang waktu antara 22 hingga 24 bulan di seluruh mantra militer atau dinas kepolisian.

    3. China

    China juga mewajibkan warganya untuk mendaftar wajib militer Hal ini diwajibkan kepada laki-laki yang berusia 18 hingga 22 tahun. Durasi wamil akan dilaksanakan selama dua tahun. Namun, China memiliki cukup banyak sukarelawan mengingat negaranya yang tercatat sebagai negara terpadat, sehingga tidak harus bergantung pada wamil.

    4. Norwegia

    Norwegia juga menjadi salah satu negara yang menerapkan wajib militer kepada warganya yang sudah masuk ke dalam kriteria. Yang memjadi perbedaan dengan negara yang berada di garis depan dalam kesetaraan gender ini juga mewajibkan warga negara perempuan untuk mengikuti program ini. Sehingga program wamil ini diperuntukkan bagi laki-laki dan perempuan yang sudah memasuki usia 19 tahun dengan waktu antara 6 hingga 12 bulan lamanya.

    5. Rusia

    Sudah cukup kental dengan kemiliterannya Rusia bisa dikatakan sebagai salah satu negara yang sudah mengenalkan sistem wajib militer sejak lama. Sistem wamil di Rusia sudah diperkenalkan ke publik sejak Kekaisaran Rusia yang diprakarsai oleh Dmitry Milyutin pada tahun 1874. Rusia mengandalkan wamil untuk menambah jumlah pasukan angatan senjata mereka. Program ini diwajibkan pada warga negara Rusia laki-laki yang berusia 18 hingga 27 tahun. Berlangsung selama 12 bulan dan dengan beberapa pengecualian.

    6. Thailand

    Negara tetangga selanjutnya yang juga menerapkan program wamil adalah Thailand. Diwajibkan bagi penduduk Thailand yang sudah berusia antara 21 sampai 27 tahun. Program ini berlaku bagi laki laki, bahkan bagi mereka yang sudah mengubah jenis kelaminnya atau yang sering dikenal dengan ladyboy.

    7. Swiss

    Setiap laki-laki Swiss berusia antara 18 hingga 30 tahun diharuskan untuk mengikuti wajib militer selama 21 minggu. Selain mengikuti wamil, peserta juga akan mendapat pelatihan setiap tahunnya. Memiliki keringanan bagi yang tidak ingin menjalani wajib militer, laki-laki Swiss dapat mengganti dengan ikut dalam pengabdian masyarakat. Namun, menolak ikut wamil maupun pengabdian masyarakat termasuk pelanggaran pidana di Swiss.

    Itu dia 7 Negara yang juga menerapkan wajib militer selain Korea Selatan. Menarik ya!

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles