More

    Punya Mimpi Kuliah di Luar Negeri, Ini 5 Cara Mewujudkannya

    Siapa sih yang tidak mau kuliah di luar negeri? Merupakan kebahagian dan kebanggasan tersendiri bagi para pelajar bisa mengijakkan kaki ke negara lain dengan tujuan belajar. Dari Asia hingga Eropa, terdapat banyak sekali pilihan destinasi dengan keunggulan masing-masing universitasnya. Kesempatan ini dirasa tidak mudah untuk didapat. Namun ternyata, selain nilai akademik yang memadai, ada lima cara lain yang bisa kamu terapkan agar berkesempatan untuk mewujudkan mimpi kuliah ke luar negeri. Yuk Langsung disimak aja!

    (Foto/Ilustrasi/Google)

     

    1. Beasiswa

    Masih menjadi hal yang paling dicari oleh pelajar maupun mahasiswa, karena selain berkesempatan meniginjakkan kaki di negara impian dibiayai pula. Terdapat banyak jenis beasiswa yang bisa menjadi pilihan kamu dengan masing-masing persyaratannya tersendiri. Jenis beasiswa paling umum yang dicari adalah beasiswa pemerintah, baik pemerintah Indonesia maupun negara asing. Hampir semua jenis beasiswa memerlukan sertifikat TOEFL/IELTS sebagai persyaratannya.

    Selain itu ada beasiswa universitas dan beasiswa sponsor atas swasta. Untuk beasiswa universitas biasanya kamu perlu di terima terlebih dahulu di universitas tujuan dan menujukkan performa akademis yang bagus. Sedangkan beasiswa sponsor adalah beasiswa yang dibuka oleh beberapa perusahaan besar.

    1. Pertukaran Pelajar

    Cara lain untuk bisa kuliah di luar negeri adalah mengikuti program pertukaran pelajar. Namun, diperlukan beberapa pertimbangan agar bisa lolos seleksi program ini dalam prestasi si kampus. Kamu perlu mahir di bidang akademik, sekaligus aktif dalam berbagai organisasi serta berprestasi.

    1. Summer Course

    Program kelas musim panas ini merupakan program yang biasanya diselenggarakan oleh pemerintah atau pihak swasta untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing agar bisa merasakan pengalaman tinggal di negara tersebut. Program ini berjalan antara 1 hingga 6 bulan dan dikhususkan untuk belajar hal-hal khas negara tersebut, seperti bahasa dan kebudayaan. Namun, sesuai dengan namanya program ini tidak bisa memberikanmu gelar melainkan sertifikat sebagai bukti telah mengikutinya.

    1. Volunteer

    Untuk kamu yang suka dengan kegiatan relawan atau volunteer mungkin bisa mengikuti program volunteer untuk kuliah di luar negeri. Bagi yang mengikuti program ini biasanya akan dikirim ke berbagai negara untuk melakukan kegiatan sosial mencakup mengajar anak sekolah dasar, membuat berbagai penyuluhan, dan mengadakan riset sederhana.

    Perlu dipersiapkan, kamu mungkin harus membiayai dirimu sendiri, seperti tiket pesawat maupun biaya hidup selama berada di negara tujuan. Namun, kamu akan mendapatkan sertifikat yang nantinya akan sangat membantu jika kamu mengikuti tes beasiswa maupun melamar sebuah pekerjaan.

    1. Riset

    Untuk kamu memiliki sebuah riset penelitian tertentu dan mungkin berpeluang untuk dilaksanakan di luar negeri, kamu bisa mencoba untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah maupun pihak swasta. Biasanya, beasiswa ini diajukan oleh para lulusan gelar S2 yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan S3. Kesempatan beasiswa ini masih sangat besar karena pelamar dari Indonesia masih sangat sedikit. Namun, riset kamu harus benar-benar sempurna, agar bisa menjadi bahan dan  harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir oleh universitas tempatmu belajar.

    Nah, itu dia 5 cara lain yang bisa kamu terapkan agar berkesempatan untuk mewujudkan mimpi kuliah ke luar negeri. Kamu bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kemampuan kamu. Jangan patah semangat dan terus mencoba ya!

     

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles