More

    Kuliah Ke Luar Negeri? 8 Hal Ini Perlu Kamu Persiapkan

    Kuliah ke luar negeri menjadi impian banyak orang khususnya para pelajar maupun mahasiswa di Indonesia. Banyak manfaat yang bisa diperoleh saat kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Mulai dari jurusan dan program studi yang beragam, lingkungan baru yang meningkatkan kompetensi kamu, memperluas koneksi, dan sebagainya. Kesempatan kuliah ke luar negeri ini juga tidak mudah untuk didapatkan semua orang.

    Saat memutuskan untuk kuliah ke luar negeri ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan agar proses perkuliahan berjalan dengan lancar. Jika kamu kuliah di luar negeri dengan beasiswa, biasanya Lembaga beasiswa akan sangat membantu persiapan ke luar negeri. Namun tidak ada salah nya untuk memperluas informasi mu terkait hal-hal yang perlu dipersiapkan apalagi jika kamu berangkat dengan biaya sendiri.

    Yuk simak beberapa tips dibawah ini!

    1. Buat Paspor dan Visa

    Langkah pertama yang wajib kamu persiapkan untuk kuliah ke luar negeri adalah memiliki paspor. Pastikan paspormu tidak kadaluarsa dalam waktu 6 bulan setelah kamu kembali ke Indonesia. Jika menggunakan paspor lama, pastikan masih terdapat halaman kosong didalamnya. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan visa yang sesuai dengan negara tujuan. Ajukan visa khusus pelajar yang memberikan keuntungan sendiri untuk pelajar.

    1. Belajar Bahasa

    Bahasa sangat dibutuhkan demi kelancaran perkuliahan dan kehidupanmu selama kuliah di luar negeri. Jika negara tujuanmu tidak menggunakan bahasa Inggris dalam sehari-harinya, kamu perlu belajar bahasa negara tersebut pula walaupun terdaftar dalam universitas yang berbahasa pengantar bahasa Inggris. Hal ini memudahkan kamu untuk beradaptasi dan melakukan aktivitas sehari-hari. Kamu bisa mengambil kursus bahasa ataupun sekedar belajar sendiri kalimat-kalimat umum yang sering dibutuhkan.

    1. Pelajari Budaya

    Menghindari culture shock atau gegar budaya tidak ada salahnya untuk mempelajari terlebih dahulu budaya di negara tujuan. Ingat ya, kuliah ke luar negeri bukan berarti kamu hanya berada di lingkungan akademis tapi juga masyarakatnya. Setiap negara memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Mempelajari budaya sebelum berangkat kuliah ke negara tujuan akan sangat memudahkan kamu dalam beradaptasi.

    1. Pelajari Akses Transportasi

    Cari tahu bagaimana akses transportasi untuk menuju tempat penting, seperti universitas, asrama, rumah sakit, tempat belanja, dan kedutaan besar Indonesia. Pelajari juga apa saja yang perlu dipersiapkan agar bisa menggunakan transportasi umum dari negara tujuan. Cara ini bisa mencegah kamu agar tidak tersesat.

    1. Cari Tempat Tinggal

    Tempat tinggal saat kuliah ke luar negeri idealnya berlokasi tidak jauh dari universitas. Jika universitas mempunyai asrama kamu boleh mencoba mendaftar disana terlebih dahulu. Tempat tinggal yang nyaman juga membantumu untuk beradaptasi dan mengikuti perkuliahan dengan baik. Usahakan kamu telah menemukan tempat tinggal ini beberapa bulan sebelum masuk kuliah.

    1. Menyiapkan Dokumen Penting

    Tiket pesawat, paspor, visa, asuransi, dan dokumen penting lainnya harus sudah benar-benar disiapkan. Buat Salinan (fotocopy) digital dan kertas dari semua dokumen penting. Simpan di tempat yang berbeda dalam tas yang aman namun mudah di keluarkan saat dibutuhkan. Selain itu, tinggalkan pula salinan dokumen penting di rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    1. Membawa Barang yang Benar-Benar Diperlukan Saja

    Meskipun akan kuliah untuk waktu yang lama di luar negeri, pastikan barang yang dibawa hanya yang benar-benar diperlukan saja. Terlalu banyak membawa barang justru akan merepotkan kamu dalam menyususn dan membawanya. Bawa baju secukupnya, obat-obatan pribadi, perlengkapan pribadi, kamus, dan buku kuliah jika diperlukan. Kamu akan tetap membeli barang-barang lain setibanya di negara tujuan untuk memenuhi kebutuhan.

    1. Beri Tahu Bank Terkait Keberangkatan Kamu ke Luar Negeri

    Rencana keberangkatan ke luar negeri ini perlu kamu beritahukan ke bank untuk mencegah resiko kartu terblokir. Karena, bank akan mengira adanya penipuan dan menandainya jika tidak diberi pemberitahuan sebelumnya.

    Nah, itu dia 8 yang perlu disiapkan sebelum berangkat kuliah ke luar negeri. Gapai mimpimu dengan kuliah di negara impian.

     

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles