More

    Serba-Serbi Mahasiswa Baru : Ini 4 (Empat) Organisasi Luar Kampus yang Bisa Kamu Ikuti

    Organisasi mahasiswa merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan diri bagi mahasiwa baru. Menyandang status sebagai seorang mahasiswa merupakan euforia tersendiri bagi sebagian orang, khususnya mahasiswa baru.

    Namun, menjadi seorang mahasiswa berarti kamu akan berhadapan dengan kehidupan perkuliahan yang jauh berbeda dari kehidupan sebelumnya di sekolah.

    Jika di sekolah semua siswa mengenakan baju seragam yang sama, pembelajaran dilakukan di dalam kelas yang sama dengan guru yang silih berganti, hingga Waktu seperti dimulainya jam pembelajaran, istirahat dan pulang  yang teratur. Maka di perkuliahan kamu dituntut untuk beradaptasi dengan mahasiswa yang beragam, pembelajaran yang mengharuskan mahasiswa untuk berpindah-pindah ruang kelas, hingga jam perkuliahan yang bisa jadi tidak sesuai dengan jadwal.

    Selain itu saat nanti sudah ngampus, kamu harus mampu untuk bersikap lebih mandiri dan inisiatif dalam belajar dan bergaul. Salah satu hal yang bisa kamu coba adalah ikut organisasi. Siapa tahu akan dapat jodoh sangat  berpengaruh terhadap kehidupan perkuliahanmu selama empat tahun kedepan.

    Organisasi yang bisa diikuti mahasiswa tidak selalu harus berupa organisasi yang dinaungi kampus, lho. Kamu juga bisa mengikuti organisasi di luar kampus yang tidak kalah menarik. Nah ini dia rekomendasi dari Milo buat kamu yang berminat ikut organisasi luar kampus.

    1. AIESEC

    Organisasi Mahasiswa
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Association Internationale des Etuadiants Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC) adalah organisasi internasional terbesar di dunia dengan anggota sebanyak 86.000 yang tersebar di lebih dari 2.000 universitas dan 120 negara. AIESEC sendiri  memiliki tujuan untuk dapat memberdayakan potensi anak muda terutama meningkatkan skill leadership.

    Jika kamu memutuskan untuk berkecimpung di organisasi non-profit ini, ada program-program yang dapat kamu ikuti seperti Global Volunteer, Global Talent, dan Global Leader. Kamu juga bisa meningkatkan skill bahasa Inggrismu karena di AIESEC ‘English is a must’. Selain itu, dengan bergabung di AIESEC kamu dapat memperluas relasi hingga taraf nasional maupun internasional. Jaringan relasi yang luas tentu dapat memberikan manfaat untukmu di kemudian hari.

    1. StudentsxCEOs

    Organisasi Mahasiswa
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    StudentsxCEOs merupakan sebuah organisasi yang dapat menjadi wadah bagi para anak muda untuk bisa mempersiapkan diri menjadi pemimpin ideal di masa mendatang. Dengan bergabung dalam organisasi ini, para anak muda dapat bertemu langsung dengan CEO yang merupakan orang-orang hebat dan ahli di bidangnya untuk belajar, berbagi sehingga nantinya dapat memberikan perubahan.

    Melalui program-program yang diadakan seperti Meet the CEO, StudentsxCEOs Summit, SxC Training, organisasi ini turut andil dalam membantu meningkatkan pengembangan diri anak muda untuk bisa terjun langsung ke lingkungan kerja.

    1. MUN (Model United Nation)

    Organisasi Mahasiswa
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Kamu tertarik pada isu-isu global seputar hubungan internasional, diplomasi, dan lain sebagainya? Ingin merasakan jadi seorang diplomat? Mungkin organisasi MUN cocok untuk kamu coba. Model United Nation atau akrab disebut MUN adalah organisasi yang melibatkan kamu sebagai delegasi dari suatu negara untuk melakukan simulasi konferensi internasional di ranah diplomasi. Seperti sidang PBB itu, lho Sobat Lomba.

    Bergabung dalam organisasi MUN tentu akan memberikanmu manfaat yang banyak banget selain meningkatkan bahasa Inggris, seperti skill public speaking, critical thinking, team work, hingga negosiasi.

    1. YSEALI (Young Southeast Asian Leader Initiative Program)

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    YSEALI merupakan sebuah program yang telah berjalan sejak tahun 2013. Program ini dibentuk sebagai tanda hubungan kerja sama antara negara-negara Asia Tenggara dengan Amerika Serikat. YSEALI bertujuan untuk dapat mengumpulkan para anak muda di kawasan Asia Tenggara yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan. Para anak muda ini nantinya akan dimentori oleh orang-orang profesional untuk belajar guna mencapai tujuan yang diinginkan di masa depan. Jika kamu tertarik dengan program ini, ada beberapa program yang bisa kamu coba seperti YSEALI Academic Fellows Program, YSEALI Generation Workshops, YSEALI Professional Fellows Program, dan Seeds for the Future Grants.

    Itu dia Organisasi mahasiswa di luar naungan kampus yang bisa Sobat Lomba ikuti. Tertarik mencoba?

    Artikel Lainnya :

    Belajar Sesuai Jurusan Melalui K-Drama

    6 Alasan Warga Jepang Punya Harapan Hidup Panjang

    5 Kebiasaan Buruk Orang Indonesia yang Kurang Bermanfaat

     

    Latest articles

    Related articles