More

    4 Jenis Pekerjaan Digital yang Bisa Dipelajari Secara Otodidak

    Hi, Inisiators! Kalau kamu udah baca artikel tentang jenis pekerjaan digital ini, itu artinya kamu adalah salah satu pengguna internet dari total 134 juta pengguna lainnya yang ada di seluruh Indonesia. Nah, dengan jumlah orang sebanyak itu, dunia internet atau yang lebih kita kenal dengan dunia digital, akhirnya menghadirkan berbagai jenis pekerjaan baru di era digital.

    Jenis pekerjaan di era digital ini sebagian besar adalah merupakan jenis pekerjaan yang membutuhkan skill khusus dengan proses dan waktu belajar yang cukup panjang.

    Namun, ada juga jenis-jenis pekerjaan digital lainnya, yang tidak kalah bergengsi dan memiliki gaji yang tinggi, dan bisa kamu pelajari secara otodidak atau tanpa perlu hadir di kelas secara resmi.

    Nah, mau tau apa aja jenis pekerjaan digital yang bisa kamu pelajari secara otodidak? Tanpa banyak bincang-bincang lagi, langsung aja kita check it out, gengs!

    Jenis Pekerjaan Digital di Bidang Marketing

    Yap! Dari sekian banyak profesi di dunia digital, bidang digital marketing merupakan bidang yang paling banyak dibutuhkan namun juga termasuk yang paling mudah untuk dipelajari dengan materi-materi berkualitas yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

    #1 Content Strategist

    Content strategist adalah sebuah pekerjaan dalam digital marketing yang bertanggung jawab untuk melakukan riset, menentukan kebutuhan konten, hingga memilih platform yang tepat untuk mendistribusikan konten-konten tersebut.

    Pekerjaan digital ini juga akan fokus pada beberapa hal, mulai dari perencanaan konten, pengembangan, desain, produksi, hingga analisis.

    Berdasarkan deskripsi yang dijelaskan oleh Celarity, pekerjaan content strategist sangat bervariasi dan tergantung pada kebutuhan perusahaan atau organisasi tempatnya bekerja.

    Misalnya ada yang fokus pada pengembangan konten dan pemasaran serta ada juga yang lebih menekankan pada kemampuan analisa dan keahlian teknis lainnya.

    Jika kamu ingin tahu lebih banyak seputar Content Strategist, kamu dapat membaca artikelnya di sini.

    #2 Social Media Specialist

    Social Media Specialist adalah sebuah pekerjaan digital marketing yang bertanggung jawab dalam proses merencanakan, menciptakan, dan membuat strategi yang diterapkan di berbagai platform media sosial sebuah perusahaan.

    Seorang Social Media Specialist harus mengerti dalam menyesuaikan konten tersebut ke setiap jenis media sosial. Tujuan dari pembuatan konten ini adalah untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat marketing online, dan mendorong angka penjualan perusahaan menjadi lebih baik lagi, Inisiators.

    Pembuatan konten harus kreatif agar pesan atau promosi yang ingin disampaikan dapat menarik minat pembeli. Social Media Specialist harus terus berinovasi agar konten tetap menarik dan tidak membosankan.

    Hubungan baik dengan pelanggan juga harus dijaga demi mempertahankan konsumen dan memperoleh konsumen baru. Nah, kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar Social Media Specialist, kamu dapat membaca artikelnya di sini.

    #3 Copywriter/Content Writer

    Sebenarnya, Copywriter dan Content Writer merupakan 2 jenis pekerjaan digital yang cukup berbeda. Hanya, saja karena keduanya membutuhkan kemampuan menulis yang relatif sama-sama tinggi, maka disini kita masukkan dalam kategori yang sama.

    Untuk perbedaannya sendiri, Copywriter adalah orang-orang yang menulis artikel atau konten untuk kebutuhan komersil. Komersil di sini bisa untuk mengiklankan sebuah produk atau jasa. Selain itu, kebutuhan komersil lainnya bisa untuk branding.

    Secara sederhana, menurut Forgebit, copywriter adalah sosok yang menulis untuk materi marketing dan iklan.

    Saat ini, tidak hanya industri kreatif saja yang memerlukan jasa seorang copywriter. Hampir semua perusahaan memerlukan jasa mereka untuk menjual produk atau mempromosikan perusahaan itu sendiri.

    Hasil tulisan dari seorang copywriter biasanya muncul di beragam platform seperti website perusahaan, sosial media, dan juga iklan televisi. Untuk lengkapnya, kamu bisa cCari tau apa aja yang dibutuhkan oleh seorang Copywriter/Content Writer, dengan membaca artikelnya di sini.

    #4 SEO/SEM Specialist

    Seperti namanya, search engine optimization berarti optimisasi mesin pencarian. Pekerjaan SEO specialist berkutat pada optimisasi mesin pencarian untuk hasil pemasaran yang lebih baik, sesuai ujaran Brain Station.

    Pada dasarnya profesi ini memiliki tanggung jawab untuk mengatur strategi konten yang akan di-post. Konten tersebut akan diisi oleh keyword atau phrase tertentu.

    Sehingga dapat meningkatkan traffic website perusahaan, serta meningkatkan ranking pencarian tentang perusahaan di berbagai macam mesin pencarian.

    Tak hanya itu, ia juga harus memiliki pengetahuan tentang SEO copywriting, desain layout, serta teknik iklan yang dapat meningkatkan traffic website dengan maksimal.

    SEO Specialist juga harus bisa menangani search engine marketing yakni teknik marketing melalui mesin pencarian populer seperti Google, Yahoo, dan Bing untuk memaksimalkan profit. Jika kamu ingin tahu lebih banyak seputar Social Media Specialist, kamu dapat membaca artikelnya di sini.

    Jenis Pekerjaan Digital Lainnya

    Selain 4 pekerjaan di atas, berbagai jenis pekerjaan digital lainnya yang juga memiliki angka kebutuhan yang tinggi adalah Data analyst and scientist, Big data specialist, Artificial intelligence dan machine learning specialist, Renewable energy engineer, Process automation specialist, Internet of things (IoT) specialist, dan lain sebagainya.

    Gimana, gengs? Udah siap untuk mulai membangun skill dan karir kamu dalam dunia internet yang semakin menjanjikan di masa yang akan datang? Kalau suka dengan artikelnya, jangan lupa share ke temen-temen kamu ya. Dan jika punya masukan atau saran, boleh banget kasi tau kita di email hi@blog.lomba.id

    Selamat melanjutkan aktivitas, gengs! Semoga kamu sehat, semangat dan bahagia selaluuu~ ^o^9

    Latest articles

    Related articles