More

    Sumber Penghasilan Mahasiswa Selama Kuliah Kurangi Jadi Beban Orang Tua

    Mahasiswa seringkali dikaitkan dengan kata dewasa dan gelar dewasa ini menuntut banyak hal, salah satunya adalah mandiri. Mampu berpikir dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Namun sayangnya, masalah yang sering dihadapi ditengah kesibukan kuliah berupa pengeluaran yang lebih besar dibanding pendapatan. Sedangkan minta ke orang tua sering malu dan gengsi takut jadi beban orang tua, mau tidak mau harus cerdas mencari sumber lain sebagai penghasilan mahasiswa.

    (Foto/Ilustrasi/Freepik)

    Sobat lomba tau gak? Selama kuliah, bukan hanya belajar akademik kita juga bisa belajar memanfaatkan kesempatan untuk mencari income yang ujungnya untuk keperluan kuliah pula. Yang pastinya perlu diseimbangkan agar tidak mengganggu jalannya perkuliahan.

    1. Beasiswa

    Pilihan yang selalu diidamkan setiap mahasiswa pasti mendapatkan beasiswa, karena selain menjadi sumber penghasilan ada rasa bangga tersendiri didalamnya. Gimana tidak jadi idaman, untuk meraih beasiswa butuh usaha dan penyeleksian didalamnya, jadi bukan untuk sembarang orang. Namun tidak perlu ditutupi, tujuan terbesar dari beasiswa adalah mendapatkan incomenya juga. Sobat lomba bisa mencari beasiswa yang meng-cover UKT setiap semester dan biaya bulanan. Seperti beasiswa pertamina sobat bumi, beasiswa unggulan, beasiswa tanoto foundation, beasiswa bank Indonesia, dan masih banyak lagi sesuai dengan kemitraan yang buka di kampus kamu.

    2. Freelancer

    Masih disibukkan dengan kegiatan kuliah nampaknya membuatmu sulit untuk terikat pada suatu perusahaan. Pilihan lain yang bisa dijadikan penghasilan mahasiswa yang dinilai lebih fleksibel adalah dengan bekerja lepas (freelance). Kamu bisa membuka jasa penerjemahan, joki tugas, maupun jastip barang didaerahmu. Jika kamu tipe orang yang lebih kreatif kamu bisa mencoba freelance designer, freelance content writer, freelance fotografer, dan lain sebagainya. Sesuai dengan keahlian yang kamu punya.

    3. Bisnis

    Mulai buka kecil-kecilan sambil melihat target pasar potensial, bisnis jadi pilihan dengan prospek yang bagus. Sobat lomba bisa memulai bisnis sendirian maupun bersama teman. Contonya online shop produk kecantikan yang digemari kaum hawa zaman sekarang, snack pedas, thrift shop, jasa cuci sepatu, atau usaha lainnya yang dibutuhkan mahasiswa. Sumber penghasilan mahasiswa yang paling cocok untuk kamu yang pandai mencari peluang.

    4. Ikut Lomba dan Event

    Buat sobat lomba yang berjiwa kompetisi, suka tantangan, dan ingin mengembangkan bakat cara satu ini bisa menjadi pilihan. Saat ini banyak sekali event dan lomba yang menawarkan hadiah ratusan bahkan jutaan rupiah. Untuk mencari infonya pun sudah banyak akun-akun yang memberikan sumber informasi lomba, baik nasional maupun internasional atau kamu bisa langsung check akun Instagram lombalombacom yang menyediakan banyak informasi menarik dan perlombaan.

    5. Asisten Dosen atau Ikut Projek Dosen

    Sambil mengejar nilai sambil mendapat tambahan penghasilan, mengikuti projek dosen bisa menjadi pilihan. Langkah awal yang kamu perlukan adalah di kenal oleh dosen. Biasanya dosen menawarkan ke beberapa mahasiswa yang dikenalnya untuk mengikuti projek riset mereka yang biasanya mendapat bayaran. Atau sobat lomba juga bisa menjadi asisten lab dan asisten dosen.

     

    Sumber-sumber penghasilan mahasiswa ini diharapkan mampu membantu sobat lomba dalam memenuhi kebutuhan yang super banyak ini, selama perkuliahan. Yang menjadi catatan dari Milo, penting untuk menyeimbangkan antara akademik dan pekerjaan, terkadang kita suka nyaman dengan keadaan berpenghasilan. Padahal tujuan kita berkuliah memang untuk belajar dan mencari pengalaman hidup. Semangat kuliahnya sobat lomba!

    Artikel lainnya:

    Latest articles

    Related articles