More

    Subsidi Kebijakan Program Pemerintah Minyak Goreng curah

    Hai Sobat Inisiators, kamu tau ga? Bahwa pemerintah saat ini sedang membuat skema baru untuk mengatasi tingginya harga minyak goreng yang berlaku di seluruh Indonesia kecuali wilayah timur yang masih belum memiliki terminal curah. Terdapat skema khusus untuk wilyah timur dan akan dipersiapkan dalam waktu dekat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan UMKM  di daerah tersebut. Regulasi kebijakan subsidi ini sangat berdampak positif bagi UMKM dan konsumsi rumah tangga yang memerlukan minyak goreng dalam pengolahan makanan baik dalam skala rumah tangga hingga industri.

    See the source image

    Skema kebijakan Subsidi oleh Pemerintah

    Dalam skema ini pemerintah mengeluarkan kebijakan dalam pembayaran subsidi yang di hitung dari selisih harga acuan keekonomian (HAK) dan harga eceran tertinggi (HET) yang akan dijual Rp 14.000 per liternya dan Rp 15.500 per kilogram. Kebijakan ini dilakukan dengan skema terbuka dan tak hanya untuk masyarakat menengah ke bawah.

    Kebijakan subsidi ini diberikan pemerintah sebagai bentuk subsidi yang sifatnya non regular, bukan hanya untuk masyarakat menengah ke bawah namun untuk semua kalangan masyarakat. Dalam konteksnya kebijakan ini sangat bagus untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng sawit. Tetapi masih terdapat perbedaan range harga dengan minyak kemasan yang begitu siginifikan. Sebelum skema subsidi minyak goreng ini dikeluarkan, pemerintah  yaitu kementrian perdagangan telah mencabut kebijakan domestic market obligator (DMO) dan domestic price obligation. Alternatif dari kebijakan tersebut dengan menetapkan kenaikan untuk tarif ekspor sehingga pstok CPO (crude palm oil) dapat diamankan dan kebutuhan di dalam negeri tercukupi.

    Palm Olein Oil, Packaging Type: Plastic Bottle, Packaging Size: 1 L, Rs 130  /litre | ID: 23838006562

    Dalam pengimplementasiannya, kebijakan ini akan dievaluasi setiap dua minggu untuk menjamin program ini berjalan efektif untuk harga dan pasokan minyak goreng. Pemerintah akan mengevaluasi range harga ini apakah masih temporary atau terus-menerus akan dikalibrasi. Pendistribusian minyak goreng curah ini akan masuk ke pasar tradisional dan akan dikawal oleh satgas pangan dari kepolisian.

    Jika kebijakan ini efektif maka kelangkaan yang terjadi dapat diatasi dan harga minyak goreng dapat turun serta kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Dampak dari kebijakan subsidi ini dapat menurunkan harga minyak domestik dan mengamankan harga pasar minyak goreng tersebut.

    Baca juga : Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

    Latest articles

    Related articles