More

    7 Tips dan Trik Lolos SBMPTN 2022 Tanpa Bimbel

    Sebentar lagi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk ke perguruan tinggi atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan segera dilaksanakan. Sudah tahu tips dan trik lolos SBMTPN 2022 belum? Kalau belum, penulis akan memberikan sedikit tips dan trik buat kamu.

    Jika persiapan kamu belum matang untuk mengikuti ujian SBMPTN, tenang saja. Ini belum terlambat kok. Masih ada waktu dan kesempatan buat kamu untuk berlajar. Mau tau caranya? Berikut tips dan trik lolos UTBK 2022 tanpa bimbel!

    1. Rangkum dan Pelajari Materi Berdasarkan Kisi-kisi UTBK

    Tips dan trik lolos SBMPTN 2022 pertama, yakni rangkum karena pelajaranlah soal-soal UTBK dari tahun ke tahun sebelumnya soal-soal UTBK sebelumnya cenderung sama dari tahun ke tahun. Jadi jangan malas untuk mempelajarinya. Mendapatkan soal-soal UTBK dari tahun lalu hal yang sulit, tips dan trik lolos SBMPTN-nya kamu bisa cari di laman (website) pendidikan yang memiliki banyak koleksi soal-soal tahun lalu.

    2. Belajar secara konsisten

    “Tidak ada kata terlambat untuk belajar,” begitulah kata pepatah. Cobalah untuk selalu konsisten karena UTBK itu tidak seperti ujian nasional atau ujian sekolah. Belajar ekstrapun tidak cukup, jangan sampai cita-cita kuliah di PTN favorit itu kandas.

    Maka dari itu, tips dan trik lolos SBMPTN kedua harus mempersiapkan semua dengan matang. Kamu bisa mengubah metode belajar yang asal-asal sebagai metode balajar yang konsisten dan tepat waktu. Banyak yang tidak lolos dalam UTBK karena tidak serius dalam belajar maka mempersiapkan diri kalian dengan matang.

    3. Mengerjakan soal-soal tahun lalu

    Tips dan trik lolos SBMPTN 2022 selanjutnya adalah khusus untuk kamu pejuang UTBK. Tipe soal setiap tahun itu cenderung sama jadi soal tiap tahun itu hampir-hampir sama. So, kamu bisa mencoba mengerjakan soal sebelumnya untuk melatih diri kamu menghadapi UTBK 2022 ini.

    Kamu bisa mendapatkan soal-soal tahun lalu di berbagai macam situs pendidikan atau membeli buku UTBK di toko buku kesayangan kamu. ketika belajar materi tidak afdol jika tidak mengerjakan latihan soal. Hal ini penting untuk mengukur kesiapan kamu menghadapi UTBK.

    4. Belajar konsep bukan menghafal

    Sebenarnya soal UTBK itu bisa melatih nalar kamu sehingga kamu perlu memahami konsep dan bukan hanya menghapalnya saja. Ujian UTBK juga menguji pemahaman konstekstual kamu seperti sains dan ilmu sosial. Oleh karena itu, jangan hanya menghapal materi, usahakanlah memahami konsepnya, cermati dan ingat polanya.

    Baca juga: 4 Manfaat Paling Istimewa Menjadi Rendah Hati

    5. Ikuti try out

    Semakin mendekati UTBK biasanya akan banyak bimbel atau lembaga pendidikan yang mengadakan acara try out online. Ini bisa jadi kesempatan baik buat kamu untuk mengukur seberapa besar tingkat latihanmu selama ini. Tips dan trik lolos SBMPTN lainnya itu bisa dengan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk kamu.

    Sifat mencoba ini nantinya ada yang berbayar dan ada yang gratis, maka manfaatkanlah momen tersebut. Perlu kamu ketahui bahwa try out memiliki tujuan untuk menguji sejauh mana kemampuan dan kesiapan kamu dalam menghadapi UTBK. Selain itu, try out juga melatih fisik dan psikis mu yang bisa mengatur semirip mungkin dengan UTBK yang asli.

    6. Tetapkan target

    Jika ingin masuk diperguruan tinggi impian, Anda tentunya harus menentukan PTN target dan jurusan yang akan Anda pilih. Dalam menentukan PTN dan jurusan harus sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, jadi jangan sampai salah mengambil universitas dan jurursan ya. Alangkah baiknya, mendidiskusikan hal tersebut dengan orangtua. Secara tidak langsung menetapkan target akan memacu semangat kita loh!

    7. Berdoa

    Seperti konsep hidup “Ora et Labora” yaitu bekerja sambil berdoa. Ya! Setelah melakukan ikhtiar atau usaha penuh seperti merangkum materi, belajar secara konsisten, mengerjakan soal, belajar konsep, mengikuti try out dan mentetapkan target langkah terakhir adalah memasrahkan semuanya kepada Tuhan dengan berdoa.

    Selain berdoa kamu juga harus meminta restu dari orangtua ya. Ingat kata pepatah “usaha tanpa doa dan doa tanpa usaha itu sia-sia”. Nah itu adalahtips dan trikbelajar untuklolos SBMPTN2022 tanpa bimbel, semoga artikel tips dan trik lolos SBMPTN2022 bisa bermanfaat untuk kamu ya.

    Artikel Lainnya:

    Latest articles

    Related articles