More

    Manfaat dan Keuntungan Mengikuti Lomba Bagi Mahasiswa

    Selain kegiatan perkuliahan pada umumnya masih banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh Mahasiswa salah satunya dengan mengikuti lomba. Mungkin beberapa dari sobat lomba sudah sering ikut lomba saat SMA. Untuk kamu yang mungkin baru ingin memulai, jangan khawatir, disini Milo ingin menambah semangat kamu dengan kasih tau manfaat dan keuntungan mengikuti lomba bagi mahasiswa.

    tipe tipe mahasiswa
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    1. Bentuk Action dari Ilmu yang Telah Dipelajari

    Dalam perkuliahan aktivitas dominan yang kamu terima adalah pemaparan materi yang disampaikan oleh dosen. Pembekalan materi dam memperbanyak pengetahuan memang sangat diperlukan oleh mahasiswa dalam memperluas wawasannya. Namun, metode paling bagus dalam memahami dan mempertahankan suatu materi yang telah kita pelajari adalah dengan action langsung.

    Sobat lomba dapat melakukan trial dalam menguji pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dengan mengikuti lomba atau kompetisi. Pilihlah kompetisi dengan tema dan lingkup tertentu yang sesuai dengan kemampuan kamu. Dari situ kamu dapat mengukur seberapa baik diri kamu jika disejajarkan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Pengaplikasian materi juga mampu membuatmu lebih paham terkait kegunaan dari apa yang telah kamu pelajari.

    2. Ajang Evaluasi Kelemahan dan Tingkatkan Keterampilan

    Mengikuti lomba akan mempertemukan kamu dengan orang-orang dengan minat yang sama. Dalam sebuah lomba tidak akan lepas dari proses penilaian, dari situlah kita bisa melihat letak kelebihan dan kelemahan yang dapat dijadikan catatan dalam peningkatan selanjutnya. Kamu juga bisa membandingkan hasilmu misalnya sebuah karya dengan karya-karya lainnya. Tambah wawasan dengan melihat dari sudut pandang lain, hal baik bisa kamu jadikan contoh kedepannya.

    3. Wadah Mengenali Potensi Diri

    Mengikuti lomba berarti berani mencoba hal-hal yang mungkin kamu belum pernah lakukan. Setiap orang memiliki potensi dalam dirinya yang perlu dicari dan digali, lomba ini bisa dijadikan wadah untuk mengetahui itu. Bukan hanya satu kemampuan saja yang perlu kamu miliki, bahkan hal-hal baru perlu dipelajari. Misalnya dalam mengikuti lomba karya tulis kemampuan kamu dalam memahami tema tidak akan cukup untuk memenangkannya, kamu perlu kemampuan kepenulisan, time management, bahkan public speaking, begitu juga dalam mengikuti lomba lainnya.

    4. Tingkatkan Leadership dan Teamwork

    Banyak jenis perlombaan mahasiswa yang memerlukan tim dan kelompok. Interaksi dengan antar anggota tim dapat mengasah kemampuan kamu dalam bekerjasama dan berkolaborasi. Untuk mengarahkan sebuah kelompok juga dibutuhkan seorang pemimpin yang baik dan mampu memahami anggota kelompoknya. Kompetisi dapat kamu jadikan kesempatan untuk meningkatkan kedua hal itu. Kerjasama yang baik akan membawa kelompok menuju tujuan yang diinginkan.

    keuntungan mengikuti lomba
    (Foto/Ilustrasi/Freepik)

    5. Perbanyak Relasi

    Bertemu banyak orang dari tempat dan daerah yang berbeda akan terjadi saat mengikuti perlombaan. Interaksi ini tidak hanya antar peseta namun juga dengan panitia, dengan interaksi sampai bertukar kontak ini dapat menambah relasi semakin luas. Semakin banyaknya relasi akan melebarkan kesempatan untuk mengenal dan bekerjasama dengan orang-orang dengan minat yang sama.

    6. Apresiasi diri dan Tambahan Uang Hadiah Kompetisi

    Usaha dan doa yang berbuah manis adalah hal yang paling menyenangkan, termasuk menjuarai lomba. Selain sarana mengembangkan dan meningkatkan aktualisasi diri, perlombaan juga memberi peluang pada mahasiswa untuk lebih mandiri dari segi finansial.

    Salah satu yang menjadi semangat menuju kemenangan lomba tidak jauh dari insentif dan apresiasi, baik yang didapat dari pihak penyelenggara maupun kampus. Insetif uang tunai yang didapat dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan dan keinginan atau pun untuk menabung dan berinvestasi sejak mahasiswa.

    Dengan mengikuti perlombaan, kita akan dapat mengetahui bahwa kita dapat melakukan hal ini dan itu. Bahkan mungkin hal-hal yang kita anggap tidak bisa melakukannya dapat diselesaikan dengan baik. Selain itu, segala daya dan upaya yang telah dikerahkan juga mendorong kita untuk menghargai diri sendiri melalui apresiasi yang diberikan, baik diri sendiri maupun orang lain.

     

    Nah, itu dia manfaat dan keuntungan mengikuti lomba bagi mahasiswa yang sebenarnya masih ada banyak lagi. Tapi Milo ingin sobat lomba menemukan lebih banyak manfaat dan keuntungannya dengan mengikuti lomba secara langsung. Jangan lupa berbagi pengalaman di kolom komentar ya!

    Artikel lainnya:

    Latest articles

    Related articles