More

    Daftar Jurusan yang Cuma Ada Satu di Indonesia

    Menentukan jurusan kuliah bagi calon mahasiswa merupakan saat-saat yang paling dilematis. Karena hal ini perlu banyak pertimbangan. Apakah jurusan ini bisa dilalui hingga akhir? Apakah jurusan ini punya prospek yang bagus dimasa depan? Dan lain sebagainya.

    Namun, sebagai bahan pertimbangan calon mahasiswa, Mini mau memberikan informasi tentang jurusan-jurusan langka alias cuma ada satu di Indonesia. Yuk, kepoin bareng-bareng!

    1. Jurusan Astronomi – Institut Teknologi Bandung (ITB)

    Jurusan Astronomi di Indonesia masih dimiliki oleh ITB. Karena hanya ada di ITB, setiap tahun tentunya peminat jurusan ini cukup banyak dan harus bersaing dengan kuota yang terbatas. Salah satu yang paling menarik dari jurusan Astronomi ITB adalah memiliki akses langsung untuk bisa belajar di observatorium Bosscha yang legendaris.

    Para mahasiswa nantinya akan mempelajari benda-benda langit yang menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika dalam meneliti objek langit seperti sifat fisik evolusi alam semesta, kosmologi, dan masih banyak lagi.

    2. Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan – Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

    Berangkat dari Astronomi ITB, kini mengunjungi ITERA yang memiliki jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan.  Sains Atmosfer dan Keplanetan dibuka pada 2018 dan para mahasiswanya akan mempelajari mengenai perilaku atmosfer terhadap iklim dan cuaca di Bumi serta interaksi antara Matahari dengan planet-planet lainnya.

    Jurusan ini sebenarnya adalah bagian dari ilmu Astronomi. Bedanya adalah Astronomi mempelajari mengenai sistem tata surya secara general dan luas sementara jurusan ini cenderung mempelajari ilmu yang lebih spesifik.

    3. Jurusan Teknik Nuklir – Universitas Gadjah Mada (UGM)

    Kamu memiliki kecintaan dengan ilmu fisika dan matematika? Sepertinya kamu adalah kandidat yang cocok untuk menjadi mahasiswa jurusan Teknik Nuklir UGM. Jika kamu tertarik mempelajari ilmu nuklir sebagai sumber energi,  maka kamu bisa memilih jurusan ini yang cuma ada satu di kampus Indonesia yaitu UGM.

    4. Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen – IPB

    Ketika dengar IPB mungkin yang terbayang olehmu adalah ilmu-ilmu pertanian seperti Agroteknologi, Agribisnis, dan lain-lain. Namun, IPB ternyata memiliki jurusan yang unik dan hanya ada satu di Indonesia yaitu jurusan ilmu keluarga dan konsumen.

    Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang pengembangan dan pemberdayaan keluarga. Kamu juga akan mempelajari mengenai upaya-upaya kualitas perlindungan anak, peningkatan ketahan keluarga, dan pemberdayaan keluarga serta konsumen. Menarik banget ya.

    5. Jurusan Sastra Belanda – Universitas Indonesia (UI)

    Sampai saat ini jurusan sastra dan bahasa asing sangat beragam dan tersebar di hampir seluruh kampus di Indonesia. Tetapi, Universitas Indonesia (UI) merupakan satu-satunya kampus yang membuka jurusan Sastra Belanda.

    Tidak jauh beda dengan pembelajaran sastra pada umumnya. Sebagai mahasiswa sastra tentu kamu akan disuguhkan dengan pembelajaran seputar sejarah, budaya, sastra, dan linguistik.

    6. Jurusan Manajemen Industri Katering – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

    Kamu tidak harus mengambil jurusan tataboga atau menjadi chef untuk bisa berkecimpung di bidang kuliner. Jurusan Manajemen Industri Katering bisa menjadi solusi untuk kamu yang tertarik bergelut di bidang kuliner.

    Jurusan ini hanya ada di Universitas Pendidikan Indonesia. Para mahasiswanya akan mempelajari tentang manajemen operasional usaha kuliner seperti perencanaan, pengelolaan, hingga pemasarannya. Tak lupa kamu juga akan dipaparkan pembelajaran mengenai kuliner baik lokal maupun global.

    7. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan – Universitas Airlangga (Unair)

    Kampus Unair adalah satu-satunya kampus yang memiliki jurusan Teknik Robotik dan Kecerdasan Buatan. Jurusan ini menjadi jawaban untuk perkembangan teknologi yang kian pesat sekarang ini.

    Jika kamu menjadi mahasiswa jurusan ini, maka kamu akan disuguhkan dengan pembelajaran mengenai roboy dan kecerdasan buatan. Para mahasiswa juga akan dilatih untuk mempelajari konsep dan membuat robot semacam Siri, Alexa, dan lain-lain.

    Nah itu dia jurusan-jurusan yang cuma ada satu di Indonesia. Kamu tertarik masuk jurusan yang mana?

    Artikel Lainnya :

    5 Jurusan Kuliah Unik di Dunia yang Hanya Ada di Luar Negeri

    Sumber Penghasilan Mahasiswa Selama Kuliah Kurangi Jadi Beban Orang Tua

    Info Penting Buat Maba! Hal yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa di Awal Kuliah

    Latest articles

    Related articles