Tips & Trik

Cara Jitu Menghadapi Quarter Life Crisis

Cara Jitu Menghadapi Quarter Life Crisis
Sumber: Unsplash

Cara jitu menghadapi quarter life crisis jika di ketik dalam laman pencarian internet pasti akan banyak. Karena Quarter Life Crisis pasti akan muncul di setiap orang. Terutama bagi Ini’s people yang akan menginjak umur dewasa muda. Untuk itu, Ini’s people perlu tahu nih, apa aja sih cara jitu menghadapi Quarter Life Crisis?

  1. Self-love, Mencintai Diri Sendiri

Masalah anak muda sekarang adalah insecure atau minder dengan diri sendiri. Disaat Quarter Life Crisis menghadang, hal ini sangat mungkin terjadi. Merasa diri tidak berguna dan selama ini hanya menyia-nyiakan waktu adalah contohnya. Minder dengan kontribusi yang sudah dilakukan dengan orang sekitar, minder dengan fisik yang dianggap tidak sempurna bahkan tak sedikit orang yang sedang di fase quarter life crisis ini membenci dirinya sendiri. Nah, untuk itu Ini’s people sebaiknya berhenti merasa minder dengan diri sendiri. Minder yang seperti itu hanya akan membuat diri sendiri putus asa dan galau setengah mati. Ini’s people harus mengatasinya dengan cara self-love, mencintai diri sendiri.

Banyak yang bilang, kamu harus bisa sayang dengan dirimu sendiri sebelum menyayangi orang lain. Hal ini tepat sekali. Bentuk menyayangi diri sendiri adalah dengan memaafkan diri sendiri, self-forgiveness. Berhetilah menyalahkan diri sendiri, berhenti menganggap diri tidak berguna atau tidak berharga. Mulailah menerima segala kekurangan diri dan hargailah diri sendiri baik berupa fisik maupun psikis. Salah satu cara mencintai diri sendiri adalah berterimakasih dengan diri sendiri atas apa yang sudah dilakukan dan diperjuangkan selama ini. Lebih efektif jika hal ini Ini’s people praktikkan di depan kaca setiap malam menjelang tidur sambil katakan “Terimakasih (namamu) sudah melakukan yang terbaik dan berjuang sampai sejauh ini, semoga esok bisa lebih bermanfaat”.

Selamat mencoba!.

  1. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain mudah terjadi bahkan tanpa sadar kita sudahh melakukannya. Ketika Ini’s people scroll media sosial misalnya. Lihat unggahan foto teman di media sosial yang terlihat lebih bahagia dan mungkin lebih cantik dari Ini’s people sendiri, secara ngga langsung Ini’s people jadi merasa, ih hidupnya enak banget sih, dia kok cantik banget sih? Ngga kayak aku yang butek begini. Hmm pernah merasakannya? Mulai sekarang berhentilah melakukan hal itu!. Sia-sia dan tak berguna.

Ingat ini! Setiap manusia memiliki waktu dan jalan hidupnya masing-masing. Jika Ini’s people tidak lebih cantik darinya, tidak apa-apa. Ini’s people pasti punya jalan sendiri. Lebih pintar dan lebih cerdas ketimbang dirinya misalnya. Ini’s people bisa perjuangkan kecerdasan itu daripada terus-terusan membandingkan diri dengan orang lain. Fokuslah ke jalan Ini’s people sendiri, ya.

  1. Menerima Takdir

Yang tidak banyak orang sadar dengan fase hidup quarter life crisis ini adalah mereka tidak sadar bahwa ini semua sudah ditentukan oleh yang maha kuasa, sudah ditakdirkan terjadi. Ini’s people jangan gitu ya. Ini’s people harus bisa menerima takdir. Menerima jalan hidup yang saat ini Ini’s people jalani. Karena semakin kita menolak takdir, maka hati kita akan sulit berdamai, jika sudah seperti itu, bagaimana Ini’s people bisa melangkah kedepan?. Cobalah menerima diri yang tidak sempurna, terimalah segala kekurangan yang ada di dalam diri Ini’s people dan terimalah jalan hidup dan ketentuan yang sudah ia rancang.

  1. Banyak Baca Buku Self-Help

Kegiatan ini bisa jadi contoh yang baik untuk Ini’s people. Bacalah buku-buku berbau self-help atau self improvement. Sekarang sudah banyak lho bermunculan buku-buku self help. Mulai dari penulis lokal seperti Alvi Syahrin dalam bukunya berjudul Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa, hingga penulis luar negeri seperi Mitch Albom dengan judul buku Selasa bersama Morrie. Tak hanya mereka, masih banyak buku-buku self improvement yang akan menyembuhkan hati Ini’s people saat menghadapi Quarter life crisis ini. Jangan malas baca buku ya!

Baca juga: 3 Buku Untuk Menyelamatkan Kamu Dari Quarter Life Crisis

  1. Kembali Merancang Kehidupan Baru

Move on!

Ibarat ingin move on dari doi, Ini’s people harus berani membangun kehidupan baru. Membangun kembali puing-puing keputusasaan yang terjadi selama fase quarter life crisis ini. Jika Ini’s people terus-terusan terpuruk didalamnya, maka Ini’s people hanya akan terjebak dengan kegalauan dan kalau sudah begitu, kapan majunya?. Ayo rancang kembali kehidupan baru dan jadikan setiap jejak hidup yang sudah pernah dilewati sebagai pelajaran yang berharga.

Baca juga: 4 Cara Jitu Membangun “Good Habit”

Nah. Itulah 5 cara yang bisa Ini’s people lakukan selama menghadapi quarter life crisis dalam hidup. Lewatilah dengan hati yang lapang untuk sikap dan mental dewasa kedepannya. Semangat!.

2+
Indah Ramadhani
Orang biasa yang ingin selalu bi(a)sa || Ilmu Komunikasi '16

You may also like

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

More in Tips & Trik