More

    7 Makanan yang Pas Menemani Belajar, Bisa Meningkatkan Konsentrasi!

    Makanan bisa sangat berguna untuk belajar loh! Belajar sering kali terasa sangat membosankan. Sudah mencoba berbagai posisi, mengganti suasana ruangan belajar, mengidupkan musik tapi tetap saja rasanya susah untuk berkonsentrasi. Mungkin kamu butuh cemilan? Eh begitu ada cemilan bukannya belajar malah lahap makan. Bukannya belajar malah jadi makan.

    Kasus seperti atas mungkin sering menimpa kamu, sebenarnya bukan salah kamu. Tapi, salah makanannya, kalau saja kamu tahu 7 makanan ini bakal membantu kamu untuk meningkatkan konsentrasi belajar loh! Apa sajakah 7 makanan itu, lets chek this out!

    Coklat

    makanan belajar coklat lumer

    Hampir semua orang di dunia ini suka dengan coklat. Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. ternyata coklat juga bisa meningkatkan konsentrasi belajar loh! Salah satu yang menyebabkan hal ini karena kandungan flavanoid yang sangat kaya dalam coklat dan dapat melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

    Teh Hijau

    makanan belajar Teh hijau

    Sejak dahulu orang cina dan jepang percaya bahwa teh hijau dapat membantu meningkatkan konsentrasi  dan fokus untuk jangka waktu yang lama. Ternyata hal ini benar adanya, setelah diteliti ternyata meminum teh hijau 1-4 cangkir sehari dapat meningkatkan konsentrasi , fokus dan kerja mental.

    Para peneliti menemukan dua kandungan teh yang dapat membantu kinerja otak yaitu kafein dan L’theanine. L’theanine adalah asam amino yang secara eksklusif dapat ditemukan di daun teh. L’theanine menstimulasi aktivitas otak alfa, sementara kafein dapat menstimulasi pikiran dan tubuh. L’theanine juga dapat mengobati kecemasan dan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit Alzheimer, dan membuat obat kanker lebih efektif.

    Alpukat

    Buah alpukat juga tak kalah keren untuk meningkatkan kerja otak kita. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang sehat bagi tubuh kita. Konsumsi alpukat bisa menurunkan tekanan darah sehingga membuatmu berpikir lebih jernih dan mengolah informasi dengan lebih baik

    Pisang

    makanan belajar Pisang

    Pisang juga kaya akan magnesium. Zat ini memainkan peran penting untuk mengirimkan sinyal di antara otak dengan tubuh anak. Magnesium juga berfungsi sebagai penjaga reseptor N-Methyl-D-Aspartate (NMDA), yang membantu perkembangan otak, meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan kemampuan pembelajaran.

    Yogurt

    Kombinasi protein dan kalsium dalam yogurt membantu kamu untuk fokus. Tirosin asam amino yang terkandung dalam yogurt memiliki peran penting dalam memproduksi dopanim neurotransmitter dan noradrenalin, kedua hal ini dapat membantu meningkatkan daya ingat dan fokus.

    Kacang-kacangan

    Antioksidan dan protein yang terkandung dalam kacang-kacangan dapat meningkatkan fungsi kognitif, sehingga otak lebih fokus. Beberapa kacang seperti kacang polong, kacang merah, hingga kacang kedelai bisa Anda pilih sebagai camilan sehat nih.

    Telur

    telur

    Makanan ini mengandung asam amino esensial dan protein yang baik bagi tubuh. Kandungan kolin dan vitamin B dalam sebutir telur juga membantu pembentukan neurotransmitter, serta mengoptimalkan kerja otak dan fungsi memori. Jika bosan dengan telur goreng, Anda bisa membuatnya dengan teknik pouch dan dikombinasikan dengan french toast untuk sarapan.

    Itu dia tujuh makanan yan dapat meningkatkan konsentrasi kamu ketika belajar. Gimana? Kamu sudah mencoba makan apa, untuk belajar hari ini?

    Baca Juga : Tips Lolos SBMPTN 2022, Tanpa Bimbel!

    Latest articles

    Related articles