Uncategorized

Kiat Mudah Belajar Bahasa Inggris

Selama ini banyak dari kita belajar bahasa Inggris di sekolah dengan fokus pada grammar dan vocabulary. Singkatnya kita seperti belajar bahasa tapi malah belajar jenis pengetahuan lainnya dan kamu akan di tes lewat ujian, bisa dibilang kamu hanya belajar untuk ujian. Padahal kegunaan sebenarnya dari belajar bahasa asing adalah agar dapat berkomunikasi, sehingga ketika ada orang yang berbicara dengan bahasa inggris kamu dapat mengerti.

Nah, dalam mencari metode belajar bahasa agar sesuai dengan tujuan yang sebenarnya, kita bisa berguru dengan bayi. Pernah ga sih? Kamu lihat bayi belajar grammar dari buku atau bertanya tentang struktur kalimat seperti subjek-objek? Jawabannya adalah tidak. Bayi belajar bahasa dengan cara mendengarkan orangtuanya, dia akan mengamati pola-pola bahasa dan mencoba berbicara sehingga orangtuanya yang akan memberitahu kata-kata yang benar seperti apa sehingga akhirnya si bayi menjadi tahu bagaimana menyusun kata-kata yang enak didengar dan orang lain mengerti. Yups! Ternyata kita belajar bahasa secara alami dengan cara mendengar dan yang paling penting proses belajar bahasa ini dilakukan setiap harinya. Dari sinilah kita bisa menggeser metode belajar kita dari belajar speaking dan listening lalu belajar speaking dan listening menjadi belajar speaking dan listening baru belajar grammar dan vocabulary dan hal ini harus dibuat menjadi kebiasaan.

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Menurut Susanna Zaraysky seorang polygon yang berbicara tiga bahasa mengatakan bahwa “bahasa adalah musik” dia mneyarankan orang-orang yang mau belajar bahasa asing untuk banyak-banyak mendengarkan lagu. Dengerin saja lagu-lagu bahasa Inggris sampai kamu hafal dan bisa menyanyikan kemudian cari tahu maksudnya dari kata-kata lagu tersebut.

Nonton Film Bahasa Inggris

Selain melalui suara, kita juga sering mengamati melalui mimik muka dan cara berbicara dari orang lain, karena bahasa itu bukan hanya sekedar suara dan kata-kata tapi juga bahasa tubuh. Nah, dengan menonton film kamu tidak hanya bisa mengamati kalimat apa yang diucapkan tapi juga mengamati ekspresi dari pengucapan kalimatnya dan selama menonton film pakailah subtitle bahasa inggris supaya kamu tahu bagaimana cara mengatakan suatu kata. Setelah itu, baru deh cari-cari artinya jika kamu tidak mengerti dengan kata-kata yang terdapat dalam film.

Cari Teman Ngobrol Bahasa Inggris

Sama seperti olahraga kita berbicara juga butuh koordinasi otot, kita butuh latihan berbicara sampai orang lain mengerti maksud dari apa yang kita bicarakan. Nge-biasain otot kita ngomong bahasa Inggris dan di sinilah pentingnya punya guru atau tutor yang merupakan native speaker atau penutur asli karena dialah yang akan menjadi orangtua bahasa Inggris kamu seperti orangtua kamu yang sudah mengajari bahasa ibu. Nah, udah tuh ajak dia ngobrol secara rutin, bisanya teman ngobrol ini tidak akan mengoreksi kalimat kamu dia akan mencoba memahami apa yang kamu bicarakan dan mengecek dengan menanyakan lagi ke kamu pakai bahasa yang kamu mengerti.

Tinggal di Negara yang Berbahasa Inggris

Ini adalah tips paling ampuh. Jika orang-orang disekitar kamu mengerti bahasa inggris maka secara otomatis kamu akan belajar dengan ekstra karena kalau kamu tidak bisa menyampaikan apa maksud kamu bisa-bisa kamu tidak makan, tidak bisa beli barang-barang, tidak bisa kerja atau sekolah dan lain-lain. Yang penting kamu harus bener-bener memakai bahasa Inggris dan ngobrol dengan orang-orang asing tersebut, kan percuma jika kamu tinggal di lingkungan yang berbahasa Inggris tetapi kamu hanya mau berbicara dengan orang-orang Indonesia aja.

Pakai Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Jika mencari teman berbicara dan tinggal di negara berbahasa inggris dirasa terlalu sulit, kamu bisa mencari aplikasi-aplikasi yang memungkinkan kamu berbicara dengan native speaker secara rutin. Salah satu aplikasi yang menurut mimin bagus adalah Cambly kamu bisa ngobrol dan terhubung dengan tutor yang merupakan native speaker dari US, Canada, UK dan Australia serta negara lainnya kamu bisa pilih topiK tertentu dan video chat dengan mereka secara privat kapan pun. Selain Cambly, ada juga Duolingo, U-Dictionary, Cake dan lain-lain. Kamu bisa dengan mudah mendownload aplikasinya melalui google play store atau appstore secara gratis.

Nah, itu dia tadi tips bagi kamu yang akan belajar bahasa inggris atau bahasa asing. Kamu bisa terapkan tips di atas untuk meng-upgrade terus kemampuan bahasa kamu. Yang terpenting selalu konsisten dan jangan patah semangat yaa! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker