More

    Kiat-Kiat Mengenal Diri Sendiri

    Seringkali kita hidup untuk memenuhi ekspetasi orang lain sehingga membuat kita terkadang merasa asing dalam memahami diri sendiri. Mengenal kehidupan sendiri merupakan hal utama untuk menjalani kehidupan dengan bahagia.

    kiat mengenal diri
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Ketika kita tidak mengenal diri sendiri, maka akan muncul rasa bosan untuk menjalaninya. Kita seperti tidak memiliki acuan jelas mengenai tujuan hidup yang ingin digapai. Padahal mengenal diri sendiri dapat membuka potensi besar untuk dirimu agar terus berkembang dan mengubah kekurangan menjadi kekuatan. Dengan mengenal baik dirimu maka tujuan hidup akan lebih terarah.

    Opini-opini yang menganggu telinga di lingkungan sekitar dapat kamu musnahkan dengan upaya mengenal dan memahami diri sendiri. Hal ini dapat mendorong potensi terbaik yang kamu miliki dalam dirimu.

    Tapi gimana ya caranya untuk dapat mengenal diri sendiri sehingga kita dapat menggali potensi yang ada di dalam diri agar nantinya bisa lebih memahami kepribadian dalam menghadapi tantangan kehidupan ini? Yuk, kita bahas bareng-bareng!

    Ini Dia Cara untuk Mengenal Diri Sendiri :

    1. Kenali Kelebihan dan Kekurangan Dirimu

    Cara paling mudah dan efektif yang dapat kamu lakukan ketika hendak mengenali kelebihan dan kekurangan dirimu adalah merenung. Setelah itu kamu dapat mencatat kekurangan dan kelebihan yang kamu sadari untuk kemudian dievaluasi setelahnya. Hal ini penting sebagai langkah awal dalam mengenali diri sendiri. Dengan begitu kamu dapat memahami langkah yang tepat sesuai dengan kelebihan yang kamu miliki serta menyiasati kekurangan.

    2. Ikuti Kata Hati

    Terkadang pendapat ataupun masukan dari orang-orang disekitar mempengaruhi keputusan dalam menjalani hidup sehingga tidak jarang kita mengabaikan sesuatu yang berasal dari dalam hati. Padahal kata hati yang kita abaikan sebelumnya muncul untuk mengarahkan pada tujuan hidup yang lebih baik. Kamu harus lebih berani untuk mendengarkan kata hatimu agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

    3. Minta Pendapat Orang Lain Terkait Dirimu

    Meminta pendapat orang lain mengenai dirimu merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengenal diri. Kamu dapat meminta orang-orang terdekat lebih dulu untuk memaparkan opini mereka tentang dirimu sehingga kamu dapat mengetahui bagaimana gambaran dirimu melalui perspektif orang lain. Jangan berkecil hati ketika kamu mendapatkan pandangan negatif dari mereka, sebaliknya kamu bisa menerimanya dan fokus untuk mengasah kelebihan yang kamu punya.

    4. Cari Tahu Nilai Hidup Seperti Apa yang Ingin Kamu Pegang

    Memiliki nilai hidup yang pasti akan menentukan langkah kamu kedepannya serta memberikan gambaran akan jadi seperti apa kamu di masa depan nanti. Untuk itu kamu wajib mencari tahu nilai hidup seperti apa yang ingin kamu pegang sebagai prinsipmu untuk bisa melangkah ke arah yang lebih positif.  Jangan takut untuk berpegang teguh pada prinsip yang kamu pegang selagi tidak merugikan orang lain.

    5. Sadari dan Pahami Posisi Kamu dalam Kehidupan

    Memahami dan menyadari posisimu dalam hidup dapat memudahkan kamu mengenal diri sendiri tanpa harus menjadi palsu hanya untuk memenuhi ekspetasi yang tidak sesuai dengan realitas.

    Nah, itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan sebagai upaya untuk mengenal diri sendiri. Setelah Milo jabarin jangan lupa untuk diterapkan ya, Sobat Lomba. Semoga bermanfaat!

    Artikel Lainnya :

    Awali Perkuliahan: 5 Sifat yang Harus Dimiliki oleh Mahasiswa

    Situs Cari Jurnal Gratis untuk Referensi Paper Kamu

    Bukan Cuma Dia, Ini 5 Objek Luar Angkasa Paling Cantik yang Harus Kamu Tahu

     

     

    Latest articles

    Related articles