Teknologi

6 Strategi Marketers untuk Menarik Perhatian Audiens Instagram

Sumber : Unsplash

Instagram adalah salah satu platform pemasaran yang paling kurang dimanfaatkan di web. Situs jejaring sosial ini memiliki lebih dari 200 juta pengguna, tetapi hanya 28% pemasar yang menggunakannya. Namun, 59% dari 100 brand teratas ada di dalamnya, sehingga jelas merupakan platform branding dan penjualan sosial yang efektif.

Jika Anda mencoba mengembangkan strategi penjualan sosial, Anda harus bergabung dengan Instagram dan mulai membangun audiens. Ikuti panduan ini untuk memulai.

#1 Gunakan Hastags Tertentu

Hastags atau tagar memainkan peran yang sangat penting dalam mendapatkan perhatian di Instagram. Namun, terlalu banyak brand gagal menggunakannya secara efektif karena mereka memilih tagar yang sangat luas. Caranya adalah memilih tagar dengan bijak.

Jika Anda menargetkan terlalu luas, tagar Anda akan sangat sulit untuk menonjol. Mereka akan tersesat di antara puluhan ribu postingan lainnya. Postingan Anda juga akan diabaikan oleh sebagian besar pengguna, karena merasa tidak relevan bagi mereka.

Katakanlah Anda menjalankan kampanye penjualan sosial untuk situs web yang mempromosikan buku resep vegan. Jika Anda menggunakan tagar #resep, pos Anda akan dilihat oleh orang-orang yang tidak tertarik dengan makanan vegan secara khusus. Banyak orang yang ingin belajar tentang makanan vegan mungkin tidak akan melihatnya.

Akan lebih masuk akal untuk menggunakan tagar seperti #VeganRecipes atau #VeganFood. Posting Anda akan dilihat oleh orang-orang yang secara khusus mencari konten vegan dan banyak yang akan mengikuti Anda.

#2. Posting setiap saat (sering)

Ada korelasi kuat antara jumlah gambar harian yang Anda posting dan jumlah pengikut yang Anda terima. Menurut analisis oleh Quintly, akun Instagram dengan di bawah 1000 penggemar diposting delapan kali sehari, sementara akun dengan 10.000 hingga 100.000 penggemar diposting 41 kali sehari.

Posting sesering mungkin untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dan mendapatkan lebih banyak pengikut. Tentu saja, kualitas postingan Anda jauh lebih penting dari pada kuantitasnya, jadi pastikan konten Anda memenuhi standar mereka. Pertimbangkan untuk membuat infografis Anda sendiri, ambil gambar Anda sendiri dan bagikan konten terbaik dari pengguna Instagram yang berpengaruh di ceruk pasar Anda.

#3. Investasikan dalam Premium Tools

Anda dapat menghasilkan banyak daya tarik di Instagram tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, tetapi pemasar paling sukses berinvestasi dalam tools yang berkualitas. Berikut adalah beberapa tools yang layak diinvestasi:

  • Hootsuite adalah analitik media sosial dan alat otomatisasi pemasaran. Anda dapat menggunakannya untuk mengukur perubahan dalam jumlah pengikut Instagram Anda, menjadwalkan posting mendatang dan melihat posting mana yang paling berhasil.
  • Iconosquare digunakan oleh National Geographic dan merek-merek besar lainnya untuk memantau tagar dan tren di Instagram.
  • FollowersBiz adalah platform populer untuk bertukar dan membeli suka dan pengikut di Instagram.

Layanan ini telah terbukti sebagai cara yang sangat efisien untuk mendapatkan pengikut Instagram.

#4. Adakan Event

Giveaway adalah salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan audiens Anda. Lagipula, mana mungkin orang dapat menolak kesempatan untuk mendapatkan sesuatu secara gratis?

Event Anda harus dibangun di sekitar sasaran audiens Anda dan tujuan penjualan sosial. Anda dapat menjalankan event yang menawarkan hadiah kepada orang yang suka atau komentar pada sebagian besar posting Anda. Anda juga bisa membuatnya lebih interaktif. Anda dapat meminta orang lain untuk membagikan gambar mereka sendiri dengan tagar merek Anda.

Baca juga : Kuasai Bahasa Baru dengan 5 Aplikasi Terbaik Ini

#5. Berkolaborasi dengan Influencer Instagram

Terlalu banyak brand yang terobsesi dengan jumlah saham yang diterima oleh citra mereka. Mereka harus lebih peduli dengan siapa mereka membagikan konten.

Samsung melakukan percobaan pemasaran sambil bekerja dengan lima Instagrammers yang berpengaruh. Mereka menemukan bahwa 105 gambar yang dipromosikan oleh mereka menerima 325.700 suka.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak reach di Instagram, penting untuk mengidentifikasi dan berkolaborasi dengan influencer Instagram.

#6. Terlibat dengan Pengikut Anda

Membangun basis pengikut sangat penting, tetapi itu seharusnya bukan satu-satunya tujuan Anda. Anda juga harus terlibat dengan pengikut Anda yang ada, sehingga mereka tidak meninggalkan Anda dan lebih bersemangat untuk berbagi konten Anda. Misalnya sesekali berbalas komentar atau pesan dengan followers.

Kesimpulan
Instagram adalah alat yang hebat untuk penjualan sosial, tetapi Anda harus membangun basis pengikut yang kuat terlebih dahulu. Untungnya, ini tidak sulit jika Anda meluangkan waktu untuk memposting konten hebat dan berkolaborasi dengan pengikut Anda.

Sumber : Terjemahan dari https://www.lifehack.org/532319/5-tips-for-marketers-build-instagram-audience

1+
Awi Nanda Wijaksana
Ketua BEM Fasilkom-TI USU 2018 | Seorang Pembelajar

You may also like

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments