More

    Bukan Cuma Dia, Ini 5 Objek Luar Angkasa Paling Cantik yang Harus Kamu Tahu

    Bicara tentang luar angkasa memang tidak ada habisnya. Pasalnya masih banyak bagian dari alam semesta yang belum terjamah. Banyak objek-objek cantik di langit yang membuat penasaran para penduduk Bumi, apalagi bagi Astrophilia.

    Kalau begitu, sini Milo mau kasih tahu Sobat Lomba objek-objek luar angkasa paling cantik yang kamu nggak boleh kelewatan.

    1. Milky way

    luar angkasa
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Milky Way dikenal juga sebagai Galaksi Bima Sakti. Tentunya kita sangat familiar bukan dengan namanya? Yup, karena di galaksi inilah Bumi kita berada. Kita bisa melihat jutaan bintang yang seolah-olah mengitari Bumi di Galaksi Bima Sakti. Penampakannya biasa menyerupai kabut putih yang memanjang di langit. Kita bisa melihat Milky Way dengan mata telanjang jika berada di daerah yang minim polusi cahaya.

    2. Butterfly Nebula

    luar angkasa
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Teleskop Hubble milik NASA berhasil mengabadikan salah satu fenomena luar angkasa dari Nebula NGC  6302 yang dijuluki Butterfly Nebula ini. Seperti julukannya, nebula ini memiliki bentuk seperti kupu-kupu  yang mengepakkan sayapnya.

    NASA dalam laman resminya mengemukakan bahwa warna-warna cantik yang membentuk kepakan sayap nebula tersebut berasal dari material debu, hidrogen, helium dan gas yang telah terionisasi.

    3. Cincin Saturnus

    luar angkasa
    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Saturnus merupakan planet yang didaulat oleh ilmuwan NASA sebagai planet tercantik dalam Tata Surya kita. Planet ini disebut sebagai ‘perhiasan’ Tata Surya karena memiliki cincin berwarna merah muda bercampur abu-abu dan coklat. Es, air, dan batuan yang tak terhitung jumlahnya merupakan partikel-partikel kecil yang membentuk cincin Saturnus.

    4. Sirius

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Sirius juga dikenal dengan nama Alfa Canis Majoris. Bintang ini merupakan yang paling terang di antara bintang lainnya. Hal ini dikarenakan skala magnitudo tampak Sirius mencapai -1,46.

    Kita biasanya dapat melihat Sirius dengan mata telanjang saat malam hari pada bulan Desember-Januari dan pada kondisi tertentu di siang hari.

    5. Arp 273

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    Arp 273 pertama kali di deskripsikan oleh Atlas of Peculiar Galaxies yang disusun oleh Halton Arp pada tahun 1966. Objek ini merupakan sekumpulan galaksi yang beriteraksi dan letaknya sejauh 300 juta tahun cahaya di rasi bintang Andromeda.

    Galaksi spiral terbesar dikenal dengan UGC 1810 memiliki ukuran sekitar lima kali lebih besar daripada galaksi terkecil.  Arp 273 memiliki cakram yang terdistorsi menyerupai bentuk bunga mawar oleh tarikan gravitasi dari galaksi pendampingnya yang terletak di bawah atau disebut juga UGC 1813.

    Nah, itu dia Sobat Lomba objek-objek luar angkasa yang harus kamu tahu. Gimana, cantik-cantik banget kan? Kalau begini kamu nggak akan melulu terpaku sama kecantikan dia, karena alam semesta kita punya banyak sekali objek yang bisa memanjakan mata.

    Milo hanya menjabarkan beberapa dari objek-objek yang pernah ditemukan aja lho, Sobat Lomba. Di masa depan nanti, bisa jadi akan ada penemuan objek yang lebih cantik dari yang Milo sebutkan diatas.

    Artikel Lainnya :

    Bukan Ayang, Ini 5 Sumber Cinta yang Ada di Sekeliling Kamu

    Tidak Perlu Membaca Buku Tetap Bisa Cerdas dan Berwawasan Luas

    Selain Penampilan, Tingkatkan 3 Hal ini Agar Terlihat Menarik

    Latest articles

    Related articles