More

    Rekomendasi 5 Buku Self-Improvement yang Harus Kamu Baca Setidaknya Sekali Seumur Hidup

    Membaca buku self-improvement bisa jadi bentuk investasi kita ke diri sendiri. Tahukah kamu, tanpa disadari membaca buku dapat membentuk pola pikir baru, mempengaruhi cara pandang kita terhadap hidup, hingga mencerminkan kualitas diri dari buku-buku yang sering kita baca.

    (Foto/Ilustrasi/Unsplash)

    Mbak Najwa Shihab pernah bilang ‘Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu, mari jatuh cinta!’. Ayo jatuh cinta dengan buku-buku seputar pengembangan diri yang worth it banget buat kamu baca minimal sekali seumur hidup.

    1. Atomic Habits : An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones

    buku self improvement
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    “Kita tidak berubah dalam sekejap mata dan langsung menjadi orang yang baru. Kita berubah secara perlahan setiap hari lewat kebiasaan demi kebiasaan dan terus mengalami evolusi mikro diri.”

    Kutipan diatas diambil dari salah satu halaman buku ini. Sederhananya semua hal besar diawali dengan hal kecil. Atomic Habits merupakan sebuah istilah dari suatu sistem kebiasaan-kebiasaan kecil yang merupakan bagian dari sistem yang lebih besar. Atomic Habits menggiring orang yang ingin mengubah dua hal yaitu menghentikan kebiasaan buruk dan menciptakan kebiasaan baik. Karena kebiasaan adalah hal penting yang bisa mengubah keyakinan diri sendiri.

    2. Berani Tidak Disukai

    buku self improvement
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Berani Tidak Disukai merupakan buku yang sempat masuk dalam jajaran Best Seller versi New York Times. Buku ini memberikan pemaparan tentang ajaran Alfred Adler, seorang filsuf berkebangsaan Austria di abad ke-19, lewat percakapan antara seorang pemuda dan filsuf. Isi percakapan tersebut mengenai bagaimana manusia sebaiknya menjalani hidup.

    Dalam buku ini juga dijelaskan bagaimana rasa insecure dapat menyebabkan tidak bahagia karena rendahnya rasa percaya diri. Melalui buku ini kita dapat belajar memahami bagaimana masing-masing kita mampu menentukan arah hidup, bebas dari jeratan trauma masa lalu, hingga ekspetasi orang lain yang membebani.

    3. Psychology of Money

    buku self improvement
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Morgan Housel, penulis buku ini, merupakan pemenang penghargaan bisnis terbaik dari Society of American Business Editor and Writers. Untuk kamu yang ingin mulai belajar mengatur keuangan, buku Psychology of Money sangat cocok untuk kamu baca.

    Buku ini menarik karena memaparkan bagaimana sudut pandang perilaku manusia terhadap uang. Terdapat 19 cerita pendek yang patut kamu baca mengenai cara aneh orang-orang berpikir tentang uang dan mengapa mendapatkan kekayaan itu lebih mudah daripada mempertahankannya.

    4. You Do You : Discovering Life through Experiments & Self-Awareness

    buku self improvement
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Siapa nih Sobat Lomba yang merasa lagi ada di fase quarter life crisis? Mikirin karir, bisnis, keuangan, bahkan sampai relationship.Tapi jangan risau, semua kegalauanmu sebagai anak muda dibahas tuntas dalam buku You Do You.

    Dalam buku ini, penulis juga memaparkan bagaimana kunci agar kita dapat menemukan ikigai atau kebahagiaan kita sendiri. Buku ini menekankan untuk tidak membandingkan diri kita dengan orang lain karena kitalah yang menjalani kehidupan ini sehingga hal-hal seperti itu tidak bermanfaat.

    5. How to Win Friends and Influence People

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Buku yang pertama kali terbit pada 1936 ini membahas teknik-teknik sederhana yang ternyata sangat penting dalam relasi antar manusia baik dalam hubungan bisnis maupun pribadi. Buku karya Dale Carnegie ini memaparkan mengenai konsep hubungan kita dengan orang lain dan bagaimana kita bisa mempengaruhi mereka dengan efektif. Mulai dari membuat impresi yang baik ketika berhubungan dengan orang lain hingga memberikan ketidaksetujuan akan suatu hal.

    Buku ini terbagi ke dalam 4 bagian, kita dapat mempelajari prinsip-prinsip yang dimiliki oleh masing-masing bab serta coba menerapkannya dalam kehidupan guna meningkatkan hubungan dan skill komunikasi dengan orang lain.

    Itu dia rekomendasi buku self improvement dari Milo. Gimana nih Sobat Lomba, udah siap jatuh cinta bareng sama salah satu buku diatas?

    Artikel Lainnya :

    Belajar Public Speaking: Tips Lancar Berbicara di Depan Banyak Orang!

    Kamu Merasa Kurang Pintar? Yuk, Kenali 8 Jenis Kecerdasan Manusia dan Karakteristiknya

    Mengenal FOMO dan JOMO, Kamu Termasuk yang Mana?

     

     

    Latest articles

    Related articles