Life Style

Baby Boomer hingga Gen Alpha, Kamu Generasi yang Mana?

Suatu generasi terdiri dari kumpulan orang yang lahir dan tinggal dalam waktu yang sama dan biasanya dibedakan dengan perkembangan teknologi lalu sosial budaya dan juga pengaruh suasana ekonomi-politik, dikarenakan hal itu maka biasanya seseorang yang lahir pada tahun tertentu hingga tahun tertentu akan dianggap satu generasi. Nah, berikut ini adalah macam-macam generasi dari tahun 1946. Sobat Inisiator termasuk generasi yang mana, nih?

Baby Boomer

Generasi yang pertama adalah generasi yang disebut dengan baby boomer yaitu mereka yang lahir pada tahun 1946-1964. Generasi ini disebut dengan sebutan baby boomer karena pada tahun tersebut di Amerika Serikat terjadi peningkatan kelahiran yang sangat melonjak tinggi, generasi ini lahir pada masa ketegangan politik antara Amerika Serikat dan Rusia yang sedang panas-panasnya hingga mengakibatkan perang dingin dan kemudian terjadinya krisis misil kuba. Di Indonesia sendiri pada rentang tahun ini sedang terjadi masa-masa sulit di mana harga sembako tinggi dan terjadinya pemberontakan oleh G30SPKI pada tahun 1965.  Dikarenakan hal-hal tersebut generasi ini umumnya cenderung memiliki etos kerja yang tinggi, independen, kompetitif,  dan berorientasi pada tujuan. Kemudian, karakteristik lain yang ditemukan pada generasi baby boomers biasanya mereka lebih fokus, mementingkan kerja sama tim dan lebih disiplin.

Generasi X

Generasi yang kedua adalah Generasi X yaitu mereka yang lahir antara tahun 1965 – 1979. Generasi X ini umumnya memiliki orangtua yang keduanya bekerja, sehingga seringnya saat pulang sekolah mereka menemui rumah mereka kosong atau hanya menemui asisten rumah tangga yang membuat mereka sebagian besar hidup tanpa pengawasan orangtua. Generasi X ini cenderung lebih apatis atau cuek, serta memiliki sikap skeptis yang tinggi. Kebanyakan dari generasi ini (tapi tidak semua) berasal dari keluarga yang broken home sehingga, saat mereka menjadi orangtua mereka akan sangat berusaha menghindari hal tersebut terjadi pada anak mereka.

Generasi Xennials

Generasi selanjutnya adalah generasi xennials adalah mereka yang lahir antara tahun 1975- 1985. Yang termasuk ke dalam generasi xennials ini sendiri adalah mereka yang merasa tidak memiliki ciri-ciri dari generasi X maupun generasi Y. Xennials ini sendiri lebih tepatnya disebut dengan mikro generasi karena rentang tahunnya yang sangat singkat dibandingkan dengan generasi lainnya. Generasi xennials merupakan generasi transisi di mana mereka yang masuk ke dalam generasi ini akan tahu rasanya saling berkomunikasi menggunakan telepon rumah hingga handphone dan juga smartphone. Generasi ini juga yang pertama kali merasakan memiliki komputer sendiri di rumah, merasakan memutar musik melalui kaset hingga memainkan mp3 player. Generasi xennials ini juga yang paling merasakan memainkan game dua dimensi pada konsol hingga game tiga dimensi seperti playstation 2. Tak diayal, generasi ini pun yang pertama kali merasakan era music 80-an seperti disko hingga ke boyband.

Generasi Millenial/Generasi Y

Generasi millennial atau generasi Y adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 – 1996. Generasi millenial terkenal dengan generasi yang memiliki jiwa optimisme dan kepercayaan diri yang sangat tinggi. Ciri lain dari generasi millenial adalah mudah beradaptasi, modern, anti iklan dan tidak brand-oriented tetapi mereka haus perhatian dan senang akan pujian. Generasi ini juga dikenal dengan kutu loncat dalam hal pekerjaan, maksudnya adalah mereka terlalu mudah untuk mengganti pekerjaan dan tidak terlalu loyal pada perusahaan mereka bekerja. Generasi millenial terkenal dengan pekerja keras dan pekerja yang efisien, mereka juga merupakan pekerja yang anti senioritas jadi terkadang mereka memperlakukan atasan sebagai orang yang bekerja sama dalam satu pekerjaan hanya berbeda tanggung jawabnya saja.

Generasi Z/I-Gen/Paska Millennial

Generasi ini adalah mereka yang lahir antara tahun 1995 – 2012. Mereka yang sering kita sebut dengan kids zaman now, ataupun generasi micin kemungkinan besar berasal dari generasi Z ini. Generasi Z lahir di mana teknologi sedang di masa jayanya, merasakan kemudahan akses, kemudahan transportasi, kemudahan informasi. Sehinga jangan salahkan generasi Z jika mereka tidak tahu masalah sulit yang dihadapi generasi-generasi sebelumnya. Berbeda dengan generasi millenial yang lebih idealis, generasi Z cenderung lebih realistis tentang kepastian, keamanan dan keuangan. Generasi Z akan kebih tertarik membeli produk asuransi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kemudahan akses mereka rasakan membuat generasi ini sangat kompetitif dan juga kreatif. Mereka cenderung tidak mengejar pendidikan tinggi melainkan langsung terjun ke dunia kerja. Generasi ini juga terkenal akan kemampuannya untuk multi tasking dan lebih memilih untuk membuka usahanya sendiri. Uniknya walaupun di era kemudahan berkomunikasi, generasi ini lebih mengutamakan pertemuan face to face.

Generasi Alpha

Generasi yang terakhir adalah generasi alpha yaitu mereka yang lahir antara tahun 2013 – 2025.  Generasi alpha bisa dibilang adalah anak-anak yang akan lahir dari generasi Z. karena saat ini masih tahun 2021, belum ada studi yang menjelaskan tentang generasi ini. Mungkin 5 – 10 tahun lagi kita akan tahu bagaimana ciri-ciri dari generasi yang satu ini.

Nah, itu dia berbagai macam generasi yang ada di dunia sejak tahun 1946. Nah, kamu masuk kedalam kategori generasi yang mana nih? Kira-kira sesuai gak sih sama apa yang kamu rasakan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker