TeknologiUlasan

Evernote vs OneNote: Mana yang Paling Meningkatkan Produktivitasmu?

Note Battle - suganth
Photo by: Suganth

Aplikasi pencatatan (note-taking) sangat berguna dalam membantu meningkatkan ingatan kita dan meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Dengan menuliskan catatan, kita memiliki sesuatu yang nyata yang dapat kita lihat kembali, ingat apa yang perlu dilakukan, dan mendapatkan kembali kendali atas pekerjaan kita sepanjang hari.

Nah, sobat Inisiator, ada ribuan aplikasi pencatatan yang bisa kita gunakan baik di desktop ataupun perangkat seluler. Dua yang paling populer adalah Evernote dan Microsoft OneNote karena mereka sangat efisien dan efektif yang masing-masing memiliki pengikut dan pendukung yang sangat loyal.

Jadi, jika menyangkut Evernote vs OneNote, mana yang paling baik dalam meningkatkan produktivitas?

Sekilas Tentang Evernote dan OneNote

Pertama, pengantar dua platform. Evernote adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menyimpan konten, mencatat, menulis daftar, dan mengatur semuanya. Meskipun ini disimpan dalam Notes, seluruh konsep di balik aplikasi produktivitas ini lebih seperti Kotak Masuk Universal tempat Anda dapat menyimpan semua yang telah Anda kumpulkan sehingga Anda dapat dengan cepat menemukannya ketika Anda membutuhkannya melalui penggunaan tag.

Microsoft OneNote, di sisi lain, bekerja sangat mirip dengan versi digital dari notebook yang Anda bawa di sekolah. Selain menyimpan semua catatan dan berbagai jenis konten yang telah Anda kumpulkan, Anda juga dapat mengaturnya menjadi bagian, halaman, dan wadah.

Masing-masing aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur kepada penggunanya untuk membantu mereka meningkatkan produktivitas dan memori. Juga, karena tidak ada aplikasi yang sempurna, masing-masing juga memiliki kekuatan dan keterbatasan mereka.

Untuk mendapatkan gagasan yang lebih baik tentang aplikasi mana yang akan menjadi pilihan terbaik Anda, kami akan membandingkan keduanya berdasarkan tiga fitur utama yang paling banyak digunakan oleh para penggunanya: mengumpulkan informasi, mencatat, dan mobilitas.

Mengumpulkan Informasi

OneNote dan Evernote datang dengan ekstensi clipper web mereka sendiri yang memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengumpulkan dan menyimpan informasi dari situs web yang berbeda saat Anda menemukannya.

Keduanya memberi Anda opsi untuk memilih apakah Anda ingin menyimpan seluruh halaman web apa adanya, versi yang disederhanakan tanpa iklan, atau hanya bagian dari halaman. Anda juga dapat menambahkan beberapa catatan sebelum menyimpannya untuk memudahkan Anda mengingat mengapa Anda “memotong” sumber daya tertentu.

Karena OneNote memberi Anda lebih banyak struktur untuk mengatur konten Anda, clipper webnya memungkinkan Anda memilih tidak hanya buku catatan mana untuk menyimpan detailnya, tetapi juga bagian apa dalam buku catatan itu.

Source: OneNote.com

Evernote memberi Anda opsi untuk menambahkan tag ke kliping web Anda sebelum disimpan, jadi lebih mudah bagi Anda untuk mencarinya nanti.

Pengguna premium mendapatkan akses ke fitur Hasil Terkait Evernote yang terdapat di bagian Opsi. Saat Anda mencari di Google, Evernote akan meluncurkan pencarian sekunder yang akan menampilkan semua catatan yang terkait dengan kata kunci yang Anda gunakan dalam mencari informasi.

Source: Zapier.com

Fitur ini, menurut Jeremy Skillings, Presiden Youcanbefound.com, bermanfaat karena memungkinkan Anda mengetahui informasi apa yang sudah Anda simpan dalam catatan Anda.

“Dalam beberapa kasus setiap kali saya melakukan penelitian, saya mengetahui melalui fitur ini bahwa saya sudah memiliki informasi yang tepat yang saya butuhkan disimpan di akun Evernote saya. Itu saja mengurangi sejumlah besar waktu yang saya habiskan untuk proyek. “

Pencatatan

Kedua aplikasi produktivitas ini memungkinkan Anda membuat dan memformat catatan Anda untuk membuat dokumen yang kaya. Di antara fitur-fitur ini termasuk mengubah ukuran dan warna font, menambahkan tabel, dan memasukkan file media.

Fitur catatan Evernote sangat mirip dengan dokumen Word karena sangat terstruktur mengenai bagaimana Anda memasukkan catatan Anda.

Profesional yang perlu dapat membangun dan mengakses dokumen terstruktur dengan baik di bidang ini merupakan basis penggemar setia Evernote. Salah satu pengguna 2 tahun di bidang real estat, Anthony Gilbert dari RealFX.com, menyukai opsi pemformatan, tetapi mengakui bahwa masih ada beberapa kelemahan dari pendekatan yang diformat secara kaku.

Sementara ia menikmati fitur-fiturnya, pengalaman pribadinya dengan menggunakannya di lapangan mengungkapkan bahwa fitur format, “berarti bahwa jika Anda perlu mengubah bagian-bagian catatan Anda, itu bisa membosankan”. Dia melanjutkan, “fitur pemformatan cukup rewel, jadi Anda mungkin perlu sedikit kesabaran untuk mendapatkan hasil akhir yang Anda cari.”

Profesional yang perlu dapat membangun dan mengakses dokumen terstruktur dengan baik di bidang ini merupakan basis penggemar setia Evernote. Salah satu pengguna 2 tahun di bidang real estat, Anthony Gilbertof RealFX.com, menyukai opsi pemformatan, tetapi mengakui bahwa masih ada beberapa kelemahan dari pendekatan yang diformat secara kaku.

Menyusun catatan Anda dengan benar sejak awal dapat berdampak pada produktivitas Anda. Batu tulis kosong terkadang membingungkan. Evernote memungkinkan kemampuan untuk menggunakan templat dan alur kerja yang teruji pertempuran yang menghemat waktu Anda. Mereka dapat memberikan inspirasi dan struktur pada apa yang mungkin.

Di sisi lain, OneNote memberi penggunanya lebih banyak fleksibilitas dan fleksibilitas dalam cara membuat catatan. Anda dapat mengklik area mana saja pada halaman dan mulai mengetik. Jika Anda perlu memindahkan barang-barang, Anda dapat menarik dan melepas bagian dari catatan Anda ke tempat yang tepat.

Di sisi lain, OneNote memberi penggunanya lebih banyak fleksibilitas dan fleksibilitas dalam cara Anda membuat catatan Anda. Anda dapat mengklik area mana saja pada halaman dan mulai mengetik. Jika Anda perlu memindahkan barang-barang, Anda dapat menarik dan melepas bagian dari catatan Anda ke tempat yang tepat.

Source: Lifehacker

Selain itu, ini memberi Anda opsi untuk membuat Template yang dapat Anda gunakan untuk mengatur tata letak halaman Anda dengan benar, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah mengisi informasi.

Ini adalah fitur yang sangat berguna yang menonjol bagi banyak orang yang berbagi cinta OneNote dengan saya. Steve Lionais, pengguna lama dan Co-Founder & CEO Dr-Bill.ca, mengklaim bahwa fitur ini membantunya membangun bisnisnya dengan memengaruhi ingatannya dengan cara yang kuat dan bermanfaat.

“[Fitur] inilah yang membuat OneNote menjadi aplikasi penyimpanan memori yang hebat,” katanya tentang templat. “Saya menemukan bahwa saya lebih mengingat hal-hal ketika mereka diatur dengan cara tertentu. OneNote memungkinkan saya melakukan itu untuk catatan rapat dan presentasi saya, jadi saya tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari poin berikutnya! “

Namun, yang benar-benar menjadikan OneNote pemenang putaran ini adalah kemampuannya untuk memungkinkan Anda menanamkan file media dari sumber lain seperti Youtube. Selain menyertakan tautan, OneNote meluncurkan pemutar media, memungkinkan Anda untuk menonton video atau mendengarkan file audio langsung dari halaman tempat Anda menyimpannya.

Source: Windows Central

Mobilitas

Evernote dan OneNote dapat digunakan di desktop dan perangkat seluler. Pada saat yang sama, mereka memberi pengguna mereka kemampuan untuk menyinkronkan konten dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Menilai mana dari dua aplikasi produktivitas yang terbaik di sini cukup rumit karena sangat tergantung pada beberapa faktor. Salah satunya adalah perangkat lunak operasi yang Anda gunakan.

Banyak pengguna yang kami minta menggunakan iOS, dan itu menunjukkan beberapa poin ke arah Evernote. Greg Reese dari AmeriEstate.com sering menggunakan opsi kamera bawaan (dan integrasi iOS lainnya) untuk mengelola tugas hariannya sebagai Presiden.

Source: Lifehack.org

Kamera Evernote juga terintegrasi dengan Post-It, halaman notebook Moleskin, dan kartu nama. Saat Anda mengambil foto dari semua ini, kamera akan mengambil informasi dan memformat ini untuk Evernote sehingga cepat untuk menemukannya saat Anda mencari.

OneNote, di sisi lain, mendominasi lingkungan Android. Selain aplikasi, pengguna Android juga akan menemukan lencana mengambang OneNote di samping layar beranda. Jadi, Anda dapat membuat catatan saat bepergian dengan sangat cepat.

Source: MS Power User

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah penyimpanan cloud yang Anda gunakan. Agar Anda menyinkronkan OneNote di berbagai perangkat yang berbeda, Anda harus terlebih dahulu mengatur akun dengan OneDrive, yang merupakan layanan penyimpanan cloud Microsoft.

“Ini adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan oleh pengguna Evernote,” menurut Matt Willens, Kepala Kejaksaan untuk Kantor Hukum Willens. “Apakah Anda menggunakan akun gratis atau salah satu paket berbayarnya, Anda dapat segera menyinkronkan perangkat Anda tanpa harus mendapatkan akun penyimpanan cloud terpisah.”

Kekurangannya di sini adalah jumlah penyimpanan dan jumlah perangkat yang dapat Anda selaraskan. Pengguna gratis hanya diberi ruang penyimpanan 60MB dan dapat melakukan sinkronisasi hingga dua perangkat. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, Anda harus mendapatkan paket berbayar.

Jadi, aplikasi mana yang lebih baik untuk meningkatkan memori dan produktivitas?

Jawaban jujur ​​— dan paling langsung — adalah: Tergantung kamu.

Sementara Evernote dan OneNote memiliki kekuatan dan kelemahan mereka, seberapa baik itu akan membantu meningkatkan produktivitas dan memori sangat tergantung pada apa yang terbaik untuk Anda.

Jika Anda menemukan bahwa Anda dapat bekerja paling baik dan mengingat banyak hal dengan menggunakan isyarat visual, OneNote akan menjadi aplikasi produktivitas terbaik untuk digunakan. Namun, jika Anda mempertimbangkan kecepatan dan kemudahan menemukan informasi yang Anda butuhkan sebagai prioritas utama Anda, Evernote akan menjadi pilihan terbaik Anda.

Karena kedua aplikasi produktivitas memiliki versi gratis, Anda dapat mencoba dan melihat di mana Anda merasa paling nyaman. Pada akhirnya, aplikasi produktivitas yang tepat untuk digunakan adalah aplikasi yang melengkapi cara Anda bekerja dan melakukan banyak hal daripada mendikte Anda bagaimana Anda harus menyelesaikannya.

Sumber:
0
Jabbar A. Panggabean
Mawapresnas '16 | Author of 'The Changemakers!' | CEO of Alinteractive Std.

You may also like

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments