Ketahui 3 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2022

24
0

Mengemban ilmu di universitas terbaik menjadi incaran setiap orang karena lingkungan yang kondusif dan kualitas pengajar yang baik meningkatkan performa kita dalam belajar. Quacquarelli Symonds World University Rangking (QS WUR) merupakan publikasi tahunan peringkat yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds. Skor QS WUR dinilai berdasarkan 6 indikator penilaian, yaitu Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Faculty, Faculty/Student Ratio, International Faculty Ratio, International Student Ratio. Ini dia 3 universitas terbaik di Indonesia versi QS WUR pada tahun 2022.

 

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

universitas terbaik indonesia
(Foto/Ilustrasi/Google)

Dimulai dari UGM yang berada pada peringkat 254 dunia. Universitas ini menawarkan berbagai program meliputi program sarjana, pascasarjana, profesi, spesialis, dan diploma. Memiliki 18 fakultas dan beberapa menyelenggarakan program internasional baik pada program sarjana maupun pasca sarjana. Selain fasilitasnya, UGM banyak diminati karena letaknya yang berada di kota Yogyakarta dengan lingkungan yang mendukung nuansa akademik sehingga di sebut sebagai kota pelajar. Selain itu kita bisa kuliah sambil wisata dan belajar budaya. Banyak tokoh terkenal juga yang lulusan UGM seperti Sapardi Djoko Damono.

 

2. Universitas Indonesia (UI)

(Foto/Ilustrasi/Google)

Merupakan universitas yang paling dikenal di Indonesia, UI masuk pada peringkat 290 dunia. Terdiri dari 15 Fakultas, 2 sekolah, dan program vokasi dengan akreditasi A perguruan tinggi. Kampus dengan almamater kuning ini awal mula di bangun dikhususkan pada ilmu kedokteran oleh pemerintah kolonial Belanda. Fasilitas kampus, lingkungan belajar, dan jaringan alumni yang tidak perlu diragukan lagi, akses yang mudah dicapai dengan transportasi umum juga menjadi alasan banyak orang yang memilih masuk ke Universitas Indonesia ini.

 

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

(Foto/Ilustrasi/DokumenITB)

Mendapatkan peringkat 303 dunia, Institut Teknologi Bandung merupakan sekolah tinggi Teknik pertama di Indonesia yang dibangun pada tahun 1959 di Jawa Barat. Terdiri dari 12 fakultas dan sekolah yang tidak hanya fokus pada bidang sains dan rekayasa, namun juga seni dan bisnis manajemen.  ITB memiliki tiga kampus yaitu ITB Kampus Ganesha yang terletak di Kota Bandung, ITB Kampus Jatinangor yang terletak di Sumedang, dan ITB Kampus Cirebon yang terletak di Cirebon.  Sama seperti kampus-kampus terbaik lainnya ITB juga pernah dimasuki oleh sejumlah tokoh pemimpin seperti Soekarno dan Bj Habibie.

 

Itulah 3 Universitas terbaik di Indonesia yang sudah perlu diragukan lagi fasilitas dan kualitas pengajarnya. Setiap universitas memiliki keunggulan nya masing-masing yang dapat menjadi pertimbangan sobat lomba jika ingin bergabung didalamnya. Tapi perlu diingat dimanapun kita mengemban ilmu, kualitas diri lah yang sangat perlu ditingkatkan. Jadilah mahasiswa yang berkualitas dan mengharumkan almamater serta bangsanya.

Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *