More

    Ini Lomba Bergengsi yang Wajib diikuti Pelajar SMP/SMA!

    Salah satu manfaat mengikuti kompetisi adalah untuk menambah wawasan serta pengalaman. Tulisan kali ini akan membahas kompetisi yang bisa kamu ikuti baik pelajar SMP atau SMA. Kompetisi-kompetisi ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari sertifikat atau piagam guna bekal tambahan masuk ke jenjang pendidikan berikutnya.

    Sebenarnya ada banyak kompetisi yang bisa diikuti oleh pelajar SMP ataupun SMA, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi sesuai dengan minat kamu loh! Berikut beberapa kompetisi bergengsi yang bisa kamu ikuti.

    Olahraga

    Olahraga

    Yang pertama adalah kompetisi olahraga, bagi kamu pelajar SMP ataupun SMA yang menyukai bidang Olahraga kamu bisa mengikuti Pekan Olahraga Tingkat Daerah (POPDA). Banyak sekali cabang bidang olahraga dalam kompetisi ini seperti voli, bola, lempar cakram, renang, badminton, tenis meja dan lain-lain. jika kamu ingin mengikuti POPDA sebaiknya kamu mengikut ekstra kulikulernya terlebih dahulu. Contohnya jika kamu ingin ikut pertandingan voli maka kamu harus terlebih dahulu mendaftarekstra kulikuler voli, kemudian guru lah yang akan memfasilitasi kamu untuk masuk keperlombaannya.

    Karya Seni

    Yang kedua adalah kompetisi karya seni, bagi kamu yang manyukai dunia seni kamu bisa mengikuti FLS2N atau Festival Lomba Seni Siswa Nasional. Dalam FLS2N memperlombakan semua hal terkait seni mulai dari menggambar, melukis, menyanyi, menari, public speaking, pidato dan lain-lain. Jadi, jika kalian mempunyai bakat dibidang seni baik seni rupa, seni musik, seni gerak, seni sastra dan seni yang lainnya wajib untuk mengikuti FLS2N.

    Biasanya di sekolah-sekolah akan mengadakan rekruitmen sebelum perlombaan, oleh karena itu sebaiknya bagi kamu yang ingin mengikuti perlombaan ini bertanya terlebih dahulu dengan guru yang ada di sekolah kamu ya. Sama seperti pekan olahraga FSL2N juga merupakan kompetisi berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

    Penelitian

    Penelitian
    Business performance analysis with graphs

    Bagi kamu yang kreatif dan menyukai ilmu sosial, politik atau ilmu alam kamu bisa mengikuti kompetisi penelitian. Penemuan sosial dan penemuan obat-obatan semuanya ada disini. Salah satu perlombaan yang paling bergengsi dari lomba penelitian adalah LKIR atau Lomba Karya Ilmiah Remaja yang diadakan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), setiap tahunnya dibarengi dengan lomba National Young Inventors Award (NYIA) yang juga diadakan oleh LIPI.

    Ini merupakan kompetisi bergengsi karena tidak ada tingkat kabupaten dan provinsi jadi langsung ke nasional. Menariknya lagi kompetisi ini berlanjut sampai dengan tingkat Internasional. Cara mengikuti kompetisi ini adalah dengan mengajukan proposal langsung ke LIPI dan akan diseleksi langsung oleh LIPI dari seluruh Indonesia sehingga nantinya yang lulus masuk ke nasional tersisa hanya 30-50 peserta saja.

    Selain LKIR ada juga lomba penelitian yang diadakan oleh kementrian pendidikan yaitu OPSI (Olimpiade Penelitian siswa Indonesia). OPSI juga merupakan kompetisi penelitian bergengsi karena akan lanjut sampai ke jenjang Internasional. Nah kompetisi LKIR, National Young Inventors Award dan OPSI merupakan kompetisi ilmiah yang diadakan oleh pemerintah, sedangkan yang diadakan oleh swasta ada banyak sekali.

    Baca Juga : Tips Lolos SBMPTN 2022, Tanpa Bimbel!

    Nah! itu dia kompetisi yang bisa kamu ikuti bagi pelajar SMP maupun SMA. Karena kegiatan belajar-mengajar itu tidak hanya sebatas di dalam kelas kita harus bisa mengeksplor dunia ini lebih luas lagi untuk mendapatkan piagam atau sertifikat guna mendukung nilai kita.

    Selain itu kamu juga bisa mendapatkan relasi dan teman dari seluruh Indonesia. Berbicara mengenai piagam dan sertifikat nih, bisa banget kamu manfaatin untuk masuk keperguruan tinggi impian bagi kamu pelajar SMA, dan bisa kamu manfaatin untuk masuk ke SMA favorit bagi kamu pelajar SMP. Intinya mengikuti kompetisi itu tidak ada ruginya sob!

    Baca Juga : Mengenal FOMO dan JOMO, Kamu Termasuk yang Mana?

    Latest articles

    Related articles