More

    Momen Idul Fitri yang Dirindukan

    Momen Idul Fitri adalah suasana yang paling dirindukan umat islam. Dan sebentar lagi lebaran bakal tiba, masih disuasana yang sama yaitu pandemi. Walaupun begitu kali ini pemerintah sudah melonggarkan peraturan sehingga masyarakat tahun ini sudah diperboehkan untuk mudik lebaran. Setelah dua tahun berturut-turut merasakan lebaran yang sunyi, kira-kira momen apa saja nih yang kamu rindukan saat lebaran?

    Takbiran Keliling

    Momen idul fitri

    Yang pertama ada takbiran keliling, buat kamu yang biasanya sehari sebelum lebaran pergi kerumah nenek di desa pasti akan sangat akrab dengan momen yang satu ini. Biasanya tepat pada malam hari raya idul fitri semua warga akan berkumpul membawa obor dan bersama-sama keliling kampung untuk menyemarakkan suasana hari raya idul fitri. Ternyata kegiatan takbir keliling ini banyak dilakukan diberbagai daerah di Indonesia loh! Apakah daerah kamu salah satunya? Namun sayang semenjak pandemi coronan, PSBB digalakkan dan kegiatan takbir keliling pun ditiadakan. Sedih banget ya…

    Sholat Ied di Lapangan

    Momen idul fitri

    Momen yang kedua adalah sholat ied di lapangan. Biasanya ini akan menjadi momen yang paling mengasyikkan karena berkumpulnya semua umat muslim dalam satu tempat yang luas untuk beribadah kepada Allah swt. Dari momen ini kita bisa merasakan kuatnya ukuwah dan indahnya islam tanpa memandang status sosial. Yang paling penting ketika sholat ied di lapangan jangan gunakan sandal bagus ya, rawan Hilang soalnya. Momen berdesak-desakkan karena mencari shaf juga menjadi memori tersendiri dalam benak kamu kan? karena kali ini ketika sholat pun kita harus menetapkan protokol kesehatan yaitu jaga jarak.

    Salam Tempel (THR-an)

    Momen idul fitri

    Momen yang ketiga adalah salam tempel atau THR-an. Bagi kamu yang seorang pelajar aktif pasti selalu menunggu momen-momen seperti ini kan? biasanya semakin banyak orang yang kamu salami maka akan semakin banyak pula THR yang akan kamu tuai. Momen salam tempel ini sering berlaku di hari raya pertama dimana orang yang lebih tua dan sudah bekerja akan membagikan THR kepada anak-anak sekolah yang berhasil menjalankan puasa ramadhan sebagai bentuk apresiasi dan menyambut kemenangan.  Tapi lagi-lagi karena pandemi corona, kita harus jaga jarak so, salam tempel tahun ini bisa diganti dengan saldo OVO kali ya hehehe.

    Baca Juga : Fasilitas Central Park Zoo and Resort

    Halal bi Halal

    Momen yang ke-empat adalah halal bi halal yang biasanya dilakukan oleh keluarga muda mengelilingi kampung dan bertamu ke rumah-rumah keluarga tua untuk bersilaturahmi. Dari momen halal bi halal ini biasanya kamu suka icip-icip kue kering dari satu rumah ke rumah lain kan? Nah, selain icip-icip kue kering kegiatan ini juga sebagai ajang silaurahmi yang kental dengan semangat kekeluargaan. Bahkan jika beruntung kamu malah bisa sekalian panen salam tempel juga kan? Gimana, makin rindu ya dengan suasana lebaran?

    Festival Masyarakat

    Momen yang ke-lima adalah festival masyarakat yang biasanya diadakan di hari raya ke-2 atau ke-3 dengan mengadakan berbagai perlombaan dan acara hiburan bagi warga sekitar. Festival masyarakat sendiri berbeda-beda disetiap daerah, tapi biasanya akan ada hiburan seperti menyanyi, menangkap ikan bersama, lomba makan kerupuk, balap sarung, tarik tambang sampai kepada panjat pinang. Pada festival masyarakat inilah semua masyarakat biasanya berkumpul bersama untuk merayakan hari raya idul fitri.

    Itu dia beberapa momen hari raya yang kamu rindukan di hari raya idul fitri tahun 2021 kali ini. meskipun dua kali hari raya sudah tidak sama lagi rasanya seperti tahun-tahun sebelumnya, semoga hakikat kita meraih dan menggapai kemenangan pada setiap hari raya menjadi mutlak kita dapatkan. Terakhir mohon maaf lahir dan batin.

    Baca Juga : Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

    Latest articles

    Related articles