More

    Catat! Ini Dia Kompetisi Bergengsi Mahasiswa yang Wajib Banget Kamu Ikuti

    Halo Sobat Lomba! Kamu mahasiswa yang ingin mencari pengalaman sambil menorehkan prestasi? Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti lomba, lho. Dengan mengikuti lomba mampu meningkatkan kemampuan kamu dalam berpikir dan menyelesaikan masalah serta meng-upgrade skill yang sangat berguna di masa depan. Supaya lebih keren lagi, berikut langsung aja di paparkan kompetisi bergengsi mahasiswa yang wajib banget kamu ikuti.

    lomba bergengsi mahasiswa
    (Foto/Ilustrasi/Google)
    1. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

    Program bergengsi ini sudah menjadi ajang kopetisi yang paling dikenal oleh mahasiswa. PKM adalah ajang bagi para mahasiswa untuk menunjukkan kreativitasnya dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan di masyarakat. Secara garis besar PKM dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu PKM pendanaan dan PKM insentif. Kedua hal itu membahas terkait bidang Pengabdian Masyarakat, Penelitian (Eksakta maupun Sosial Humaniora), Teknologi, dan Kewirausahaan.

    Tidak hanya itu, mahasiswa dapat mengemukakan idenya dengan mengikuti PKM Gagasan Tertulis maupun Artikel Ilmiah. Kelompok yang lolos tahap pengajuan proposal akan diberi dana untuk mengimplementasikan idenya. Puncak dari PKM adalah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

     

    1. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES)

    Pilmapres merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Ajang ini bisa dikatakan sebagai kompetisi puncak bagi para mahasiswa yang aktif dikampus, karena dilakukan penilaian yang sangat komprehensif dan menyeluruh dari semua aktivitas dan kegiatan yang diikuti oleh seorang mahasiswa.

    Adapun hal-hal yang menjadi penilainya adalah capaian IPK, Kemampuan Berbahasa Asing, Karya Tulis Ilmiah, Capaian Prestasi yang meliputi Prestasi Kompetisi, Prestasi Capaian dan Prestasi Leadership. Pemilihan mahasiswa berprestasi juga memiliki tahapan dari tingkat fakultas, universitas, hingga nasional.

     

    1. Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Nasional (POMNAS)

    Selain dalam bidang akademik DIKTI juga tidak ketinggalan dalam upaya pengembangkan skill di bidang olahraga bagi mahasiswa. Pekan olahraga yang diadakan setiap 2 tahun sekali dengan cabang olahraga yang diperlombakan berjumlah minimal 13 cabang termasuk cabang olahraga wajib (atletik, renang, dan pencak silat).

    Pendaftaran peserta Pomnas dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama merupakan pendaftaran cabang olahraga dan nomor pertandingan yang akan diikuti dan jumlah peserta. Sedangkan, tahap kedua merupakan pendaftaran nama atlet dan ofisial.

     

    1. Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI)

    DIKTI juga mengadakan kompetisi bisnis untuk meningkatkan jumlah mahasiswa berwirausaha. Mirip seperti PKM, KBMI juga memiliki tahapan pengajuan proposal bisnis, kemudian akan terpilih proposal bisnis yang layak didanai. Setelah itu, bisnis dijalankan dan dievaluasi. Puncak dari ajang ini adalah Expo KBMI. Program KBMI diharapkan dapat membuka peluang bisnis mahasiswa dan menghasilkan karya kreatif dan inovatif.

     

    1. Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI)

    KDMI adalah lomba debat untuk mahasiswa tingkat nasional yang menggunakan bahasa Indonesia. Kompetisi yang diselenggarakan oleh dikti ini merupakan salah satu kegiatan aktualisasi diri bagi mahasiswa Indonesia dengan bentuk kegiatan debat antar Perguruan Tinggi berskala nasional. Dengan kompetisi ini, mahasiswa diharapkan mampu berpikir kritis dan berani mengemukakan pendapat. Sehingga, tercetaklah generasi yang mampu memecahkan permasalahan bangsa ini dari berbagai sektor, seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum, dan sebagainya. Seleksi KBMI dilakukan secara bertahap, mulai dari tingkat universitas, wilayah, hingga nasional.

     

    Itu dia kompetisi bergengsi mahasiswa yang wajib kamu ikuti. Untuk informasi lebih lanjut kamu dapat mencarinya pada website resmi Kemendikbud seperti pusat prestasi nasional atau simbelmawa. Yuk cari tahu banyak infonya untuk persiapan matang di tahun kedepannya.

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles