More

    Freelancer Handal, 5 Tips yang Perlu Kamu Ketahui

    Freelancer adalah seseorang yang bekerja atau menawarkan jasanya pada klien secara sambilan tanpa terikat dalam jangka waktu panjang. Bentuk pekerjaan atau kontrak yang ditawarkan kepada freelance biasanya berupa projek, desain, lama pekerjaan, dan juga kesepakatan biaya. Pekerjaan ini diminati oleh pelajar, mahasiswa, maupun seseorang yang sudah bekerja namun ingin menambah penghasilan. Karena, pekerjaan ini dirasa lebih fleksibel sehingga tidak akan memakan waktu yang banyak dibanding bekerja sebagai karyawan.

    Content creator, Ghostwriter, design grafis, jasa penerjemah, dan sebagainya biasa menjadi pilihan jenis pekerjaan freelancer. Bukan hal yang mudah, diperlukan skill dan kemampuan yang unik agar mampu bersaing dalam dunia freelancer. Berikut tips yang perlu kamu ketahui agar menjadi freelancer yang handal.

    1) Mempunyai Skill yang Dapat Menghasilkan Uang

    Untuk menjadi seorang freelancer keahlian tertentu menjadi modal utama yang harus dimiliki. Alangkah lebih baik jika skill yang dimiliki semakin spesifik dan rumit, agar lebih mudah bersaing dan mendapatkan honor yang semakin tinggi. Selain itu, diperlukan pula contoh hasil kerja seperti dalam bentuk portofolio sebagai bukti ke-kredibelan skill yang dimiliki.

    2) Menguasai Penggunaan Teknologi Terkini

    Freelancer sangat mengandalkan teknologi komunikasi. Pada umumnya informasi terkait freelancer dicari dan didapat melalui internet, baik website maupun media sosial. Dalam pengerjaan proyeknya pula dibutuhkan manajemen dan teknologi agar bisa dilakukan secara kolaboratif untuk memudahkan. Oleh karena itu, freelancer sangat perlu menguasai penggunaan teknologi terkini mengikuti perkembangan zaman.

    3) Jeli Melihat Peluang dan Fleksibel

    Freelancer perlu mempunyai keahlian dalam menawarkan dan mempromosikan jasanya kepada orang lain. Target pasar harus jelas dan mampu melihat peluang dengan baik. Mereka harus jeli dalam memilih situs marketplace freelance yang cocok dalam mendaftarkan diri dan menampilkan hasil kerjanya. Kebutuhan pasar terus berkembang, oleh karena itu freelancer harus mampu cepat beradaptasi terhadap perkembangan itu.

    4) Dapat Mengatur Waktu dengan Tepat Guna

    Time is Money merupakan istilah yang tidak asing lagi dan sering dikeluarkan oleh pebisnis. Pekerja lepas memang tidak terikat pada waktu dan tempat dalam mengerjakan tugasnya, namun hal ini bisa menjadi keuntungan sekaligus tantangan. Manajeman waktu yang baik perlu dilakukan agar bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat. Rasa tanggung jawab yang tinggi juga diperlukan agar tidak membuat konsumen kecewa.

    5) Menjalin Relasi yang Baik

    Tawaran pekerjaan memang pada umumnya hadir berdasarkan performa dan kemampuan kita. Namun, cara terbaik untuk bisa bekerja secara nyaman dan tenang adalah dengan menjalin relasi yang baik. Relasi yang baik ini akan menciptakan kelancaran dalam menjalankan sebuah tugas dari klien. Jadilah seorang freelancer yang baik dan komunikatif dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

    Itu dia 5 tips yang perlu kamu ketahui agar menjadi freelancer handal agar bisa bersaing di dunia pekerjaan lepas.

    Artikel lainnya:

    Latest articles

    Related articles