More

    Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri, Ini Caranya!

    Hii, inisiators!! Kamu merasa sering menyalahkan diri sendiri? Menurut penelitian, menyalahkan diri sendiri terlalu sering dapat mempengaruhi kesehatan mental kamu lho, meskipun menyalahkan diri sendiri tidak selalu buruk. Namun, menyalahkan diri sendiri dengan frekuensi terlalu sering akan membuat kamu tidak mempercayai diri kamu sendiri bahkan bisa membuat kesehatan mental kamu memburuk.

    Baca juga : 4 Jenis Pekerjaan Digital yang Bisa Dipelajari Secara Otodidak

    menurut Psychology Today, menyalahkan diri sendiri adalah suatu kekerasan terhadap emosi kita sendiri. perilaku menyalahkan diri sendiri secara tak langsung membuat kita fokus kepada kekurangan yang kita miliki. menyalahkan diri sendiri biasanya terjadi karena kita tidak mampu memaafkan diri kita sendiri ketika kita merasa hasil yang kita raih tidak sesuai dengan keinginan kita. jika dibiarkan kondisi menyalahkan diri sendiri ini akn membuat kamu terus meragukan kemampuan kamu. so apa yang harus kamu lakukan ketika kamu terlalu sering menyalahi diri sendiri? ini dia cara untuk stop kebiasaaan menyalahkan diri sendiri yang bisa kamu terapkan.

    kenali diri kamu sendiri, berhenti menyalahkan diri kamu sendiri

    1. Hargai Diri Sendiri

    Hal yang paling pertama yang bisa kamu lakukan untuk berhenti menyalahkan diri kamu sendiri di dalam setiap situasi adalah mulai dengan menghargai diri sendiri. kamu sebaiknya tidak terus menerus memandang rendah diri kamu, pahami bahwa kamu juga memiliki sisi benar dan positif. selain itu menerima apa adanya diri kamu juga bisa membuat kamu lebih menghargai diri kamu sendiri loh.

    2. Kontrol self-Talk

    Tahukah inisiators, setiap individu akan berbicara kepada dirinya sendiri atau melakukan self-talk lebih dari 5000 kali dalam sehari. Self-talk adalah dialog di dalam diri sendiri setiap orang, yang biasanya dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar, dan pertanyaan-pertanyaan yang terlintas dikepala.

    Nah, self-talk sendiri terdiri dari dua macam, yaitu self-talk negatif dan self-talk positif, oleh karena itu kalau kamu sudah berhasil kontrol self-talk kamu untuk lebih ke arah positif, maka secara tdak langsung kamu bisa pelan-pelan berhenti dari kebiasaan menyalahkan diri kamusendiri.

    3. Maafkan diri kamu sendiri

    Seringkali kebiasaan menyalahkan diri sendiri terjadi karena kamu belum bisa memaafkan diri kamu sendiri. memaafkan diri sendiri akan membuat kamu lebih lega dan fokus memperbaiki bukan menyalahkan. kesalahan adalah suatu hal yang wajar, siapapun bisa melakukannya, kalupun kamu melakukan kesalahan memaafkan lalu memperbaikinya adalah hal terbaik yang bisa dilakukan.

    Satu hal yang kamu harus pahami bahwa setiap orang memilki sisi positif dan sisi negatif, fokuslah ke hal-hal positif yang diri kamu miliki, kalaupun kamu melakukan kesalahan yakini bahwa bukan semuanya salah kamu dan maafkan kesalahan yang kamu lakukan dan fokus memperbaikinya. Jadi gimana nih inisiators, kamu udah siap untuk berhenti menyalahkan diri kamu sendiri?

    Latest articles

    Related articles