More

    Mengenal IKIGAI : Intip Rahasia Hidup Bahagia Ala Orang Jepang

    Rasanya istilah IKIGAI tidak asing lagi di telinga kita, bukan?  Secara harfiah IKIGAI (生き甲斐) berasal dari bahasa Jepang. Terdiri dari dua kata ‘iki’ yang berarti kehidupan dan ‘gai’ yang berarti nilai, sehingga Ikigai dapat diartikan sebagai tujuan, nilai, dan alasan hidup untuk seseorang yang siap dalam menjalani hidup.

    ikigai
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Dianut oleh sebagian besar masyarakat Jepang, konsep IKIGAI dipercaya dapat membuat mereka semakin menemukan makna dalam kehidupan. Hal ini menyebabkan sebagian besar orang Jepang memiliki tingkat harapan hidup yang tinggi.

    Saat bangun pagi seseorang tidak selalu harus memiliki alasan yang besar. Malah kita bisa menemukan makna kebahagiaan melalui hal-hal kecil dan sederhana. Misalnya berolahraga, menikmati udara pagi yang bebas polusi, melihat matahari terbit, ataupun sekadar minum teh hangat.

    ikigai
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Hal-hal sederhana seperti ini bisa jadi membuat hati terasa lebih bahagia dan bersemangat tanpa disadari. Seseorang yang menerapkan konsep hidup asal Jepang ini akan sadar alasan mereka harus memperjuangkan sesuatu dan mereka cenderung memiliki harapan.

    Cara terbaik memahami dan menemukan IKIGAI adalah dengan melihat diagram venn yang menampilkan empat elemen yang saling tumpang tindih. IKIGAI merupakan irisan dari empat elemen yang ditampilkan seperti Passion, Mission, Vocation, dan Profession. Kita dapat menemukan Ikigai dengan cara menyeimbangkan keempat elemen tersebut yang bertujuan untuk saling mengisi dalam membentuk tujuan hidup jangka panjang. Berikut ini adalah ilustrasi diagram Ikigai venn.

    ikigai
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Sayangnya, kita tidak bisa disebut telah menemukan Ikigai jika keempat aspek tersebut tidak lengkap. Jika keempat elemen tersebut dapat menyatu maka kita akan menemukan arti IKIGAI yang bisa membuat hidup penuh makna. Berikut ini adalah penjabaran mengenai elemen-elemen yang tampil di diagram venn.

    1. Passion : What You Love

    Apakah kalian pernah melakukan sesuatu hingga lelah, namun kalian tetap merasa bergairah dan bahagia? Bisa jadi itu adalah passion kalian. Passion biasa diartikan sebagai sesuatu yang kita senangi, salah satu bentuknya dapat berupa hobi.

    2. Mission : What the World Need

    Mission diartikan sebagai sesuatu yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar. Mungkin saja Mission tidak berkaitan dengan passion kita, namun bukan tidak mungkin kita dapat berkontribusi dengan hal kecil yang bisa berdampak untuk lingkungan sekitar.

    3. Vocation : What You Can be Paid For

    Uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Ungkapan ini mungkin sering kita dengar dan cukup realistis. Dalam mencapai kebahagiaan hidup uang tidak melulu menjadi tolak ukur. Namun, sebagian besar hal yang berkaitan dalam mencapai kebahagiaan tersebut ditukar dengan uang. Konsep Ikigai mengartikan vocation sebagai suatu hal yang bisa kita lakukan dan menjadi sumber pendapatan untuk kita.

    4. Profession : What You Are Good at

    Profession dianggap sebagai suatu hal yang kita kuasai dengan baik. Keahlian ini dapat didapatkan melalui pendidikan formal maupun non formal.

    Nah itu dia konsep-konsep Ikigai yang sudah Milo jabarin. Sobat Lomba sudah merasa menemukan Ikigainya belum? Atau mungkin sudah ada yang menjalankan konsep ini di kehidupan sehari-hari?

    Artikel Lainnya :

    Rekomendasi 5 Buku Self-Improvement yang Harus Kamu Baca Setidaknya Sekali Seumur Hidup

    Tidak Perlu Membaca Buku Tetap Bisa Cerdas dan Berwawasan Luas

    Generasi Z dan Segala Keunikannya, Manusia Dua Dunia!

    Latest articles

    Related articles