Produktivitas

Banyak Pekerjaan Setiap Hari, Sibuk atau Produktif?

sibuk atau produktif
sumber: pixabay

Sibuk atau Produktif?

Setiap hari selayaknya manusia, kita pasti memiliki sesuatu untuk dikerjakan. Sesuatu yang mengisi hari-hari untuk mencapai suatu tujuan. Kegiatan ini biasa disebut aktivitas atau pekerjaan. Lalu apakah setiap aktivitas menjadikan Ini’s People seorang yang produktif atau malah hanya sibuk saja? Apa sih perbedaan produktif dan sibuk itu sendiri? Berikut sudah kami rangkum perbedaan antara orang yang sibuk dan orang yang produktif.

  1. Jadwal bagi orang sibuk dan produktif

Orang sibuk memiliki jadwal yang sangat padat. Hal ini membuat orang sibuk hampir tidak memiliki waktu untuk beristirahat. Sedang orang produktif tahu kapan ia harus berhenti sejenak untuk beristirahat dan menenangkan pikiran agar pekerjaannya menjadi lebih terarah.

  1. Sikap yang berbeda bagi orang sibuk dan orang produktif

Perbedaan orang sibuk dan orang produktif juga dapat Ini’s People lihat melalui sikap dalam melakukan suatu pekerjaan. Orang sibuk akan melakukan sistem ‘do before think’ atau bertindak sebelum berpikir. Nah, berbeda dengan orang produktif, meski membutuhkan waktu untuk memutuskan, orang produktif akan berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Orang produktif memiliki pertimbangan sebelum melakukan sesuatu. Karena orang produktif memiliki target yang fokus sehingga ia tidak ingin pekerjaan itu menjadi sia-sia jika tidak dilakukan dengan matang.

  1. Hasil yang dicapai bagi orang sibuk dan produktif

Dalam hasil yang dicapai, ada juga lo perbedaan orang sibuk dan orang produktif. Biasanya orang sibuk cenderung bekerja hanya karena tanggung jawab. Menganggap bahwa sesuatu yang harus dikerjakannya adalah karena tanggung jawab semata, misalnya bekerja hanya agar menafkahkan keluarga saja. Bekerja hanya karena ia diberi jabatan sebagai ketua organisasi saja, setelah itu, lepaslah tanggung jawabnya dan kemungkinan besar akan tidak mendapatkan hasil yang besar. Orang sibuk hanya memenuhi kegiatannya semata karena tanggung jawab yang ia emban. Sedang orang produktif lebih memperhatikan hasil yang dicapai. Orang produktif akan memiliki target yang besar dan melalui target itu ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya. Target itu yang mennjadi sasarannya untuk terus produktif.

baca juga 5 Hal Penting Yang Harus Kamu Perhatikan Dalam Memilih Pekerjaan Agar Kamu Tidak Menyesal

  1. Prioritas bagi orang sibuk dan orang produktif

Orang sibuk akan memprioritaskan semuanya. Selalu berkata ‘Ya’ atas setiap permintaan. Sedang orang produktif lebih berani berkata ‘tidak’ untuk sesuatu yang ia rasa bukan menjadi prioritasnya. Jika Ini’s People merupakan orang produktif, maka Ini’s People hanya akan memilih beberapa prioritas dalam kegiatan yang membuat pekerjaan Ini’s People menjadi semakin fokus dengan target yang  sudah dirancang.

Nah, dari keempat contoh yang membedakan orang sibuk dan produktif di atas, Ini’s People termasuk yang mana nih? Sibuk atau produktif?

Sumber: www.idntimes.com

0
Indah Ramadhani
Orang biasa yang ingin selalu bi(a)sa || Ilmu Komunikasi '16

You may also like

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments