More

    7 Cara Agar Rajin Belajar, Nomor 7 Paling Sering Diabaikan

    Tips rajin belajar bagi pelajar Indonesia. Salah satu masalah terbesar pelajar di Indonesia adalah menghadapi kebiasaan malas belajar. Karena belajarsering diangap sesuatu yang membosankan  hingga topic yang dirasa kurang menarik untuk dipelajari.

    Namun, jika dibiarkan kebiasaan malas belajar ini akan berdampak buruk bagi pelajar. Berikut beberapa tips dan trik agar pelajar dalam kembali bersemangat belajar.

    Tips dan trik agar rajin belajar

    Tips Rajin Belajar
    (Foto/Ilustrasi/Unplash)

    #1. Mencari Motivasi Belajar

    Ketika akan melakukan sesuatu kita tentu harus mencari alasan kenapa kita melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan belajar, kita harus memiliki alasan kuat kenapa kita harus belajar. Alasanya sesimpel harus rajin belajar agar mendapat niali yang lebih baik atau supaya bisa masuk perguruan tinggi impian.

    #2. Sugesti Diri Sendiri

    Mensugesti diri sendiri dapat membantu kita agar lebih semangat dalam belajar. Salah satu men-sugesti diri sendiri adalah dengan cara berdiri di depan cermin dan menatap mata kita sendiri serta memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri.

    #3. Merancang Jadwal Belajar

    Sama sepertinya ketika sekolah kita pasti mempunyai jadwal belajar. Tapi belajar tidak hanya disekolah, oleh sebab itu kita perlu membuat jadwal be;ajar diluar sekolah. Hal ini penting untuk memicu minat belajar kita.

    #4. Melatih Kebiasaan Baru

    Belajar juga perlu di latih agar menjadi kebiasaan. Ketika belajarmenjadi kebiasaan maka akan sangat mudah bagi kita untuk belajar. Melatih belajar bisa dengan teknik kaizen yaitu 25 menit belajar dan 5 menit istirahat.

    #5. Menggunakan Teknik Belajar yang Sesuai

    Setiap orang berbeda-beda termasuk cara seseorang menangkap pelajaran. Karena itu penting bagi seorang pelajar mengetahui teknik belajar yang cocok digunakan untuk belajar. Agar belajar yang dilakukan efisien dan mudah ditangkap.

    #6. Rileks

    Selanjutnya adalah rileks, usahakan ketika belajar tubuh dalam keadaan rileks jangan tegang. Agar proses belajar dapat mudah ditangkap.

    #7. Berdoa

    Terakhir jangan lupa berdoa. Belajar adalah bagian dari usaha tapi tetap saja yang menentukan berhasil atau tidaknya usaha kita adalah tuhan. Jadi, agar kita dipermudah dalam belajar penting untuk selalu berdoa.

    Nah itu dia alasan agar rajin belajar. Semangat ya Inisiators!!

    Artikel Lainnya :

     

    Latest articles

    Related articles