More

    Mahasiswa, Simak 4 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris dengan Menyenangkan!

    Bahasa menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dikuasai, kemampuan berbahasa Inggris yang baik dapat meningkatkan value kamu, lho sobat lomba. Saat ini, bahasa Inggris sering digunakan dalam penyampaian informasi dan ilmu pengetahuan. Buat kamu para mahasiswa pasti akan sering dihadapkan dengan bahan belajar dengan berbahasa Inggris.

    bahasa inggris
    (Foto/Ilustrasi/Freepik)

    Selain dalam menyerap informasi, kemampuan berbicara bahasa Inggris juga akan membantu kamu dalam hal lain, misalnya jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi. Kali ini mimin lombalomba ingin membagikan tips mudah belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan yang bisa kamu lakukan di rumah.

    1. Menonton Film Berbahasa Inggris

    Menonton film adalah aktivitas yang santai dan menyenangkan. Ternyata selain untuk refreshing, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan listening-mu, lho sobat lomba! Yang perlu kamu lakukan adalah menonton film tanpa menggunakan subtitle dan fokus dengan dialog yang ada. Hal ini bisa membuatmu terbiasa dengan percakapan berbahasa Inggris. Jika terasa sulit kamu bisa mulai dengan menggunakan subtitle berbahasa Inggris, jadi selain belajar listening juga bisa memperbanyak vocabulary-mu. Ketika ada kata yang tidak dipahami kamu bisa mencatatnya kemudian cari artinya di kamus.

    2. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

    Mendengarkan musik juga menjadi kegemaran banyak orang. Hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris. Mendengarkan lagu ini bisa membantu telingamu untuk terbiasa. Sambil menikmati lagu kamu bisa menulis liriknya sesuai dengan pendengaran-mu. Ulangi beberapa kali jika ada yang dirasa kurang jelas. Mendengarkan lagu yang kita sukai berkali-kali akan terasa lebih mudah dilakukan bahkan terasa menyenangkan. Selain itu kamu juga bisa sambil memahami makna dari lagu itu sebagai bentuk latihan untuk berfikir.

    3. Mulai Kebiasaan Menulis dengan Bahasa Inggris

    Bisa dimulai dengan menulis buku harian, artikel, blog, pesan singkat, daftar belanja, to do list, atau bahkan status di sosial mediamu dengan berbahasa Inggris. Hal ini akan membuatmu terbiasa menulis dengan berbahasa Inggris. Jangan lupa untuk memerhatikan penggunaan grammar dan jangan malas memeriksa kesalahan pengejaan. Jangan malu untuk bertanya atau meminta bantuan orang lain memeriksa hasil tulisan kalian!

    4. Berlatih Speaking dengan Diri Sendiri

    Jika masih malu untuk berbicara langsung dengan orang lain, cobalah untuk berlatih berbicara bahasa Inggris dengan diri sendiri. Kamu bisa belatih berbicara di depan kaca di rumah. Hal ini akan membantumu lebih percaya diri dan membantu memperlancar conversation. Berlatih speaking membantu kamu untuk menghafal vocabulary yang telah kamu pelajari.  Jika kamu memiliki masalah pengucapan dengan kata tertentu, terus latih dirimu sampai kamu bisa mengucapkannya dengan benar.

    Nah itu dia tips mudah belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan yang dapat kamu ikuti dari rumah. Kunci dari mempelajari bahasa asing adalah ketekunan, maka dari itu harus selalu dijaga agar kemampuanmu meningkatkan !

    Artikel lainnya:

    Latest articles

    Related articles