More

    Kiat Menjaga Kebersihan Kamar Mandi Agar Bersih & Nyaman

    Kamar mandi merupakan komponen penting yang ada dirumah kita dalam menjaga kebersihan diri. Namun kamar mandi juga menjadi salah satu tempat favorit bagi kuman dan bakteri bersarang apabila dibiarkan lembab dan tidak terawat. Oleh sebab itu, kita harus menjaga kebersihan kamar mandi dengan rutin membersihkannya.

    kebersihan kamar mandi
    (Foto/Ilustrasi/Freepik)

    Kebersihan kamar mandi dipengaruhi oleh desain kamar mandi, perawatan kebersihan, dan jenis air yang digunakan. Inilah kiat-kiat menjaga kebersihan kamar mandi dengan efektif agar bersih dan nyaman.

    1. Upayakan Lantai Kamar Mandi Selalu Bersih

    Lantai kamar mandi harus tetap dijaga dalam kondisi bersih, jika memungkinkan kamu perlu menyikatnya setiap hari. Sikat kamar mandi setiap hari sekali misalnya setelah mandi pagi atau sore hari sesuai dengan kesempatan kamu. Karena sumber kotor kamar mandi paling banyak berasal dari lantai, percikan air dari lantai yang kotor dapat membuat dinding lebih cepat kotor. Dengan sering menyikat lantai juga memudahkan kamu dalam membersihkannya karena belum banyak kotoran yang mengendap maupun mengering di lantai. Lantai yang bersih juga dapat memperkecil kemungkinan kamu dari bahaya yang sering terjadi di kamar mandi misalnya ancaman terpeleset karena lantai yang licin dan berlumut.

    2. Pastikan Lantai Kering Saat Tidak Digunakan

    Kiat menjaga kebersihan kamar mandi selanjutnya masih membicarakan tentang lanai kamar mandi. Saat tidak digunakan pastikan lantai kering sehingga tidak ada air yang tergenang. Kamu juga bisa memastikan keran air sudah tertutup agar tidak membiarkan air terus mengalir terbuang. Karena, air yang menggenang maupun terus mengalir dapat menimbulkan endapan yang menumbuhkan lumut.

    Air dengan jenis tingkat mineral tinggi berpotensi lebih mengotori lantai karena saat bersentuhan dengan udara mineral dalam air akan mengendap. Desain kamar mandi juga mempengaruhi potensi endapan air yang terjadi dilantai, jika tempat pembuangan berada dalam kemiringan yang pas air pun tidak akan menggenang. Selain itu, pastikan tempat pembuangan air tidak tersumbat.

    3. Menjaga Kebersihan Dinding dan Bak Mandi

    Kembali pada kiat pertama, pembersihan dinding di sesuaikan dengan kondisi. Kamu bisa membersihkan dinding kamar mandi setiap 3 hari sekali atau bahkan seminggu sekali jika kondisi lantai sudah terjaga. Begitu juga dengan bak mandi, pembersihan bak mandi disesuaikan dengan jenis air yang digunakan di rumah. Kamu bisa menggunakan produk kebersihan yang cocok untuk memudahkan kamu dalam membersihkan dinding dan bak kamar mandi.

    4. Menjaga Kebersihan Kloset agar Tidak Menimbulkan Bau

    Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan adalah membasahi bagian dalam kloset sebelum digunakan agar kotoran tidak menempel, kemudian bilas sampai dapat dipastikan tidak ada sisa kotoran yang menempel (kalau perlu disikat dengan sikat khusus). Pastikan air yang tersisa bening atau bersih tanpa meninggalkan bau. Sebaiknya kloset ditutup setelah digunakan. Hal ini berlaku untuk kedua jenis kloset baik duduk maupun jongkok agar kamar mandi selalu terjaga.

     

    Begitulah kiat-kiat  menjaga kebersihan kamar mandi dengan efektif agar bersih dan nyaman. Selamat mencoba!

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles