PendidikanProduktivitas

Selain Belajar, Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan sebagai Pelajar Tingkat Akhir

Memasuki pergantian tahun, berarti memasuki pergantian semester pula di sekolah. Sebagai pelajar kelas XII alias pelajar tingkat akhir, ada banyak hal yang harus Ini’s People persiapkan demi melanjutkan perjuangan mengapai cita-cita. Salah satunya ialah memenuhi isi kepala dengan pengetahuan.

Tidak bisa dipungkiri, mendapatkan nilai yang tinggi adalah keinginan banyak orang. Biasanya, di masa-masa seperti ini para pelajar akan sibuk mengikuti les tambahan pelajaran ini dan itu di tempat-tempat pilihan. Padahal dari pagi hingga sore hari Ini’s People sudah belajar penuh.

Nah, ternyata, untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional tidak hanya belajar yang harus digiatkan. Ini’s People juga harus melakukan beberapa hal berikut:

#1Mencari referensi jurusan kuliah

Bagi Ini’s People yang memiliki keinginan kanjut ke perguruan tinggi, penting sekali untuk mencari referensi mengenai jurusan yang cocok dengan diri Ini’s People. Mencari informasi di internet, bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman, ataupun memita masukan kepada keluarga. Hal ini dilakukan agar kelak Ini’s People tidak merasa salah jurusan saat berada di bangku perkuliahan. Sesuaikan keinginan kita dengan kemampuan yang ada.

Kenapa keinginan dan kemampuan? Yups, karena kadang bisa jadi keinginan kita tidak sesuai kemampuan pada saat itu. Misalnya kemampuan daya pikir, dan finansial. Sebab, tak bisa dipungkiri kalau pendidikan di Indonesia kini membutuhkan biaya yang besar. Tapi, jangan patah semangat dulu. Masih banyak beasiswa perguruan tinggi yang bisa diambil, kok.

Selain itu, pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan juga memaksa kita memiliki daya pikir yang lebih. Banyak kita jumpai para mahasiswa yang berhenti kuliah karena tidak mampu menjalankan proses belajar-mengajar di perkuliahan, atau tidak bisa membayar uang kuliahnya per semester.

So, jangan sampai salah pilih, ya!

baca juga : Kuliah Dulu Atau Bekerja Dulu? Mana yang Lebih Baik?

#2 Menjaga kesehatan

Iya, hal selanjutnya yang harus Ini’s People lakukan adalah menjaga kesehatan. Ini penting, karena bagaimana Ini’s People bisa berpikir dan menjawab soal-soal ujian dengan baik, jika kondisi tubuh sedang tidak sehat?

Nah, menjaga kesehatan bisa dimulai dengan menjaga pola makan dan waktu tidur. Ini’s People harus memperhatikan apakah makanan yang masuk ke dalam tubuh bernutrisi atau tidak, sudah 4 sehat 5 sempurna belum?. Dan memastikan bahwa waktu tidur Ini’s People cukup. Menurut National Sleep Foundation, bagi umur 18-25 tahun durasi tidur yang cukup yaitu sekitar 7-9 jam setiap hari. Keinginan mendapatkan nilai yang tinggi jangan sampai membuat kita lupa diri ya, Ini’s People!

#3 Refreshing

Yups! Terakhir yang harus Ini’s People lakukan adalah Refreshing. Setiap manusia pasti memiliki titik jenuhnya. Setelah belajar giat seharian, seminggu, bahkan sebulan tentu otak kita butuh sesuatu yang bisa menyegarkannya kembali. Nah, Ini’s People bisa me-refresh diri dengan melakukan hal-hal yang disukai. Misalnya pergi makan di kafe, jalan-jalan ke alam, atau sekadar menonton film yang sedang tayang. Ya istilahnya me-time gitu.

Semangat Ini’s People!

baca juga : Ini dia 3 Jurusan Paling di Incar di Industri Kreatif

1+

You may also like

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments