More

    Mengenal Sorgum: Makanan Pokok Sebelum Burger

    Sebelum adanya burger dan ayam goreng, ternyata sorgum sudah menjadi makanan pokok masyarakat zaman dulu. Oleh karena itu, mari kita mengenal sorgum. Sorgum adalah sejenis tanaman dari rumput-rumputan yang masih satu keluarga dengan padi, jagung dan gandum.

    Biji sorgum memiliki kandungan karborhidrat tinggi sehingga dimanfaatkan sebagai makanan pokok oleh lebih dari 500 juta penduduk Bumi. Namun sebagian besar produksi sorgum digunakan untuk pakan ternak. Sorgum termasuk dalam tanaman serealia tropis tapi bisa tumbuh dalam rentang iklim yang luas.

    Carrie S Thurber menulis catatan berjudul “Retrospective genomic analysis of sorghum adaptation to temperate-zone grain production“, yang menjelaskan bahwa tanaman sorgum telah dibudidayakan secara meluas di semua benua.

    Negara penghasil utama penghasil sorgum, antara lain Amerika Serikat, Nigeria, Mexico dan India. Tanaman sorgum yang kini banyak dibudidayakan berasal dari spesies Sorghum bicolor. Dilihat dari segi pemanfaatannya dikenal empat macam tanaman sorgum.

    Berdasarkan penelitian Sorghum Handbook yang berjudul “All About White Sorghum“, sorgum yang dimanfaatkan bijinya. Sorgum manis yang dimanfaatkan patinya. Buku ini menjelaskan tentang cara mengenal sorgum broom yang dimanfaatkan material seratnya. Sorgum hijauan yang dimanfaatkan biomasanya untuk pakan ternak.

    Asal Usul Tanaman Sorgum

    Setelah mengenal sorgum, ketahui juga asal tanaman ini. Tanaman ini diperkirakan berasal dari daerah tropis Afrika. Namun tanaman ini telah beradaptasi sehingga bisa tumbuh di berbagai kondisi iklim mulai dari tropis, sub tropis hingga daerah gurun yang gersang.

    Leo Espinoza and Jason Kelley dari buku “Grain Sorghum Production Handbook” menjelaskan kalau sudah sejak lama tanaman sorgum didomestikasi dan dibudidayakan manusia. Bangsa Mesir diketahui telah bercocok tanam sorgum sejak 3000 tahun sebelum masehi.

    Klasifikasi Tanaman Sorgum

    Sorgum tergolong ke dalam tanaman serealia, masih satu keluarga dengan gandum. Namun tanaman ini bisa tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Ada banyak spesies dan subspesies tanaman sorgum, namun yang banyak dibudidayakan adalah jenis Sorghum Bicolor.

    Sorghum Bicolor belum banyak dibudidayakan di Indonesia. Padahal biji tanaman ini bisa digunakan sebagai pengganti gandum yang tidak bisa tumbuh di Indonesia. Tanaman sorgum memiliki toleransi terhadap kekeringan maupun kondisi basah, dan masih bisa tumbuh baik di lahan yang kurang subur.

    Deskripsi Tanaman

    Batang tanaman sorgum berwarna hijau bentuknya silinder terdiri dari buku-buku. Tanaman sorgum tumbuh tegak, pada beberapa varietas bisa tumbuh hingga 5 meter.

    Daunnya panjang dengan ujung meruncing. Bila dilihat sekilas dari penampakannya sangat mirip dengan tanaman jagung. Permukaannya memiliki lapisan lilin yang berfungsi sebagai daya pertahanan terhadap kekeringan.

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles