More

    Perhitungan Zakat Sesuai Jenisnya

    Assalamu’alaikum
    Hi sobat Inisiator, Alhamdulillah kita sudah memasuki pekan ke dua di bulan suci ramadhan. Nah, kamu tau gak rukun Islam apa yang bakalan kita kerjakan setelah puasa ini? Coba tebak!

    Yaps… benar sekali. Zakat. Jadi Zakat itu merupakan rukun Islam yang wajib kita kerjakan loh. Kamu udah tau belum berapa sih sebenarnya jenis dari zakat dan berapa nilai zakat yang seharusnya kamu keluarkan?

    Kali ini Kita akan ngebahas bagaimana perhitungan zakat dan apa saja jenis dari zakat itu loh sobat. Simak penjelasan ini ya!

    Pengertian Zakat

    Secara bahasa, zakat berasal dari bentuk kata “zaka” artinya suci, berkah, dan berkembang.  Secara istilah, zakat adalah mengeluarkan sebagian harta yang diwajibkan Allah SWT untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya (mustahik), sesuai kadar dan haulnya, dengan rukun dan syarat tertentu.

    Baca Juga : Kapan Fidyah Dilaksanakan?

    Dan Allah SWT melalui firman-Nya telah memberi perintah dalam surah Al-Baqarah ayat 43:

    وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ

    “Dan dirikanlah salat, serta tunaikanlah zakat, serta sujudlah kamu bersama-sama dengan orang yang sujud,”

    Jenis-jenis Zakat

    Menurut Jenisnya Zakat terbagi menjadi 2, yaitu

    1. Zakat Fitrah adalah yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim laki- laki, perempuan, besar atau kecil, merdeka atau budak pada awal bulan Ramadan sampai menjelang salat Idul Fitri. Besarnya zakat fitrah adalah sebanyak 2,5 kg atau 3,5 liter bahan makanan pokok untuk setiap orang. Diriwayatkan Abdullah bin Abbas, ia berkata: “Nabi Muhammad SAW telah mewajibkan zakat fitrah pada Ramadan atas setiap muslim, baik merdeka ataupun budak, lakilaki ataupun wanita, kecil ataupun besar, sebanyak satu sha’ kurma atau gandum,” (HR Muslim). Untuk di negara kita Indonesia menggunakan beras karena merupakan makan pokok yang kita konsumsi.
    2. Zakat Mal atau zakat harta adalah zakat yang wajib dibayarkan untuk golongan tertentu atas harta benda yang dimiliki jika telah mencapai batas wajib dikeluarkan zakatnya atau nisbah yang mencakup zakat hewan ternak, hasil pertanian, hasil laut dan bumi, emas, perak, harta perniagaan, harta rikaz, serta barang tambang

    ALLAH SWT berfirman dalam Surat at-Taubah ayat 34

    وَٱلَّذِينَ يَكْنِزُونَ ٱلذَّهَبَ وَٱلْفِضَّةَ وَلَا يُنفِقُونَهَا فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ فَبَشِّرْهُم بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

    “Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, bahwa mereka akan mendapat siksa yang pedih.”

    Perhitungan Zakat Mal

    Dalam pehitungan Zakat Mal ini dibagikan menjadi 8 bagian, yaitu

     

    perhitungan zakat
    Sumber. Lazismu

    Dengan Berzakat sebenarnya harta kamu tidak berkurang namun dapat bermanfaat untuk menjaga kamu dan harta kamu. Seperti yang dia sampaikan oleh Rasululla SWT.

    Rasulullah SAW bersabda “Bentengilah harta kalian dengan zakat, obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah, siapkanlah doa untuk bala bencana.” (HR. Abu Dawud)

    Okee… Sobat Inisitor jadi sudah tau kan apa saja jenis zakat dan besaran zakat yang harus kamu keluarkan? Jangan sampe kamu lalai ya sobat. Pilih zakat yang kamu keluarkan sesuai dengan ketentuan diatas dan ingat bahwa berbagilah kamu kepada banyak orang, karena berbagi atau bersedekah tidak akan pernah membuatmu miskin, namun sedekah akan membuatmu lebih kaya dari yang kamu kira.

    Wassalamu’alaikum

    Baca Juga : Keistimewaan Malam Nuzulul Qur’an di Bulan Ramadhan

    Latest articles

    Related articles