More

    Kurikulum Merdeka : Akhir dari IPA vs IPS ?

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Kamu sering ribut masalah mana yang lebih baik, IPA atau IPS? Nah mulai tahun ajaran 2022/2023 para pelajar akan bebas dari ‘kotak-kotak’ IPA dan IPS berkat adanya kurikulum merdeka belajar yang diatur dalam Keputusan Mendikbud Ristek No. 162/M/2021 tentang Sekolah Penggerak.

    Mengenal Kurikulum Merdeka

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Merujuk BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan), kurikulum merdeka belajar adalah suatu kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Sehingga mereka dapat dengan bebas memilih pelajaran yang sesuai dengan minat bakat masing-masing.  Kurikulum ini merupakan bentuk perbaikan dari Kurikulum 2013.

    Sejak 2020 Kurikulum Merdeka Belajar telah diujicoba pada kurang lebih 2500 sekolah penggerak dan membuahkan hasil dimana sekolah yang menerapkan kurikulum ini lebih maju empat sampai lima bulan dibanding sekolah yang masih menggunakan Kurikulum 2013.

    Mulai tahun ajaran 2022/2023 Kurikulum Merdeka mulai diterapkan pada tingkat lainnya seperti TK, SD, SMP, bahkan Perguruan Tinggi. Namun, tentu penerapan kurikulum ini memiliki perbedaan di masing-masing jenjang.

    Tingkat TK

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Penerapan Kurikulum Merdeka pada tingkat PAUD/TK merujuk pada merdeka bermain. Pada tingkat ini penerapan kurikulum lebih ditekankan untuk mengajak para murid bermain sambil belajar, orientasi pembelajarannya tidak jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya.

    Tingkat SD

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Pada tingkat SD, penerapan Kurikulum Merdeka memiliki beberapa perbedaan diantaranya adalah adanya penggabungan mata pelajaran IPA dan IPS menjadi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Selain itu mata pelajaran yang masuk dalam kategori muatan lokal yaitu bahasa Inggris kini berubah menjadi mata pelajaran pilihan.

    Tingkat SMP

    kurikulum merdeka
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Tidak jauh berbeda dengan tingkat SD, penerapan Kurikulum Merdeka menyebabkan terdapat beberapa perubahan dalam mata pelajaran di tingkat ini. Jika di tingkat SD mapel bahasa Inggris berubah dari mapel wajib menjadi mapel pilihan maka mapel pilihan di tingkat SMP yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi mapel wajib.

    Tingkat SMA/SMK

    kurikulum merdeka
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Penerapan Kurikulum Merdeka di tingkat SMA mungkin akan mengakhiri adanya perseteruan antar jurusan mana yang lebih baik. Tidak ada lagi pengkotak-kotakan IPA, IPS, maupun Bahasa. Di tingkat SMK, model pembelajaran akan disederhanakan dengan penerapan 70 persen mapel kejuruan dan sisanya mapel umum.

    Selain itu, di akhir masa pendidikan para siswa dituntut untuk membuat sebuah esai ilmiah seperti mahasiswa yang harus menyelesaikan skripsi untuk lulus. Hal ini bertujuan guna mengasah kemampuan para siswa dalam berpikir kritis, ilmiah dan analitis.

    Tingkat PT

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Penerapan Kurikulum Merdeka di tingkat ini terwujud dalam Program Kampus Merdeka. Program ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk bisa belajar di luar program studinya. Kampus Merdeka menyediakan beberapa program seperti Program Magang Merdeka, Pertukaran Mahasiswa Nasional maupun Internasional, Penelitian, Studi Independen, hingga Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik untuk membangun desa.

    Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Belajar

    Setiap sesuatu di dunia ini tentu tak luput dari kelebihan dan kekurangan, begitupun dengan penerapan program yang dicetuskan oleh KEMENDIKBUD ini.

    Kelebihan yang bisa dilihat selama kurikulum ini diterapkan adalah para akademisi menjadi lebih aktif serta mendapat wadah untuk bisa mengeksplorasi diri lewat program-program yang disediakan oleh kurikulum ini. Kurikulum ini juga lebih interaktif dan relevan mengikuti perkembangan zaman.

    Disamping itu, pada beberapa hal persiapan penerapan kurikulum ini dinilai belum matang. Terlihat dari masih kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pelaksaan kurikulum ini.

    Nah, itu dia pengenalan Kurikulum Merdeka yang menjadi perbaikan dari kurikulum sebelumnya. Semoga dapat menambah pengetahuan Sobat Lomba dan nantinya terus mendukung perkembangan pendidikan di negeri kita tercinta.

    Artikel Lainnya :

    Prinsip Hidup YOLO : Positif atau Negatif Ya?

    Catat! Ini Dia Kompetisi Bergengsi Mahasiswa yang Wajib Banget Kamu Ikuti

    Rekomendasi 5 Buku Self-Improvement yang Harus Kamu Baca Setidaknya Sekali Seumur Hidup

     

    Latest articles

    Related articles