More

    Nikmatnya Puasa di Bulan Suci Ramadhan

    Pada bulan suci Ramadhan ada beberapa hal penting yang tidak boleh terlewatkan dan menjadi nikmat tersendiri ketika bulan Ramadhan hadir. Berikut hal-hal penting yang wajib banget kamu ketahui di bulan suci Ramadhan. Let’s check this!

    Senangnya Sahur

    Sahur di Bulan Ramadhan

    Sahur adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat  Islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Pada dasarnya hukum melaksanakan sahur adalah Sunnah. Namun jangan sampe lupa sahur ya karena sahur memiliki banyak keberkahan dan waktu sahur salah satu mustajab dikabulkannya doa.

    Teraweh Bersama

    Tarawih dalam bahasa arab adalah bentuk jamak dari تَرْوِيْحَةٌ yang diartikan sebagai “waktu sesaat untuk istirahat”. Waktu pelaksanaan salat sunnah ini adalah selepas salat Isya dan biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid.

    Pada masa Rasulullah, Rasul hanya mencontohkan pengerjaan shalat Tarawih saja dan istilah shalat Tarawih dipopulerkan pada zaman Khalifah Umar Bin Khattab. Hukum pelaksanaan Tarawih adalah Sunnah Muakkad artinya sangat dianjurkan untuk dilaksanakan dan jumlah rakaat shalat Tarawih pun beragam menurut beberapa mazhab.

    Malam Seribu Bulan

    Kamu pasti sudah familiar dengan isitilah malam seribu bulan atau Lailatul Qadar. Yaps, malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih mulia dari 1.000 bulan sebagaimana dijelaskan dalam Surah Al-Qadr. Lailatul Qadr hanya jatuh pada satu malam di bulan Ramadhan, tapi sayangnya mengenai kapan terjadinya malam Lailatul Qadar tidak ada yang mengetahui secara pasti.

    Untuk itu jangan sampe melewatkan malam ini dengan mengisi setiap malam Ramadan dengan ibadah. Malam Lailatul Qadr memiliki beberapa kemuliaan diantaranya :

    • Malam Lebih Baik dari Seribu Bulan

    Para ulama berpendapat bahwa siapapun yang melakukan amal ibadah di malam Lailatul Qadar ini akan mendapatkan pahala setara dengan melakukannya seribu bulan atau bila dihitung akan mencapai 84 tahun lamanya.

    • Turunnya Malaikat ke Bumi

    Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat turun ke bumi untuk menemui orang-orang yang sedang berada dalam majelis zikir maupun sedang beribadah. Malaikat akan meletakkan sayap-sayapnya dan mengaminkan setiap doa-doa yang dipanjatkan pada malam itu.

    • Malam Penuh Berkah

    Allah SWT menurunkan malam yang diberkahi dan menghapus segala dosa terdahulu umat muslim yang beribadah ketika malam Lailatul Qadr.

    Nuzulul Qur’an

    Nuzulul Quran menjadi sejarah yang penting bagi umat Muslim. Umumnya Nuzulul Quran dikenal sebagai malam diturunkannya yaitu pada 17 Ramadhan. Namun banyak pemaknaan penting Nuzulul Quran yaitu sebagai malam diturukannya wahyu pertama yaitu Surah Al Alaq (1-5) dan diangkatnya Nabi Muhammad SAW menjadi Nabi terakhir. Proses diturunkannya Alquran secara berangsur-angsur memakan waktu sebanyak 22 tahun 2 bulan 22 hari yakni dari tahun 610 hingga 632 M. Jadi yuk persiapkan diri menyambut Nuzulul Quran!

    Menunaikan Zakat Fitrah

    Zakat Fitra

    Menurut Peraturan Menteri Agama No 52 Tahun 2014 Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha yang dimiliki oleh orang Islam untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam. Orang yang berhak menerima zakat disebut mustahiq dan orang yang wajib mengeluarkan zakat disebut sebagai muzaki.

    Ada 8 golongan mustahiq sebagaimana terdapat dalam Surah At Taubah : 60, yaitu fakir, miskin, amil, riqab, fiiisabilillah, ibnu sabil, gharimin dan mualaf. Perintah untuk mengeluarkan zakat terdapat dalam  Surah Al-Baqarah ayat 267. Pada bulan Ramadhan setiap muslim wajib mengeluarkan zakat fitrah, tanpa terkecuali.

    Itulah beberapa nikmat yang hanya kita dapatkan ketika bulan Ramadhan dan sekaligus yang menjadi keutamaan di bulan Ramadhan.

    Baca Juga : Ramadhan Cup 1443 H, Semakin Produktif Selama Ramadhan!

    Latest articles

    Related articles