More

    Situs-Situs untuk Kamu Para Jobseeker, Wajib Tahu!

    Situs-situs untuk kamu para jobseeker dalam mencari lowongan pekerjaan saat ini dapat diakses dengan mudah, apalagi di zaman serba digital sekarang ini. Para pencari kerja atau kerennya disebut jobseeker, biasa mencari informasi pekerjaan secara online.

    situs-situs untuk kamu para jobseeker
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Selain lebih cepat dan mudah, kamu memiliki banyak pilihan dalam memilih situs untuk mencari lowongan pekerjaan.

    Namun, kamu juga harus selalu memastikan kredibilitas dari setiap lowongan kerja yang kamu akan kamu lamar. Jangan sampai kamu malah mendapatkan lowongan kerja yang abal-abal dan tidak jelas.

    Untuk itu, kamu perlu tahu situs-situs mana saja yang terpercaya dan banyak diakses oleh para jobseeker untuk mencari lowongan pekerjaan. Yuk simak ulasan berikut ini!

    1. Karir

    situs-situs untuk kamu para jobseeker
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Karir.com didirikan oleh PT Karir Komunika Pratama. Di lamannya, situs ini menjelaskan bahwa para jobseeker akan mendapatkan lowongan sesuai dengan resume mereka. Dapat diakses dengan gratis serta memiliki fitur pengembangan karir oleh ahli psikologi.

    Karir.com juga memberikan informasi tentang Management Trainee (MT) dan program khusus di perusahaan nasional maupun multinasional.

    Selain merekomendasikan lowongan berdasarkan domisili user, Karir.com mengurutkan pekerjaan ke dalam 18 jenis sektor seperti otomotif, media, asuransi, e-commerce, telekomunikasi, perawatan kesehatan, produk konsumen, dan lainnya.

    Situs ini menyediakan tes pengembangan diri yang dapat membantu kamu seperti tes bahasa Inggris, tes gaya komunikasi, hingga tes minat bakat.

    2. LinkedIn

    situs-situs untuk kamu para jobseeker
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Memiliki lebih dari 690 juta pengguna di  200 negara membuat LinkedIn menjadi sebuah jaringan profesional tersbesar di dunia.

    LinkedIn dapat dikatakan mirip dengan sosial media yang dibalut dengan lebih profesional dimana dapat mengintungkan bagi pelamar dan perekrut.

    Melalui situs ini, para HR biasanya dapat mengakses profil serta koneksi pelamar dengan mudah. Begitupun pelamar dapat memantau perkembangan perusahaan incarannya.

    Situs yang sudah diakuisisi Microsoft sejak 2016 ini juga memiliki banyak fitur menarik seperti rekomendasi yang biasanya diisi oleh kolega tentang keahlian pelamar. Hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi profil si pelamar.

    Saat ingin mencari pekerjaan, kamu dapa mengatur mode sedang terbuka untuk pekerjaan baru sehingga lebih mudah diidentifikasi oleh para HR.

    3. Kalibrr

    situs-situs untuk kamu para jobseeker
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Perusahaan rintisah ternama seperti Shopee, Gojek, dan Tokopedia kerap menjadikan Kalibrr sebagai media dimana pelamar mengirimkan lamarannya.

    Tak hanya para startup decacorn ini hanya, ada lebih dari 500 perusahaan yang telah bergabung dengan Kalibrr untuk memasanga informasi lowongan pekerjaan. Kini ada lebih dari 4.000 lowongan yang tersedia di situs tersebut.

    Selain menyediakan informasi pekerjaan, situs ini juga menyediakan fitur branding dan juga tes pengembangan bakat yang dapat menunjang profil pelamar agar dilirik perekrut.

    4. Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Kementerian ketenagakerjaan republik indonesia mengembangkan situs lowongan kerja berupa Karirhub.kemnaker.go.id.

    Situs ini cocok untuk kamu yang ingin mencari kerja maupun freelance. Banyak kategori pekerjaan yang bisa kamu akses seperti IT, sales dan marketing, kreatif, keuangan, dan masih banyak lagi.

    Agar kamu tidak salah pilih lowongan atau perusahaan, kamu dapat mengakses informasi tentang budaya perusahaan, jenjang karir, tunjangan, bahkan gaji lewat fitur ulasan. Fitur ini memuat ulasan dari para pekerja tentang perusahaan.

    Selain fitur-fitur yang telah disebutkan, fitur yang tak kalah menarik adalah kamu dapat menemukan lowongan pekerjaan untuk kaum disabilitas. Hal ini tentunya memberikan harapan bagi kaum disabilitas untuk bisa bekerja seperti orang-orang pada umumnya.

    5. Jobstreet

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Pengembang situs asal negeri Jiran Malaysia ini berkembang sebagai fasilitator pencocokan dan komunikasi lapangan kerja antara pencari kerja dan perusahaan, di Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia dan Vietnam.

    Jobstreet berkembang sebagai fasilitator antara para jobseeker dan perusahaan. Situs ini eksis di Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina, dan Vietnam.

    Jobstreet didirikan pada 1997 dan saat ini memiliki sekitar 80 ribu perusahaan yang tergabung. Untuk pengguna berstatus jobseeker digadang-gadang berjumlah 11 juta orang.

    Para pekerja cukup mendaftar dan memperbarui profil seapik mungkin agar dilirik oleh perusahaan yang diincar.

    Situs ini memberikan akses bagi pengguna untuk memantau proses lamaran dari saat melamar hingga proses lanjutannya.

    6. Tech in Asia

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Kamu mengincar perusahaan startup? situs yang satu ini nggak boleh kelewatan. Walaupun masih berstatus mahasiswa, fresh graduates, maupun senior level kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu disini. Mulai dari bidang media, travel, pendidikan, e-commerce, fintech, dan lain-lain.

    Selain itu, situs ini menyediakan filter dimana kamu bisa menentukan pekerjaan berdasarkan lokasi dan ekspetasi gaji yang kamu mau. Lowongan kerja yang ditawarkan tidak hanya di Indonesia, namun juga di negara Asia lainnya.

    Itu dia ulasan beberapa situs-situs untuk mencari lowongan pekerjaan bagi kamu para jobstreet. Selamat mencoba.

    Artikel Lainnya :

    Rekomendasi 7 Situs Freelance yang Bisa Kamu Coba

    4 Jenis Pekerjaan Digital yang Bisa Dipelajari Secara Otodidak

    5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Memasuki Umur 20 Tahun

     

    Latest articles

    Related articles