More

    Info Penting Buat Maba! Hal yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa di Awal Kuliah

    Memasuki dunia perkuliahan akan berbeda dengan bangku sekolah. Pergantian itu juga menunjukkan bahwa kamu sudah naik satu tingkat lagi menuju kedewasaan. Sudah pastinya akan ada hal-hal yang perlu dipersiapkan agar kamu tidak terkejut dan dapat menjalani kuliah ini dengan baik. Oke, langsung saja berikut yang perlu kamu persiapkan sebagai maba di awal perkuliahan.

    dipersiapkan
    (Foto/Ilustrasi/Unplash)

    1. Gadget Penunjang Perkuliahan Perlu Dipersiapkan

    Sekarang ini, semua hal sudah dapat dijalani melalui online. Ditambah lagi dengan efek pandemi hal utama yang harus dipersiapkan adalah gadget. Perkuliahan pada umumnya dijalankan secara online oleh karena itu gadget memegang peran penting didalamnya. Gadget yang kamu miliki harus dipastikan bisa membantu kamu untuk menyelesaikan seluruh tugas yang ada pada saat kamu kuliah.

    Sesuaikan spesifikasi laptop dengan kebutuhan kamu. Paket data internet penting untuk dipersiapkan, karena semua serba online informasi di sebar melalui online. Akan banyak grup Whatsapp maupun telegram sebagai wadah menyebar informasi.

    2. Memiliki Buku Referensi Perkuliahan

    Selain gadget, kamu juga wajib untuk memiliki buku referensi perkuliahan. Di semester awal biasanya bertemu mata kuliah dasar seperti Bahasa Indonesia, kewarganegaraan, dan kuliah pengantar. Kamu juga bisa meminjam buku senior untuk meminimkan budget dan agar memperluas koneksi dengan senior. Selain berbentuk hardbook kamu juga bisa mencari buku referensi yang bentuk e-book menyesuaikan sesuai kebutuhanmu.

    Buku referensi ini penting dipersiapkan, rajin mencari berbagai referensi perkuliahan akan memudahkan kamu dalam mengikuti pelajaran. Dosen biasanya menawarkan beberapa judul maupun penulis yang menjadi bahan referensi dan menyarankan kamu untuk membacanya agar bisa dijadikan sebagai bahan diskusi di kelas.

    3. Menyiapkan Buku Catatan

    Meskipun biasanya materi perkuliahan akan dibagikan oleh dosen kamu, namun tidak ada salahnya kalau kamu juga menyiapkan buku catatan. Di sini kamu bisa melakukan pencatatan beberapa materi yang kiranya sangat penting yang disampaikan oleh dosen saat perkuliahan. Dengan begitu kamu tak akan ketinggalan hal penting selama berada di dalam perkuliahan. File/Notebook dan binder untuk mencatat dan mengumpulkan fotokopian/ dokumen hardcopy penting. Walaupun banyak materi softcopy, catatan itu tetap penting.

    4. Alat Tulis Harus Dipersiapkan

    Saat kamu memasuki dunia perkuliahan alat tulis juga menjadi teman sehari-harimu. Apalagi kalau kamu memasuki jurusan dengan praktikum dan laboratorium yang cukup banyak. Kamu akan disuguhi dengan segudang laporan yang perlu ditulis menggunakan tangan, ditemani penggaris dan pulpen warna-warni. Namun jangan khawatir sobat lomba, setiap proses ada maknanya masing-masing. Jadi intinya jangan lupa di persiapkan ya!

    5. Siapkan Media Penyimpanan yang Memadai

    Poin selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah media penyimpanan yang memadai. Selama perkuliahan kamu akan menyimpan banyak berkas dan materi yang membutuhkan memori penyimpanan yang memadai. Ditambah lagi kelas online saat ini, semua dikirim serba online yang perlu disimpan, jika penyimpanan gadget kamu tidak memadai, kamu bisa menyiapkan media penyimpanan yang mumpuni, baik dengan hard disk, flash disk, maupun dengan menggunakan media penyimpanan berbasis cloud atau drive.

    6. Siapkan Mental dan Fisik

    Kuliah memang memerlukan energi yang banyak baik secara fisik dan mental kamu. Makanya kamu harus siap mental dan fisik ya. Tetap berikan waktu istirahat disela kesibukan itu. Jangan sampai kamu terlalu kelelahan hingga tidak sanggup untuk melakukan perkuliahan hanya karena dua hal ini tidak dipersiapkan dengan baik.

    7. Mulai Mengelola Keuangan Pribadi

    Memasuki usia perkuliahan tandanya sudah memasuki usia menuju dewasa. Keperluan perkuliahan pun akan semakin banyak, apalagi kalau kamu tipe mahasiswa yang aktif berorganisasi. Makanya, sangat disarankan agar kamu mampu mengelola keuangan pribadi.

    8. Belajar Mengatur Waktu dengan Baik

    Menghadapi zona baru memerlukan yang namanya penyesuaian diri, karena dunia perkuliahan berbeda dengan sekolah. Kamu harus bisa mengatur waktumu sendiri dengan baik. Mengatur waktu dengan baik akan memudahkan kamu melakukan banyak hal dalam selama masa perkuliahan. Persiapan yang bisa kamu lakukan adalah membuat jadwal kegiatan yang seimbang agar semua terlaksana dengan baik namun masih memiliki waktu istirahat yang baik pula.

    9. Siap untuk Bersosialisasi dan Membangun Relasi

    Memasuki dunia perkuliahan, kamu perlu meningkatkan jiwa sosial dan kerjasamamu. Akan sulit jika kamu hanya menyendiri. Apalagi dalam mengerjakan tugas, kamu akan dituntut untuk lebih berkolaborasi dengan teman seperjuangan. Dengan bersosialisasi maka kamu akan mendapatkan teman yang banyak dan tentunya relasi yang baik.

    Namun tidak hanya dengan teman seangkatan, kamu juga perlu memperluas networking dengan senior. Dari senior, kamu bisa mendapatkan informasi terkait apa saja yang sudah mereka lalui. Seperti tips menghadapi dosen, tata letak ruangan dan fasilitas kampus yang mungkin belum kamu ketahui, sampai soal-soal semester lalu yang bisa membantu dalam belajar. Jadi, jiwa-jiwa sosial itu memang harus sudah dipersiapkan sebelum memasuki kuliah.

    Itu dia 9 hal yang bisa banget kamu persiapkan sebelum memasuki dunia perkuliahan secara langsung. Terasa sepele, namun tidak ada salahnya bersiap lebih agar kegiatan kuliahmu semakin lancar.Tetap semangat ya sobat lomba!

    Artikel lainnya:

    Latest articles

    Related articles