More

    Mengenal MT: Menjadi Karyawan Tetap Untuk Fresh Graduate

    Sobat lomba sudah pernah mendengar istilah MT belum? Program ini sering dijadikan salah satu pilihan karier yang banyak diincar oleh para loh.

    MT atau Management Trainee merupakan salah satu program yang dilakukan perusahaan untuk melatih para fresh graduate non pengalaman dibawah pengawasan manajer dan eksektif perusahaan di setiap departemen. Durasi MT tergantung pada kebijakan setiap perusahaan, namun pada umumnya bisa 1 tahun atau 2 tahun.

    Berikut beberapa tugas Management dan tanggung jawab Trainee:

    1. Memahami bagaimana jalannya sebuah perusahaan.
    2. Mengamati dan belajar dari pengalaman rekan kerja lainnya.
    3. Mendukung manager dalam berbagai tugas (misalnya, membuat kebijakan baru, penetapan tujuan, entri data).
    4. Memahami proses kerja dan pencapaian tujuan setiap departemen atau divisi.
    5. Berpartisipasi dalam proses perencanaan strategi perusahaan.
    6. Membantu manager menganalisis dan melakukan evaluasi pekerjaan
    7. Membuat dan melakukan presentasi.

    Dalam Management Trainee teman lomba bisa belajar sekaligus digaji, selain itu masih banyak keuntungan yang bisa teman lomba peroleh didalamnya. Apa saja keuntungan mengikuti program Management Trainee (MT) ini? Berikut penjelasannya!

    1. Meningkatkan hard skill dan soft skill

    Management Trainee
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Cara berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja, berpikir kritis dan kreatif, manajemen waktu, presentasi, dan negosiasi akan kamu pelajari selama program manajemen ini. Kamu akan belajar banyak terkait perusahaan yang bisa mengasah hard skill dan soft skill. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari tools yang digunakan di bidang tertentu, atau mempelajari technical skill lainnya seperti Microsoft Office, copywriting, bahasa asing, SEO/SEM, dan skill yang lain.

    2. Melatih Leadership

    Management Trainee
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Tujuan dari Management Trainee adalah membentuk  future leader yang bisa memegang alih bagian pada perusahaan. Karena itu, kamu akan belajar banyak hal tentang kepemimpinan atau cara menjadi pemimpin yang baik. Contohnya, keterampilan dalam berkomunikasi, mendengarkan, delegasi, team work, motivasi, problem solving, dan mengambil keputusan. Skill kepemimpinan ini bisa kamu raih dari rangkaian kegiatan pelatihan maupun belajar dari senior maupun petinggi di perusahaan.

    3. Memperluas Professional Network

    Management Trainee
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Peserta yang bisa lolos program Management Trainee harus melewati persaingan ketat dengan proses yang panjang. Hal ini menandakan mereka yang lolos punya nilai yang tinggi dan kemampuan yang mumpuni. Kesempatan ini bisa kamu ambil untuk membangun relasi dengan sesama trainee yang juga orang terbaik. Selain itu, kamu juga akan menemui banyak orang dari divisi berbeda maupun senior di kantor yang membuat kamu belajar dari latarbelakang dan posisi yang berbeda. Bangun relasi yang baik agar nantinya dapat menguntungkan kamu di masa depan. Misalnya, kamu bisa mendapat bantuan atau dukungan pekerjaan, mengerjakan project bersama, atau membangun bisnis bersama.

    4. Bisa Bekerja Sesuai Minat dan Bakat

    Management Trainee
    (Foto/Ilustrasi/Freepik)

    Beberapa perusahaan menjalankan program Management Trainee ini secara umum, sehingga divisi yang dibuka pun secara umum. Kamu dapat mempelajari banyak hal secara langsung ke divisi dan pekerjaan yang berbeda-beda. Sambil mempelajari banyak hal kamu dapat menemukan pekerjaan yang paling kamu minati dan kuasai. Dari sini kamu juga akan diawasi oleh mentor maupun manajer sehingga mereka dapat menentukan posisi yang tepat untuk kamu.

    5. Jenjang Karier yang Pasti

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Yang paling ditunggu dan digemari oleh para jobseeker dalam mencari pekerjaan adalah jenjang karier yang jelas dalam program Management Trainee ini. Jika kamu berhasil menyelesaikan program MT dengan baik, kamu bisa dipromosikan untuk mengisi posisi bagian manajerial di perusahaan.

     

    Baca juga :

     

    Latest articles

    Related articles