Kampus

6 Program Studi S-1 Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia

Program Studi Ilmu Komputer Terbaik

Dari tahun ke tahun, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terus memperbaharui status akreditasi di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, termasuk program studinya.

Nah, sebagai salah satu program studi yang cukup populer di era digital ini, BAN-PT juga telah merilis daftar Program Studi S-1 Ilmu Komputer di seluruh Indonesia.

Penasaran kampus mana aja yang memiliki peringkat akreditasi terbaik “A” dari BAN-PT? Yuk, langsung kita check it out!

#1 Universitas Gadjah Mada

Kalau kamu bertanya-tanya kampus apa sih yang pertama kali didirikan Pemerintah Republik Indonesia pasca kemerdekaan, maka jawabannya adalah kampus UGM atau Universitas Gadjah Mada, di Yogyakarta.

Kampus yang berdiri pada tanggal 19 Desember 1949 ini, dikenal juga sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia. Dimana, salah satu program studi terbaik mereka, S-1 Ilmu Komputer saat ini menyandang peringkat akreditasi “A” dengan Nomor SK 1605/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019, dan masih berlaku hingga 21 Mei 2024 mendatang.

#2 Universitas Sumatera Utara

Selanjutnya, program studi Ilmu Komputer terbaik di Indonesia datang dari kampus nomor satu di provinsi Sumatera Utara. Kampus kebanggaan orang Medan ini, didirikan tanggal 20 November 1957 dan secara keseluruhan Kampus USU juga telah menyandang akreditasi A untuk kategori Perguruan Tinggi.

Tentu saja, hal ini didukung oleh banyaknya program studi mereka yang mendapat akreditasi “A”, dan salah satunya adalah program studi S-1 Ilmu Komputer.

Berdasarkan SK Nomor 1777/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019, yang akan terus berlaku hingga 28 Mei 2024 nanti, program studi ini resmi menjadi satu dari enam program studi Ilmu Komputer terbaik di Indonesia versi BAN-PT.

#3 Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang kampus utamanya berkedudukan di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Sejak tahun 2012, UPI berstatus sebagai perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah, berubah dari status sebelumnya sebagai perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara.

Nah, sesuai SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 2501/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2018, dengan masa berlaku sampai tanggal 5 September 2023 mendatang, program studi S1 Ilmu Komputer UPI resmi menyandang peringkat terbaik akreditasi “A” di Indonesia.

#4 Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau yang biasa kita kenal sebagai UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia, yang kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat.

Kampus yang bermula dari Sekolah Ilmu Kesehatan dan Vaksin (Opleiding van eleves voor de genees-en helkunde en vaccine) ini, dan menjadi Universitas pada tahun 1924 lalu, kini dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Termasuk, UI juga dikenal sebagai kampus tempat belajar Ilmu Komputer terbaik di Indonesia. Dengan Nomor SK 0123/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017, dan masa berlaku hingga 10 Januari 2022, UI saat ini masih menjadi rujukan utama untuk belajar Ilmu Komputer.

#5 Institut Pertanian Bogor

Sesuai namanya, Institut Pertanian Bogor adalah sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor.

Sebelum diresmikan pada tahun 1963, IPB adalah sebuah fakultas pertanian pada Universitas Indonesia. Pada tanggal 1 September 1963. Presiden Soekarno, melakukan peletakkan batu pertama pembangunan kampus sekaligus menandai peresmian Institut Pertanian Bogor sebagai sebuah perguruan tinggi mandiri.

Saat ini, IPB dikenal sebagai salah satu kampus yang memiliki program studi S1 Ilmu Komputer terbaik di Indonesia, yang menyandang akreditasi A dengan Nomor SK 4127/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017, dan masa berlaku hingga 31 Oktober 2022 mendatang.

#6 Universitas Lampung

Universitas Lampung adalah universitas negeri pertama dan tertua di Provinsi Lampung, Indonesia. Berdiri pada tanggal 23 September 1965, berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP, kini Unila menjadi satu dari dua Universitas bersama USU yang memiliki program studi Ilmu Komputer terbaik di luar pulau Jawa.

Dengan nomor SK 2701/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016, dan masa berlaku sampai tanggal 24 November 2021, BAN-PT menyatakan bahwa program studi Ilmu Komputer Unila memiliki peringkat akreditasi terbaik “A” di Indonesia.

 

Nah, itulah daftar 6 program studi S-1 Ilmu Komputer terbaik di Indonesia versi Akreditasi BAN-PT terbaru di tahun 2020 ini.

Oiya, urutan di atas adalah urutan berdasarkan masa berlaku SK akreditasi ya, Sob. Semua Program Studi di atas memiliki peringkat setara, yaitu peringkat akreditasi “A” dari BAN-PT.

Jadi, yang mana kampus favoritmu, Sob? Share di kolom komentar ya.

Referensi:
  1. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Sumatera Utara
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Pendidikan Indonesia
  6. Universitas Lampung
  7. Institut Pertanian Bogor
0
Jabbar A. Panggabean
Mawapresnas '16 | Author of 'The Changemakers!' | CEO of Alinteractive Std.

You may also like

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments