More

    Aset Mahasiswa: Tips Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

    Banyak orang memiliki laptop baik hanya digunakan untuk gaya hidup, bisnis, maupun alat penunjang kebutuhan sekolah untuk siswa maupun mahasiswa. Bagi mahasiswa laptop sudah menjadi barang wajib yang digunakan untuk berbagai tugas, serta jadi teman setia bagi para mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi. Jenis laptop yang digunakan beragam sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan pemakainya. Namun, barang penting yang sering dijadikan aset ini seringkali kurang mendapatkan perawatan yang baik dari pemiliknya. Padahal merawat laptop perlu dilakukan agar tetap kuat dan tidak cepat rusak. Tidak perlu khawatir, berikut tips merawat laptop agar tidak cepat rusak.

    merawat laptop
    (Foto/Iustrasi/Freepik)

    1. Rajin Membersihkan Laptop

    Hal paling dasar yang harus dijaga adalah kebersihan laptop. Tidak sedikit masalah laptop rusak karena masalah kotor, apalagi di bagian kipas. Beberapa bagian laptop yang harus kamu bersihkan adalah layar, keyboard, baterai, port usb dan lubang sirkulasi lainnya. Debu atau kotoran yang menempel pada laptop cenderung membuat laptop menjadi cepat panas dan akhirnya memperlambat kinerjanya.

    2. Menggunakan Laptop di Tempat yang Tepat

    Penggunaan dan Penyimpanan laptop yang baik, ini juga kebiasan yang harus diperhatikan dalam merawat laptop. Simpan di tempat yang tidak lembab serta jauhkan dari berbagai makanan dan minuman, karena cairan yang tidak sengaja tumpah dapat masuk ke komponen. Letakkan pada tempat yang datar, jangan menggunakan laptop di permukaan yang lembut seperti di atas kasur, sofa, tumpukan baju, dan lainnya karena akan menghambat sirkulasi pada laptop sehingga udara panas dalam laptop tidak keluar dan menyebabkan laptop lebih cepat panas.

    Hindari tempat dengan suhu terlalu panas atau terlalu dingin. Jangan letakkan laptop di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang terparkir di bawah matahari karena akan membuat laptop panas dan beberapa komponen luar mengeras atau warnanya memudar.

    (Foto/Ilustrasi/Google)

    3. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama dan Berlebihan

    Menyalakan laptop terlalu lama secara nonstop bukannlah hal yang baik. Penggunaan yang terlalu lama bisa membuat laptop overheat dan membuat daya tahan laptop berkurang. Laptop memerlukan waktu beristirahat untuk mendinginkan komponen-komponen di dalamnya. Ketika sudah menggunakan laptop selama 3-4 jam, usahakan beri waktu istirahat setidaknya selama 15-20 menit. Penggunaan aplikasi maupun game berat yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop juga perlu dihindari.

    4. Matikan Laptop dengan Benar

    Untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak, sangat tidak disarankan untuk membawa laptop dalam keadaan sleep saat berpergian, walaupun terkesan lebih mudah dan cepat. Pastikan laptop dimatikan dengan shutdown, bukan sleep atau standby. Terlalu sering membawa laptop dalam keadaan sleep akan membuat hard disk mudah rusak karena hard disk akan tetap bekerja dalam kondisi tidur. Namun, hal ini tidak berlaku untuk laptop yang menggunakan penyimpanan SSD.

    5. Jangan Terburu-Buru Menutup Laptop

    Salah satu kebiasaan buruk mahasiswa yang ingin serba  cepat yang bisa merusak laptop adalah buru-buru menutup laptop. Untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak, hindari menutup laptop secara langsung ketika selesai digunakan karena udara panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD dan dapat berakibat buruk bagi layar LCD. Tunggu selama beberapa menit setelah dimatikan, ketika suhu sudah lebih dingin baru ditutup.

    6. Gunakan Tas yang Tepat

    Tuntutan perkuliahan, mahasiswa sering membawa laptop untuk keperluan kampus dimana saja. Pembawaan laptop yang baik adalah dengan tas yang tidak terlalu sempit, karena tas yang sempit bisa menekan laptop. Sebaiknya gunakan tas khusus yang memiliki tempat untuk menaruh laptop, agar laptop tetap terlindungi.

    Itu dia beberapa tips merawat laptop agar tidak cepat, terkesan sepele namun akan berguna jangka panjang. Apalagi untuk mahasiswa irit sehingga bisa digunakan sampai wisuda. Nanti setelah bekerja dan berpenghasilan baru deh beli yang baru.

    Artikel lainnya:

    Latest articles

    Related articles