More

    Situs Cari Jurnal Gratis untuk Referensi Paper Kamu

    Halo Sobat Lomba. Kamu pelajar atau mahasiswa? Masih sering bingung gimana cari referensi yang bagus buat paper atau skripsimu? Nah, Milo mau kasih tahu situs cari jurnal yang bisa kamu akses untuk referensi kamu.

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Sebagai akademisi, tentu ada saatnya kita harus menulis sebuah karya tulis ilmiah yang memiliki rujukan atau data kredibel seperti dari jurnal maupun buku. Namun, masih banyak akademisi yang kebingungan bagaimana cara mencari jurnal. Padahal ada banyak situs-situs jurnal yang tersedia di internet. Yuk, simak bareng-bareng!

    Berikut lima situs untuk mencari jurnal gratis yang bisa kamu coba :

    1. Perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesa)

    situs cari jurnal
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Perpustakaan Nasional Republik Indonesa atau biasa disingkat Perpusnas punya situs yang bisa kamu kunjungi dan akses secara online, lho Sobat Lomba. Jadi kamu nggak harus pergi langsung ke Perpusnas yang ada di Jakarta.

    Berbagai buku bacaan hingga jurnal ada di digital library ini sehingga sangat efektif untuk kamu yang ingin mencari referensi baik dari artikel jurnal maupun buku. Namun, kamu harus registrasi dulu ya sebagai member Perpusnas untuk bisa mengakses digital library Perpusnas.

    2. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

    situs cari jurnal
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Buat kamu yang memerlukan rujukan artikel jurnal internasional, bisa banget ke situs DOAJ. Situs ini merupakan direktori online yang dikuratori oleh komunitas yang mengindeks dan menyediakan akses untuk jurnal berkualitas tinggi. Kamu bisa mengakses semua layanan yang ada di DOAJ secara online dan gratis disini ya.

    3. LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau akrab disebut LIPI adalah lembaga yang menyediakan sarana bagi para penerbit jurnal untuk menerbitkan jurnalnya di situs LIPI. Kamu bisa mencari berbagai macam jurnal di situs jurnal online yang disediakan LIPI secara online.

    4. LibGen (Library Genesis)

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Library Genesis atau LibGen merupakan situs yang berisi banyak jenis dokumen mulai dari jurnal ilmiah, buku akademik, novel, komik, hingga majalah. Jika kamu memerlukan dokumen-dokumen tersebut dalam bahasa inggris, kamu bisa mencoba mencarinya di situs Libgen.

    5. IJERN (International Journal of Education and Research)

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Jika kamu adalah akademisi atau peneliti yang mencari jurnal sebagai bahan pendidikan dan penelitian, situs International Journal of Education and Research atau IJERN adalah pilihan yang tepat. Di situs ini kamu bisa menemukan banyak jurnal lengkap dan berbahasa inggris.

     

    Nah, itu dia situs-situs yang bisa kamu coba untuk mencari jurnal ilmiah sebagai rujukan dalam menulis karya tulis ilmiah maupun skripsi. Selamat mencoba dan semoga membantu ya, Sobat Lomba.

    Artikel Lainnya :

    Jago Public Speaking: Yuk Kenali Tipe-Tipe Pendengar!

    Catat! Ini Dia Kompetisi Bergengsi Mahasiswa yang Wajib Banget Kamu Ikuti

    Bukan Cuma Dia, Ini 5 Objek Luar Angkasa Paling Cantik yang Harus Kamu Tahu

    Latest articles

    Related articles