More

    Ini Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

    Buah duku dikenal dengan nama latin Lansium parasiticum berasal dari Asia Tenggara. Buah ini hanya tumbuh subur di bulan-bulan tertentu alias memiliki musim. Buat kamu belum terlalu kenal dengan duku, ini manfaat buah duku untuk kesehatan.

    Biasanya di sepanjang bulan Februari hingga April, duku akan berbuah ranum dan banyak dijual di pasaran. Buah dengan bentuk bulat kecil ini diselimuti kulit yang mudah dikupas dan berwarna kekuning-kuningan. Jika sudah matang, rasanya manis dan enak.

    Selain itu rasanya yang nikmat, buah duku juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja? Berdasarkan data pangan dari Kemenkes RI, inilah manfaat duku bagi kesehatan. Yuk simak ulasannya.

    1. Sumber Vitamin B dan C

    Duku mengandung vitamin B seperti thiamin, riboflavin, dan niacin. Vitamin B berguna untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keseimbangan fungsi sistem saraf. Ditambah dengan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak dalam tubuh.

    2. Tinggi Kandungan Anti Oksidan

    Buah duku juga termasuk sebagai sumber antioksidan alami, seperti polifenol. Antioksidan ini dapat membantu tubuh memecah radikal bebas yang biasanya menyebabkan kerusakan sel, pemicu penyakit, dan penuaan dini.

    3. Solusi Gangguan Pencernaan

    Manfaat lain buah duku adalah kaya akan serat. Hal ini dapat membantu seseorang yang mengalami gangguan pencernaan. Oleh karena itu, kamu dirokemendasikan mengonsumsi buah duku karena dalam 100 gram buah duku terkandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan.

    4. Kulit Duku Bisa untuk Obat Malaria

    Menurut penelitian, buah duku juga dapat dijadikan sebagai obat, salah satunya obat malaria. Kandungan dalam ekstrak kulit buah duku dapat melawan strain parasit penyebab malaria.

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles