More

    Mengenal Lebih Dekat dengan Nabi Muhammad SAW

    Sebagai umat muslim, kita patut berbahagia memiliki suri tauladan yang menyebut nama umat dalam setiap pikirnya. Nabi Muhammad SAW yang berlaku baik sebagai contoh untuk umatnya agar selalu berada pada jalan yang benar.

    Untuk mencintai Nabi Muhammad SAW tentunya kita harus mengenal lebih dekat dengan Nabi Muhammad SAW dan kedekatan kita kepada Nabi Muhammad SAW tergantung dengan seberapa besar kita meneladani suri tauladannya.

    Silsilah Nabi Muhammad SAW

    Nabi Muhammad

    Keluarga Rasulullah dikenal sebagai keluarga Hasyimiyah, yang dinisbatkan kepada kakeknya, Hasyim bin Abdu Manaf. Hasyim adalah orang yang memegang urusan air minum dan makanan dari Bani Abdu Manaf.  Hasyim mempunyai empat putra yaitu Asad, Abu Shady, Nadhlah dan Abdul-Muththalib-dan lima putri yaitu Asy-Syifa’, Khalidah, Dha’ifah, Ruqayyah dan jannah.

    Hasyim  pernah pergi ke Syiria untuk berdagang. Abdul-Muththalib yaitu kakek Nabi Muhammad Saw keturunan Hisyam, beliau dibawa oleh Al-Muththalib bin Abdi Manaf ke Mekkah dengan dibonceng di atas untanya atas izin ibunya yaitu Salma binti Amru.

     Peristiwa-Peristiwa Penting

    • Kelahiran Nabi Muhammad SAW

    Nabi Muhammad SAW lahir pada  12 Rabiul Awwal di tahun gajah  (517 M) di Kota Mekkah. Beliau lahir dalam keadaan yatim karena ayahnya Abdullah meninggal setelah 3 bulan menikah dengan Aminah.

    • Turun Wahyu Pertama

    Wahyu pertama  yang turun kepada rasulullah adalah surat Al-Alaq 1-5 melalui malaikat Jibril. Surat ini diturunkan pada 16 agustus 610 M  saat Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun.

    • Peristiwa Isra’ Mi’raj

    Isra mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari masjid Al Aqsa di Yerusalem. Hingga dinaikkan ke langit ketujuh (Sidratul Muntaha). Peristiwa ini terjadi pada 27 rajab 621 M.

    • Dakwah Rasulullah.

    Rasulullah menyerukan Islam pada bangsa Arab selama 23 tahun. Tokoh  yang memeluk Islam pada fase dakwah sembunyi-sembunyi ini antara lain: Khadijah binti Khuwailid, Ali bin Abi Thalib, Abu Bakar, Utsman bin ‘Affan, serta Bilal bin Rabah.

    • Wafatnya Rasulullah

    Rasulullah SAW wafat pada usia 62 tahun (sekitar 570-632 M) pada tanggal 12 Rabiul Awal. Menurut sebagian besar ulama 9 hari sebelum beliau wafat diturunkan wahyu Allah yaitu Qs. Al Baqarah 2: 281

    Istri-Istri Rasulullah

    • Khadijah binti Khuwailid Radhiyallahu ‘Anha

      yaitu pernikahannya dengan Khadijah, Nabi Muhammad SAW dikaruniai beberapa anak, yaitu: Qasim, Abdullah, Ibrahim, Zainab, Ruqayyah, Umm Kulthum dan Fatimah.

    • Saudah binti Zam’ah bin Qois Radhiyallahu ‘Anha

      yaitu Rasulullah menikahi Saudah 1 bulan setelah wafat Khadijah.

    • Aisyah binti Abu Bakr As-Shiddiq Radhiyallahu ‘Anhuma

      yaitu seorang anak dari pasangan Abu Bakar As-Shiddiq dan Ummu Ruman. Rasulullah menikahi Aisyah di usia muda, atas perintah Allah melalui mimpi. 

    • Hafshah binti Umar bin Khatab Radhiyallahu ‘Anhuma

      yaitu Hafshah dikenal sebagai wanita yang ahli ibadah, dan dijuluki Shawwamah yang artinya “wanita yang rajin puasa”, dan Qawwamah yang berarti “wanita yang rajin salat malam”.

    • Zainab binti Khuzaimah Radhiyallahu ‘Anha

      yaitu Zainab memiliki gelar Ummul Masakin. Sebab, ia sangat belas kasih dengan orang miskin dan banyak bergaul dengan mereka.

    • Ummu Salamah, Hindun binti Abi Umayyah Radhiyallahu ‘Anha

      yaitu Memiliki nama asli Hindun binti Abi Umayyah.

    • Zainab binti Jahsy bin Rabab Radhiyallahu ‘Anha

      yaitu Zainab dikenal sebagai wanita ahli ibadah yang sangat gemar bersedekah. Ia wafat di zaman Khalifah Umar pada tahun 20 H, di usia 53 tahun.

    • Juwairiyah binti Al-Harits Radhiyallahu ‘Anha

      yaitu Sebelum masuk Islam, Juwairiyah bernama Barrah. 

    • Ummu Habibah binti Abi Sufyan Radhiyallahu ‘Anhuma

      yaitu Beliau meninggal di Madinah tahun 44 H, di masa Khalifah Muawiyah, Radhiyallahu ‘anhu ajma’in.

    • Shafiyah binti Huyai bin Akhtab

      yaitu Rasulullah menyebut Shafiyah sebagai wanita shadiqah, yang berarti wanita yang jujur imannya. Shafiyah meninggal tahun 50 H dan dimakamkan di Baqi.

    •  Maimunah binti Al-Harits Radhiyallahu ‘Anha

      yaitu Maimunah binti Al-Harits merupakan wanita terakhir yang dinikahi oleh Nabi Muhammad SAW.

    Anak-anak Rasulullah

    1. Al-Qasim yaitu dilahirkan di Makkah sebelum Muhammad diangkat menjadi Nabi.
    2. Abdullah yaitu dilahirkan sesudah ada agama Islam dan diberikan nama “At-Thayyib” yang berarti baik dan “At-Thahir” yang berarti suci
    3. Ibrahim yaitu lahir dan wafat di Madinah tahun kesepuluh hijriah pada usia tujuh belas atau delapan belas bulan. 
    4. Zainab mempunyai anak bernama Ali yang meninggal waktu kecil dan Umamah yang digendong oleh Nabi Muhammad waktu salat dan setelah dewasa menikah dengan Ali bin Abi Thalib setelah Fatimah wafat.
    5. Fatimah az-Zahra adalah putri bungsu Nabi Muhammad dan lahirdi Makkah pada 20 Jumadil Akhir, 18 tahun sebelum Nabi Muhammad hijrah. Ia wafat pada tahun ke-11 Hijriah, atau enam bulan setelah Nabi Muhammad wafat.
    6. Ruqayyah yaitu beliau menikah dengan Utsman bin Affan dan meninggal di pangkuan Utsman. Ruqayyah memiliki seorang putra yang bernama Abdullah.
    7. Ummu Kultsum yaitu lahir 6 tahun setelah Muhammad diangkat menjadi Nabi. Ia dinikahkan dengan Utbah bin Abu Lahab, namun kemudian diceraikan sebelum disentuhnya. Setelah itu, ia dinikahi Utsman bin Affan pada tahun 3 H.

    Sifat Rasulullah

    1. As-Siddiq merupakan sifat Rasulullah yang berarti jujur. 
    2. Amanah merupakan sifat Nabi Muhammad yang kedua ini memiliki arti “dapat dipercaya”.
    3. Tabligh berasal dari bahasa Arab تَبْلِيْغٌ  yang berarti ‘penyampaian’.
    4. Fathonah memiliki arti cerdas. Allah SWT memberikan kecerdasan kepada Nabi dan Rasul agar dapat ber-Fastabiqul Khairat dan berdakwah di jalan yang Allah Ridhoi.

    Nabi Muhammad SAW bersabda: “Mencari ilmu merupakan kewajiban bagi setiap orang Islam, laki-laki dan perempuan. Setiap sesuatu yang di dunia ini akan memintakan pengampunan kepada Allah Swt untuk para pencari ilmu, hingga ikan di laut pun ikut memintakan pengampunan baginya,” (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

    Baca Juga : Tokoh-Tokoh Terkenal Dalam Islam yang Wajib Kamu Ketahui

     

    Latest articles

    Related articles