Foods

Kenalan Makanan Rekomendasi Jokowi: Mulai dari Gudeg Jogja sampai Bipang Ambawang

Dalam rangka memperingati Hari Bangga Buatan Indonesia kemarin (8/05/21) Presiden Jokowi menyeru masyarakat Indonesia untuk membeli beberapa jenis makanan kuliner melalui media online. Dalam pidatonya Jokowi menyebutkan beberapa makanan kuliner khas Indonesia diantaranya adalah Pempek Palembang, Gudeg Jogja, Bandeng Semarang, Siomay Bandung sampai Bipang Ambawang yang menjadi sorotan masyarakat Indonesia.

Dalam sebuah video cuplikan stasiun tv swasta presiden jokowi mempromosikan sejumlah makanan lokal yang bisa dipesan oleh masyarakat yang tidak bisa bepergian selama larangan mudik Idul Fitri tahun ini.

“Untuk Bapak Ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online,” ujar Jokowi.

Bagi masyarakat yang rindu mudik dan membawa oleh-oleh, Jokowi menyarankan untuk membelinya secara online.

“Yang rindu makan gudeg jogja, bandeng semarang, siomay bandung, pempek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan dan makanan kesukaan akan diantar ke rumah,” kata dia dalam cuplikan video.

Sebenarnya apa saja sih kuliner Indonesia yang direkomendasikan itu? Mari kita simak beberapa makanan khas Indonesia rekomendasi dari Jokowi sebagai menu bagi kamu yang rindu mudik tahun ini.

Gudeg Jogja

Gudeg Jogja adalah makanan khas Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tempe, tahu dan sambal goreng krecek.

Bandeng Semarang

Bandeng Semarangadalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto. Karena ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri, bandeng presto adalah makanan yang digemari karena dengan cara masak presto duri-duri ini menjadi sangat lunak.

Siomay Bandung

Siomay merupakan makanan khas Bandung yang sudah dikenal dan terdapat di berbagai daerah. Sajian kuliner yang terdiri dari siomay, bakso tahu, kol rebus, pare, kentang dan telur menjadikan makanan ini digemari banyak orang. Selain rasanya yang enak dengan tambahan bumbu kacang sebagai pelengkapnya.

Pempek Palembang

Pempek atau empek-empek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut yang dicampur tepung kanji atau tepung sagu serta komposisi beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, dan garam. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Pempek sering disebut sebagai makanan khas Palembang.

Bipang Ambawang

Bipang ambawang adalah salah satu hidangan khas Kalimantan Barat. Hidangan ini berbahan dasar daging babi kampung muda seberat 10 hingga 20 kilogram yang diolah dengan cara dipanggang di atas arang. Bipang ambawang biasa dihidangkan dengan sambal antuha yang berbahan dasar terasi dan perasan jeruk.

Nah, itu dia beberapa kuliner khas Indonesia yang mungkin bisa kamu coba untuk menemani kerinduan kamu akan kampung halaman. Mulai dari Gudeg Jogja sampai Bipang Ambawang mana nih yang kira-kira mnejadi menu favorit kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker